Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penjelasan Undang-undang No 32 Tahun 2009

Penjelasan Undang-undang No 32 Tahun 2009

Ratings: (0)|Views: 686 |Likes:
Published by ruslandari_dina2758
UNDANG-UNDANG TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP
UNDANG-UNDANG TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

More info:

Published by: ruslandari_dina2758 on Feb 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
PENJELASANATASUNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANGPERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUPI.
 
UMUM1.
 
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945menyatakan bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehatmerupakan hak asasi dan hak konstitusional bagi setiap warganegara Indonesia. Oleh karena itu, negara, pemerintah, danseluruh pemangku kepentingan berkewajiban untukmelakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidupdalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan agarlingkungan hidup Indonesia dapat tetap menjadi sumber danpenunjang hidup bagi rakyat Indonesia serta makhluk hiduplain.2.
 
Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak pada posisi silangantara dua benua dan dua samudera dengan iklim tropis dancuaca serta musim yang menghasilkan kondisi alam yang tingginilainya. Di samping itu Indonesia mempunyai garis pantaiterpanjang kedua di dunia dengan jumlah penduduk yangbesar. Indonesia mempunyai kekayaan keanekaragaman hayatidan sumber daya alam yang melimpah. Kekayaan itu perludilindungi dan dikelola dalam suatu sistem perlindungan danpengelolaan lingkungan hidup yang terpadu dan terintegrasiantara lingkungan laut, darat, dan udara berdasarkan wawasan Nusantara.Indonesia juga berada pada posisi yang sangat rentan terhadapdampak perubahan iklim. Dampak tersebut meliputi turunnyaproduksi pangan, terganggunya ketersediaan air, tersebarnyahama dan penyakit tanaman serta penyakit manusia, naiknyapermukaan laut, tenggelamnya pulau-pulau kecil, danpunahnya keanekaragaman hayati.Ketersedian . . .
 
 
- 2 -Ketersediaan sumber daya alam secara kuantitas ataupunkualitas tidak merata, sedangkan kegiatan pembangunanmembutuhkan sumber daya alam yang semakin meningkat.Kegiatan pembangunan juga mengandung risiko terjadinyapencemaran dan kerusakan lingkungan. Kondisi ini dapatmengakibatkan daya dukung, daya tampung, dan produktivitaslingkungan hidup menurun yang pada akhirnya menjadi bebansosial.Oleh karena itu, lingkungan hidup Indonesia harus dilindungidan dikelola dengan baik berdasarkan asas tanggung jawabnegara, asas keberlanjutan, dan asas keadilan. Selain itu,pengelolaan lingkungan hidup harus dapat memberikankemanfaatan ekonomi, sosial, dan budaya yang dilakukanberdasarkan prinsip kehati-hatian, demokrasi lingkungan,desentralisasi, serta pengakuan dan penghargaan terhadapkearifan lokal dan kearifan lingkungan.Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup menuntutdikembangkannya suatu sistem yang terpadu berupa suatukebijakan nasional perlindungan dan pengelolaan lingkunganhidup yang harus dilaksanakan secara taat asas dankonsekuen dari pusat sampai ke daerah.3.
 
Penggunaan sumber daya alam harus selaras, serasi, danseimbang dengan fungsi lingkungan hidup. Sebagaikonsekuensinya, kebijakan, rencana, dan/atau programpembangunan harus dijiwai oleh kewajiban melakukanpelestarian lingkungan hidup dan mewujudkan tujuanpembangunan berkelanjutan.Undang-Undang ini mewajibkan Pemerintah dan pemerintahdaerah untuk membuat kajian lingkungan hidup strategis(KLHS) untuk memastikan bahwa prinsip pembangunanberkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalampembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana,dan/atau program. Dengan perkataan lain, hasil KLHS harusdijadikan dasar bagi kebijakan, rencana dan/atau programpembangunan dalam suatu wilayah. Apabila hasil KLHSmenyatakan bahwa daya dukung dan daya tampung sudahterlampaui, kebijakan, rencana, dan/atau programpembangunan tersebut wajib diperbaiki sesuai denganrekomendasi KLHS dan segala usaha dan/atau kegiatan yangtelah melampaui daya dukung dan daya tampung lingkunganhidup tidak diperbolehkan lagi.4. Ilmu . . .
 
 
- 3 -4.
 
Ilmu pengetahuan dan teknologi telah meningkatkan kualitashidup dan mengubah gaya hidup manusia. Pemakaian produkberbasis kimia telah meningkatkan produksi limbah bahanberbahaya dan beracun. Hal itu menuntut dikembangkannyasistem pembuangan yang aman dengan risiko yang kecil bagilingkungan hidup, kesehatan, dan kelangsungan hidupmanusia serta makhluk hidup lain.Di samping menghasilkan produk yang bermanfaat bagimasyarakat, industrialisasi juga menimbulkan dampak, antaralain, dihasilkannya limbah bahan berbahaya dan beracun, yangapabila dibuang ke dalam media lingkungan hidup dapatmengancam lingkungan hidup, kesehatan, dan kelangsunganhidup manusia serta makhluk hidup lain.Dengan menyadari hal tersebut, bahan berbahaya dan beracunbeserta limbahnya perlu dilindungi dan dikelola dengan baik.Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus bebas daribuangan limbah bahan berbahaya dan beracun dari luar wilayah Indonesia.Menyadari potensi dampak negatif yang ditimbulkan sebagaikonsekuensi dari pembangunan, terus dikembangkan upayapengendalian dampak secara dini. Analisis mengenai dampaklingkungan (amdal) adalah salah satu perangkat preemtif pengelolaan lingkungan hidup yang terus diperkuat melaluipeningkatkan akuntabilitas dalam pelaksanaan penyusunanamdal dengan mempersyaratkan lisensi bagi penilai amdal danditerapkannya sertifikasi bagi penyusun dokumen amdal, sertadengan memperjelas sanksi hukum bagi pelanggar di bidangamdal.Amdal juga menjadi salah satu persyaratan utama dalammemperoleh izin lingkungan yang mutlak dimiliki sebelumdiperoleh izin usaha.5.
 
Upaya preventif dalam rangka pengendalian dampaklingkungan hidup perlu dilaksanakan denganmendayagunakan secara maksimal instrumen pengawasan danperizinan. Dalam hal pencemaran dan kerusakan lingkunganhidup sudah terjadi, perlu dilakukan upaya represif berupapenegakan hukum yang efektif, konsekuen, dan konsistenterhadap pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yangsudah terjadi.Sehubungan . . .

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Topan Hermawan liked this
Iswahyudi Tajir liked this
marlis rosa liked this
debty liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->