Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
1Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor

Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor

Ratings: (0)|Views: 51 |Likes:
Published by tolets82

More info:

Published by: tolets82 on Feb 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2011

pdf

text

original

 
PERATURAN DEWAN PERWAKILAN RAKYATREPUBLIK INDONESIANOMOR TAHUN 2009TENTANGTATA TERTIB
Menimbang : a.bahwa dalam rangka melaksanakan kehidupan kenegaraan yangdemokratis konstitusional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, DewanPerwakilan Rakyat Republik Indonesia memandang perlu memilikiPeraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesiayang mengatur susunan dan kedudukan, hak dan kewajiban, sertapelaksanaan fungsi, tugas, dan wewenang Dewan Perwakilan RakyatRepublik Indonesia beserta alat kelengkapannya;b. bahwa sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 27 Tahun2009 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan PerwakilanRakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan RakyatDaerah, perlu membentuk Peraturan Dewan Perwakilan RakyatRepublik Indonesia tentang Tata Tertib;Mengingat:1. Pasal 19, Pasal 20, Pasal 20A, Pasal 21, Pasal 22, dan Pasal 22BUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;2.Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MajelisPermusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, DewanPerwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 123, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5043);MEMUTUSKAN:Menetapkan:
PERATURAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIKINDONESIA TENTANG TATA TERTIB.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan Tata Tertib ini yang dimaksud dengan:
1
 
1.
Dewan Perwakilan Rakyat, selanjutnya disingkat DPR, adalah DewanPerwakilan Rakyat Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.
Dewan Perwakilan Daerah, selanjutnya disingkat DPD, adalah DewanPerwakilan Daerah sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945.
3.
Pemerintah adalah perangkat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiridari Presiden beserta para menteri.4.Presiden adalah sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945.
5.
Menteri Negara, selanjutnya disebut menteri, adalah pembantu presiden yangmemimpin kementerian.
6.
Anggota, selanjutnya disebut anggota, adalah wakil rakyat yang telahbersumpah atau berjanji sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan dalam melaksanakan tugasnya sungguh memperhatikankepentingan rakyat.
7.
Fraksi adalah pengelompokan anggota berdasarkan konfigurasi partai politikhasil pemilihan umum.
8.
Program Legislasi Nasional, selanjutnya disebut Prolegnas, adalah instrumenperencanaan program pembentukan undang-undang yang disusun secaraberencana, terpadu, dan sistimatis.
9.
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, selanjutnya disingkat APBN,adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan Negara yang ditetapkan denganundang-undang.10.Masa Sidang adalah masa DPR melakukan kegiatan terutama di dalam gedungDPR.
11.
Masa Reses adalah masa DPR melakukan kegiatan di luar masa sidang,terutama di luar gedung DPR untuk melaksanakan kunjungan kerja.12.Undang-Undang adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk olehDewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan bersama Presiden.
13.
Sekretariat Jenderal adalah sistem pendukung DPR yang berkedudukansebagai kesekretariatan lembaga negara.
14.
Badan Fungsional/keahlian adalah sistem pendukung DPR yang memberikandukungan keahlian.
15.
Rumah Aspirasi adalah kantor bersama anggota, tempat penyerapan aspirasirakyat yang berada di daerah pemilihan anggota yang bersangkutan.
BAB IISUSUNAN DAN KEDUDUKAN, FUNGSI,SERTA TUGAS DAN WEWENANGBagian KesatuSusunan dan KedudukanPasal 2
DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melaluipemilihan umum.
2
 
Pasal 3
DPR merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaganegara.
Bagian KeduaFungsiPasal 4
(1)DPR mempunyai fungsi: a.legislasi; b.anggaran; danc.pengawasan. 
(2)
F ungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dijalankan dalam kerangkarepresentasi rakyat.
Pasal 5
(1) Fungsi legislasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf adilaksanakan sebagai perwujudan DPR selaku pemegang kekuasaan membentukundang-undang.(2) Fungsi anggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf bdilaksanakan untuk membahas dan memberikan persetujuan atau tidakmemberikan persetujuan terhadap rancangan undang-undang tentang APBNyang diajukan oleh Presiden.(3) Fungsi pengawasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf cdilaksanakan melalui pengawasan atas pelaksanaan undang-undang dan APBN.
Bagian KetigaTugas dan WewenangPasal 6
DPR mempunyai tugas dan wewenang:a. membentuk undang-undang yang dibahas dengan Presiden untuk mendapatpersetujuan bersama;b. memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap peraturanpemerintah pengganti undang-undang yang diajukan oleh Presiden untuk menjadiundang-undang;c.menerima rancangan undang-undang yang diajukan oleh DPD berkaitan denganotonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran sertapenggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber dayaekonomi lainnya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dandaerah;d.membahas rancangan undang-undang sebagaimana dimaksud dalam huruf cbersama Presiden dan DPD sebelum diambil persetujuan bersama antara DPRdan Presiden;e.membahas rancangan undang-undang yang diajukan oleh Presiden atau DPRyang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah,pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah, pengelolaan sumber 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->