Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
78Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perhitungan PLTS ERAS

Perhitungan PLTS ERAS

Ratings: (0)|Views: 2,634 |Likes:

More info:

Published by: Gagah Indrasmara Agityasaputra ST on Feb 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
Tugas PSEPerhitungan PLTS(Pembangkit Listrik Tenaga Surya)(Rev 2)Dosen : Ir. Ishak Kasim MT
DISUSUN OLEH :NAMA : GAGAH INDRASMARA ANIM : 062.06.031
JURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRIUNIVERSITAS TRISAKTIJAKARTA2009
 
KATA PENGANTAR
Kondisi bumi kita kian lama makin mengenaskan karena tercemarnya lingkungan dariefek rumah kaca ( greenhouse effect ) yang menyebabkan global warming, hujan asam,rusaknya lapisan ozon hingga hilangnya hutan tropis. Semua jenis polusi itu rata-rataakibat dari penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, uranium, plutonium, batubara dan lainnya yang tiada hentinya. Padahal kita tahu bahwa bahan bakar dari fosiltidak dapat diperbaharui, tidak seperti bahan bakar non-fosil.Dengan kondisi yang sudah demikian memprihatinkan, gerakan hemat energy sudahmerupakan keharusan di seluruh dunia. Salah satunya dengan hemat bahan bakar danmenggunakan bahan bakar non-fosil yang dapat diperbaharui seperti tenaga angin, energypanas bumi tenaga matahari dan lainnya. Duniapun sudah mulai mengubah tren produksidan penggunaan bahan bakarnya, dari bahan bakar fosil beralih ke bahan bakar non-fosil,terutama tenaga surya yang tidak terbatas.Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah peralatan pembangkit listrik yangmerubah cahaya matahari menjadi listrik. PLTS sering juga disebut Solar Cell, atau SolarPhotovoltaic, atau Solar Energy. Teknologi ini dikenal karena mempunyai keuntunganantara lain karena sifatnya yang ramah lingkungan, tidak bising, tidak menghasilkanemisi gas buang, fleksibel karena daya bisa diatur dalam produksinya, serta menggunakanbahan bakar selain BBM.Tulisan ini menjelaskan tentang perencanaan dan perhitungan pembuatan PembangkitListrik Tenaga Surya ( PLTS )
 
BAB IPENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah peralatan pembangkit listrik yangmerubah cahaya matahari menjadi listrik. PLTS sering juga disebut Solar Cell, atau SolarPhotovoltaic, atau Solar Energy.Sebagian besar kebutuhan listrik di catu melalui jaringan distribusi listrik (PLN).Konsumen yang membutuhkan harus berada di dekat jaringan listrik atau jika tidak, makaperlu dibuatkan sambungan tersendiri.Dengan konsep yang sederhana yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energilistrik. Yang mana cahaya matahari adalah salah satu bentuk energi dari sumber dayaalam. Sumber daya alam matahari sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi melalui sel surya. Sel surya ini dapat menghasilkan energi yangtidak terbatas langsung diambil dari matahari, tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar. Sehingga sel surya sering dikatakan bersih dan ramahlingkungan.Bandingkan dengan generator listrik, ada bagian yang berputar dan memerlukan bahanbakar untuk menghasilkan listrik. Suaranya bising. Selain itu gas buang yang dihasilkandapat menimbulkan efek gas rumah kaca (green house gas) yang pengaruhnya dapatmerusak ekosistem bumi kita.
I.2 Masalah
Karena pembangkit listrik tenaga surya sangat tergantung kepada sinar matahari,maka perencanaan yang baik sangat diperlukan. Perencanaan terdiri dari :
 
 
Jumlah daya yang dibutuhkan dalam pemakaian sehari-hari (Watt).
 
Berapa besar arus yang dihasilkan panel surya (dalam Ampere hour), dalam halini memperhitungkan berapa jumlah panel surya yang harus dipasang.
 
Berapa unit baterai yang diperlukan untuk kapasitas yang diinginkan danpertimbangan penggunaan tanpa sinar matahari. (Ampere hour).

Activity (78)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
raihansam liked this
Muhammad Khairul liked this
Anna Uswati liked this
Styawan Bram liked this
muhammad__aziz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->