Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
69Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Komunikasi data

Makalah Komunikasi data

Ratings: (0)|Views: 4,855 |Likes:
Published by zulmyarfan

More info:

Published by: zulmyarfan on Feb 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2013

pdf

text

original

 
Makalah komunikasi dataSTMIK Budidarma
BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Apa itu internet?
Internet merupakan jaringan rangkaian komputer dengan rangkaian komputer laindi seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi,file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia diseluruh dunia.
Internet - adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkankomputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnyamenggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh:202.155.4.230 .
Dengan ber INTERNET kita dapat memperoleh berbagai informasi apa sajadimana saja dan kapan saja [ no limit, anywhere and anytime ]. Anda tinggal ke searchengine Dunia sepertiYahoodangoogle. Ketik kalimat yang Anda ingin cari maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut.
Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan danciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengansebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission ControlProtocol/Internet Protocol).
TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, danapplication) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.
Dengan internet kita dapat ...
Berkomunikasi koresponden surat-menyurat dengan menggunakan e-mail
Memperoleh informasi dengan menerusi World Wide Web(WWW)
Memindah file dengan menerusi File Transfer Protocol (FTP)
Video streaming yaitu dengan fasilitas ini kita dapat nonton file video,radio online dan sebagainya di komputer 
Akses dan control komputer jarak jauh (remote login) menerusi Telnet
Berkomunikasi online/langsung seperti sms di handphone hanya di sini bedanya kita dapat bercakap langsung dengan beberapa orang sekaligusdengan menggunakan Internet Relay Chat (IRC)
Kemudian terdapat chating lain yang baru yang memungkinkan kitachatting dengan langsung dapat melihat gambar orang yang sedang chat juga( technologi video streaming ) yaitu dapat kita gunakan MSN ( yahoomessenger / hotmail messenger )
Kelompok yang menggunakan Newsgroup sebagai wadah pemberitaan
Mengadakan forum elektronik, sebuah forum yang dapat di baca umumdan dapat kita komentari
 Disusun oleh : Zulmy Arfan
1
 
Makalah komunikasi dataSTMIK Budidarma
Untuk perusahaan dapat dipergunakan untuk central transaction controller,seperti ATM, credit card dan sebagainya langsung connect ke server  perusahaan tersebut dengan bantuan jalur internet
Dan technology yang terbaru adalah VOIP yaitu dapat bertelepon dengankemana saja dengan bantuan jalur internet [ sehingga telepon pun menjadilebih murah ]
Oleh sebab itu internet sangat - sangat berguna di masa sekarang dan yang akandatang. Seperti yang telah di ramalkan oleh Bpk Microsoft kita Mr Bill Gates bahwasuatu saat setiap rumah akan memiliki komputer seminim-minimnya 1 dan akan salingterhubung melalui jaringan internet. Jika Anda tergolong orang yang masih awammengenai komputer maka Anda harus cepat-cepat belajar karena dunia masa depanadalah dunia informasi. Dengan teknologi internet ini maka informasi apa saja dapatAnda peroleh dalam sekejap mata.
I.2. Sejarah Singkat
Sejarah internet bermula ketika beroperasinya jaringan ARPANET pada tahun1969. Jaringan ARPANET pertama tersebut hanya menghubungkan empat hostkomputer dan besar bandwitdh-nya hanya 50kbps.
Untuk lebih jelas, berikut ini diuraikan timeline perkembangan internet sejak  berdirinya sampi dekade 90-an menurut sejarah
DUNIA :
- Tahun 1967 - 1970Lawrence G. roberts dari machusetts of Technology (MIT) mempre-sentasikanrencana pembangunan ARPANET.- Tahun 1968 proposal ARPANET dibuat untuk memulai proyek tersebut.- Tahun 1970Host ARPANET mulai menggunakan NPC (Network Control Protocol).- Tahun 1971-1988Roy Tomlinson dari BNN menciptakan progam E-mail.- 1975steve walker membuat mailling list.- 1979Tom Truscott dan Jim Ellis memperkenalkan USENET.- 15 maret 1985Syimbolic.com tercatat sebagai domain pertama.- 1988Internet Relay chat (IRC) diciptakan oleh Jarkko Oikrane- 1986National Science Foundation (NSF) Backbone dibentuk.- 1996Internet World Expo.
 Disusun oleh : Zulmy Arfan
2
 
Makalah komunikasi dataSTMIK Budidarma
- 2003doc type xhtml, W3C, CSS, RSS, ATOM, blogs.- 2006& WEB 2.0 World Expo.
Sedangkan sejarah di
INDONESIA
internet berawal dari :1992 - Berawal dari BPPT - UI - LAPAN.Terbentuk Paguyuban - teknologi packet radio sebagai basis untuk network regional.1994 - Indointernet sebagai ISP komersial pertama.1996 - paling tidak 20 ISP komersial & 40 ISP menunggu ijin operasi2004 - Telah lebih dari 20 ISP, dan koneksinya telah bertambah banyak [ dial up,Lease line, ADSL, Cable, Handphone / GPRS, WI FI dan sebagainya ]
I.3. Contoh Jaringan Internet
sumber ilustrasi dari CBN begitu juga dengan komputer lain [ semua harus dikoneksikan melalui suatu alat baik itu melalui MODEM dial up, ADSL, Cable, Radio, Wave , Satelite dan handphone ]Penerima dan pemakai semua terhubung melalui alat-alat seperti diatas. dan harus berlangganan dengan salah satu provider yang menyediakan internet [ ISP / InternetService Provider ].
I.4. Berbagai Jenis Koneksi internet pada umumnya
Dial up
= Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan linetelepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] makatelepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider. max Kecepatan 56kb.
Broadband
= Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringankabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nontontidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable +
 Disusun oleh : Zulmy Arfan
3

Activity (69)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
JOey Jailani added this note
SANGAT BAGUS
Rosiana Fitria liked this
Aditya Lemkari liked this
Elida Putri liked this
Muryati Aja liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->