Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kumis_kucing

kumis_kucing

Ratings: (0)|Views: 17 |Likes:
Published by chepimanca

More info:

Published by: chepimanca on Feb 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/16/2010

pdf

text

original

 
KUMIS KUCING
(
Orthosiphon 
spp. )1. SEJARAH SINGKAT
Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basahyang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti:
kidney teaplants/java tea
(Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengahdan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucingberasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.Nama daerah: Kumis kucing (Melayu – Sumatra), kumis kucing (Sunda),remujung (Jawa), se-salaseyan, songkot koceng (Madura).
2. URAIAN TANAMAN
2.1 Klasifikasi
Divisi : SpermatophytaSub divisi : AngiospermaeKelas : DicotyledonaeKeluarga : LamiaceaeGenus :
Orthosiphon
Spesies :
Orthosiphon
spp.
 
 2.2 Deskripsi
Tanaman terna yang tumbuh tegak, pada buku-bukunya berakar tetapi tidak tampak nyata, tinggi tanaman sampai 2m. Batang bersegi empat agak beralur. Helai daun berbentuk bundar telur lonjong, lanset, lancip atau tumpulpada bagian ujungnya, ukuran daun panjang 1 10cm dan lebarnya 7.5mm –1.5cm, urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana keduapermukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangatbanyak, panjang tangkai daun 7 29cm. Kelopak bunga berkelenjar, urat danpangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atasgundul. Bunga bibir, mahkota berwarna ungu pucat atau putih, denganukuran panjang 13 – 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek yangberwarna ungu atau putih, panjang tabung 10 – 18mm, panjang bibir 4.5 –10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang daritabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarnacoklat gelap, panjang 1.75 – 2mm.
2.3 Jenis Tanaman
Spesies kumis kucing yang terdapat di Pulau Jawa adalah
O. aristatus, O.thymiflorus, O. petiolaris dan O. tementosus
var.
glabratus.
Klon kumis kucingyang ditanam di Indonesia adalah Klon berbunga putih dan ungu.
3. MANFAAT TANAMAN
Daun kumis kucing basah maupun kering digunakan sebagai bahan obat-obatan. Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yangmemperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obattradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dansembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatanradang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.
4. SENTRA PENANAMAN
Hingga saat ini, sentra penanaman kumis kucing banyak terdapat di PulauJawa. Baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.
5. SYARAT PERTUMBUHAN
5.1. Iklim
 
1) Curah hujan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman ini adalah lebih dari3.000 mm/tahun.2) Dengan sinar matahari penuh tanpa ternaungi. Naungan akanmenurunkan kadar ekstrak daun.3) Keadaan suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalahpanas sampai sedang.
5.2. Media Tanam
1) Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh di lahan-lahan pertanian, untuk produksi sebaiknya dipilih tanah yang gembur, subur, banyak mengandung humus/bahan organik dengan tata air dan udara yang baik.2) Tanah Andosol dan Latosol sangat baik untuk budidaya kumis kucing.
5.3. Ketinggian Tempat
Ketinggian tempat optimum tanaman kumis kucing 500 - 1.200 m dpl.
6. PEDOMAN BUDIDAYA 
6.1. Pembibitan
1) Penyiapan BibitCara yang paling mudah dan biasa untuk mengembangkan kumis kucingadalah perbanyakan vegetatif dengan stek batang/cabang. Bahantanaman diambil dari rumpun yang tumbuhnya normal, subur dan sehat.a. Pilih batang/cabang yang tidak terlalu tua atau muda dan sudahberkayu.b. Potong batang dengan pisau tajam/gunting pangkas yang bersih.c. Potong-potong batang menjadi stek berukuran 15–20 cm berbuku 2-3.d. Buang sebagian daun untuk mengurangi penguapan air. Adapun kebutuhan bibit untuk 1 hektar dengan jarak tanam 40 x 40 cmdiperlukan 50.000-62.500 stek/ha.2) Teknik Penyemaian BibitStek dapat langsung ditanam di kebun produksi atau ditanam dulu dipersemaian. Di dalam persemaian stek ditanam dengan jarak tanam 10x10cm. Stek yang masih segar langsung ditanam di lahan yang telah diolahsedalam 20 cm. Setelah itu disirami 1-2 kali sehari tergantung dari cuacadan hujan yang turun. Bila perlu persemaian dinaungi dengan naunganplastik transparan atau jerami/daun kering. Setelah timbul tunas baru, bibitdipindahkan ke kebun produksi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->