Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
25Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Riwayat Nabi Ibrahim As

Riwayat Nabi Ibrahim As

Ratings: (0)|Views: 3,155 |Likes:
Published by m4shur1villigant
Mengenal sosok perjalanan Nabi Ibrahim dalam mensyiarkan agama islam
Mengenal sosok perjalanan Nabi Ibrahim dalam mensyiarkan agama islam

More info:

Published by: m4shur1villigant on Feb 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

 
NABI IBRAHIM AS.
 Nabi Ibrahim dilahirkan ditengah masyarakat yang musyrik dan kafir. Beliauadalah anak Azar, yang juga masih keturunan Sam bin Nuh. Nabi Ibrahim dilahirkan pada tahun 2295 Sebelum Masehi, di negeri Mausul, pada zaman Raja Namrud. Azar ayahnya, adalah tukang membuat patung untuk sesembahan kaumnya. Ketika itu, Raja Namrud memerintah dengan sangat zalim dan tanpa undang-undang. Bahkan, raja itumengaku dirinya sebagai Tuhan. Semua rakyatnya menyembah berhala.
Nabi Ibrahim Dibuang ke Hutan
Raja Namrud adalah raja yang keji danbengis. laseorang raja yang tidak maudi lengser dan ingin berkuasa terus menerus bahkan ingin hidup terus menerus. Karenaitu ia tak segan-segan untuk membodohi rakyatnya agar menyembah berhala. Bahkania juga memproklamirkan diri sebagai salah satu tuhan yang harus disembah olehrakyatnya. Sehingga segala perintahnya tak ada yang berani membangkang.Sebelum Nabi Ibrahim lahir, raja Namrud pernah bermirnpi melihat seoranganak lelaki melompat masuk ke dalam kamarnya lalu merampas mahkota danmenghancurkannya. Esok harinya ia memanggil tukang ramal dan tukang tenunguntuk menafsirkan arti mimpinya itu.Menurut tukang ramal, anak laki-laki dalam mimpi sang raja itu kelak akanmeruntuhkan kekuasaan sang raja. Tentu saja raja Namrudmurka. lamemerintahkankepada para prajuritnya untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang baru lahir. Nabi Ibrahim As. yang baru lahir secara diam-diam diselamatkan oleh ayahnyadengan jalan disembunyikan dalam sebuah gua di hutan. Dengan izin Allah SWT, beliau dapat hidup dengan selamat tanpa gangguan binatang buas. Karena jauh darikaumnya, maka sejak kecil Nabi Ibrahim As. terbebas dari segala macam bentuk syirik dan maksiat. Hidayah Allah merasuk ke dalam hatinya, sehingga Nabi Ibrahim As.
 
sering kali berpikir dan merenungkan berhala-berhala dan batu yang dipuja dandisembah oleh kaumnya. Kemudian timbul pertanyaan di hatinya, mengapa benda- benda yang tidak dapat berbuat apa-apa itu disembah? Lalu, di manakah Tuhan yangsebenarnya?Ketika Nabi Ibrahim melihat bulan dan bintang di malam hari, lalu matahari disiang hari, ia berkata di dalam hati, mungkinkah benda-benda itu Tuhan ? Tetapi,ketika ternyata bulan dan bintang menghilang, dan matahari pun terbenam iakemudian berkata: "Aku tak akan bertuhan kepada benda-benda seperti itu." bulan terbit dia berkata: "Inilah Tuhanku". Tetapi setelah bulan itu terbenamdia berkata: "Sesunggubnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilahaku termasuk orang-orang yang sesat". Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit,dia berkata: "Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar", maka tatkala matahari itu telahterbenam, dia berkata: "Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yangkamu persekutukan. Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yangmenciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. (Qs. AI-An'am: 76-79)
Ibrahim Bergaul dengan Kaumnya !
Sesudah dewasa dan berita tentang pembunuhan bayi-bayi sudah sima. Ibrahimdiizinkan kedua orang tuanya keluar dari goa. Hidup di tengah-tengah masyarakat.Kesedihan menggerogoti hatinya, ternyata masyarakat di sekitarnya sudah bobrok mental dan akhlaknya. Akal pikiran mereka benar-benar sudah tumpulsehingga patung dan batu-batu bergambar mereka jadikan Tuhan yang disembah-sembah.
 
Ayah Ibrahim sendiri adalah tukang pembuat patung yang dijual ke masyarakat banyak. Dan ayahnya juga menyembah patung yang dibuatnya sendiri.Ibrahim kemudian mengadu kepada Tuhan: "Ya Tuhan, aku sedang menderita,derita batin. Aku melihat kemungkaran dan kesesatan. Untuk apakah gerangan akal pikiran yang dikaruniakan Tuhan kepada mereka ? Apakah akal pikiran itu hanyadigunakan untuk mencari kekayaan dan berbuat kerusakan belaka. Oh Tuhanku,tunjukilah aku, kalau Tuhan tidak menunjuki aku, sungguh aku akan menjadi orangyang tersesat dan berbuat aniaya."Lalu Allah memberikan petunjuk kepadanya. ia diangkat menjadi Nabi danRasul. la diberi wahyu sehingga keyakinan tentang adanya Tuhan bukan sekedakesimpulan akal pikirannya belaka melainkan berasal dari ketetapan Tuhan.Allah mengajarkan segala rahasia yang ada di balik alam nyata ini. Bahwa di balik alam nyata ini ada juga alam ghaib. Setiap manusia yang mati kelak akandibangkitkan lagi di alam akhirat.
Ibrahim Meyakinkan Dirinya
 Nabi Ibrahim sebenarnya sudah percaya akan adanya hari pembalasan diakhirat. Pada suatu hari ia ingin memperoleh petunjuk yang lebih nyata danmeyakinkan hatinya.Maka berdo'alah ia kepada Tuhan: "Ya,Tuhanku perlihatkanlah kepadaku, bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati." Allah menjawab: "Apakahkamu belum percaya Ibrahim ?" Nabi Ibrahim menjawab: "Saya telah percaya tetapisupaya bertambah yakin hati saya."Tuhan kemudian memerintahkan Ibrahim mengambil empat ekor burung.Keempatnya dipotong-potong dan tubuhnya dicerai beraikan atau dipisah-pisahkan.

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ristanto Tri Atmojo added this note
putra risti dan syafi'i saya
Dhenita Putri liked this
Teguh Yuwono liked this
Hendry An liked this
Bella Rastavara liked this
Vho Ifaaivoo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->