Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
172Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proses pemisahan

Proses pemisahan

Ratings: (0)|Views: 8,285 |Likes:
Published by Bagoez_Rockerz

More info:

Published by: Bagoez_Rockerz on Feb 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

 
Proses pemisahan
 Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Langsung ke:navigasi,cari DalamKimiadan teknik kimia,
proses pemisahan
digunakan untuk mendapatkan duaatau lebih produk yang lebih murni dari suatucampuran senyawa kimia. Sebagian besar senyawa kimiaditemukan di alam dalam keadaan yang tidak murni.Biasanya, suatu senyawa kimia berada dalam keadaan tercampur dengan senyawa lain.Untuk beberapa keperluan seperti sintesis senyawa kimia yang memerlukan bahan bakusenyawa kimia dalam keadaan murni atau proses produksi suatu senyawa kimia dengankemurnian tinggi, proses pemisahan perlu dilakukan. Proses pemisahan sangat pentingdalam bidang teknik kimia. Suatu contoh pentingnya proses pemisahan adalah pada proses pengolahanminyak bumi. Minyak bumi merupakan campuran berbagai jenishidrokarbon. Pemanfaatan hidrokarbon-hidrokarbon penyusun minyak bumi akan lebih berharga bila memiliki kemurnian yang tinggi. Proses pemisahan minyak bumi menjadikomponen-komponennya akan menghasilkan produk LPG, solar, avtur, pelumas, danaspal.Secara mendasar, proses pemisahan dapat diterangkan sebagai proses perpindahan massa.Proses pemisahan sendiri dapat diklasifikasikan menjadi proses pemisahan secaramekanis atau kimiawi. Pemilihan jenis proses pemisahan yang digunakan bergantung pada kondisi yang dihadapi. Pemisahan secara mekanis dilakukan kapanpunmemungkinkan karena biaya operasinya lebih murah dari pemisahan secara kimiawi.Untuk campuran yang tidak dapat dipisahkan melalui proses pemisahan mekanis (seperti pemisahan minyak bumi), proses pemisahan kimiawi harus dilakukan.Proses pemisahan suatu campuran dapat dilakukan dengan berbagai metode. Metode pemisahan yang dipilih bergantung pada fasa komponen penyusun campuran. Suatucampuran dapat berupa campuran homogen (satu fasa) atau campuran heterogen (lebihdari satu fasa). Suatu campuran heterogen dapat mengandung dua atau lebih fasa: padat- padat, padat-cair, padat-gas, cair-cair, cair-gas, gas-gas, campuran padat-cair-gas, dansebagainya. Pada berbagai kasus, dua atau lebih proses pemisahan harus dikombinasikanuntuk mendapatkan hasil pemisahan yang diinginkan.
[sunting] Prinsip proses pemisahan
Untuk proses pemisahan suatu campuran heterogen, terdapat empat prinsip utama proses pemisahan, yaitu:
 
FiltrasiProses pemisahan suatu campuran homogen, prinsipnya merupakan pemisahan dariterbentuknya suatu fasa baru sehingga campuran menjadi suatu campuran heterogen yangmudah dipisahkan. Fasa baru terjadi / terbentuk dari adanya perbedaan sifat fisik dankimiawi masing-masing komponen. Berbagai metode yang digunakan untuk terjadinyasuatu fasa baru sehingga campuran homogen dapat dipisahkan adalah:
o
o
o
Ekstraksi
adalah proses pemisahan suatu zat berdasarkan perbedaan kelarutannyaterhadap dua cairan tidak saling larut yang berbeda, biasanya air dan yang lainnya  pelarut  organik .Proses ekstraksi dapat berlangsung pada:
Ekstraksi parfum,untuk mendapatkan komponen dari bahanyang wangi.
Ekstraksi cair-cair atau dikenal juga dengan nama ekstraksi solven. Ekstraksi jenisini merupakan proses yang umum digunakan dalam skala laboratorium maupunskala industri.
Leaching, adalah proses pemisahan kimia yang bertujuan untuk memisahkansuatu senyawa kimiadari matriks padatan ke dalam cairan.
 
Corong pemisah
 Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Langsung ke:navigasi,cari Corong pemisah. Lapisan eter dengan zat terlarut yang berwarna kuning di bagian atasdan lapisan air di bawahnya.
Corong pemisah
atau
corong pisah
adalah peralatan laboratorium yang digunakandalamekstraksi cair-cair untuk memisahkan komponen-komponen dalam suatu campuranantara dua fase pelarut dengandensitasberbeda yang takcampur.Umumnya salah satu fase berupa larutan air dan yang lainnya berupa pelarut organik lipofilik sepertieter ,MTBE,diklorometana, kloroform, ataupunetil asetat. Kebanyakan  pelarut organik berada di atas fase air keculai pelarut yang memiliki atom dari unsur halogen.Corong pemisah berbentuk kerucut yang ditutupi setengah bola. Ia mempunyai penyumbat di atasnya dankerandi bawahnya. Corong pemisah yang digunakan dalamlaboratorium terbuat darikaca borosilikat dan kerannyaterbuat dari kacaataupun Teflon. Ukuran corong pemisah bervariasi antara 50 mL sampai 3 L. Dalam skala industri,corong pemisah bisa berukuran sangat besar dan dipasangsentrifuge.Untuk memakai corong ini, campuran dan dua fase pelarut dimasukkan ke dalam corongdari atas dengan corong keran ditutup. Corong ini kemudian ditutup dan digoyang dengankuat untuk membuat dua fase larutan tercampur. Corong ini kemudian dibalik dan kerandibuka untuk melepaskantekanan uap yang berlebihan. Corong ini kemudian didiamkan agar pemisahan antara dua fase berlangsung. Penyumbat dan keran corong kemudiandibuka dan dua fase larutan ini dipisahkan dengan mengontrol keran corong.

Activity (172)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
C_CKALPATARI liked this
Anindyolaras liked this
C_CKALPATARI liked this
Aidil Saputra liked this
Icha Manurak liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->