Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dalil Dalil

Dalil Dalil

Ratings: (0)|Views: 7,170|Likes:
Published by rini1817

More info:

Published by: rini1817 on Feb 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

 
Dalil-Dalil
Hadis-Hadits
"Tidakkah aku ceritakan kepadamu tentang dosa-dosa yang besar (3x). Mereka menjawab, ‘Ya, wahaiRasulullah’. Beliau bersabda, ‘Yaitu menyekutukan Allah, durhaka pada orang tua -pada waktu itu beliaubersandar kemudian duduk, kemudian bersabda- demikian juga persaksian palsu dan ucapan palsu’. Beliauselalu mengulang-ulangnya sehingga kami berkata, ‘Andaikan beliau diam’" (HR Bukhari Muslim)."Beliau bersabda, ‘Jauhilah tujuh perkara yang menghancurkan (7 dosa besar)’. Mereka berkata, ‘Apa saja,wahai Rasulullah?’ Beliau bersabda, ‘Menyekutukan Allah, sihir, membunuh, memakan riba, makan hartaanak yatim, berpaling dari medan perang, dan menuduh keji wanita mu’minat baik-baik’" (HR BukhariMuslim).
Definisi maksiyat (dosa) dan pembagiannya
Maksiyat adalah ketidaktaatan baik mengerjakan hal-hal yang dilarang maupun mengabaikan perintah.Maksiyat meliputi dua bagian, yakni maksiyat yang tergolong dosa besar (kaba’ir) dan dosa kecil (shogho’ir).
Kaba’ir adalah setiap dosa yang mengakibatkan hukuman di dunia atau diancam oleh Allah dengan ancamanyang khusus di akhirat; mendapatkan adzab, laknat dan kemarah-Nya. Sebagian ulama berpendapat, kaba’iradalah dosa yang dilakukan seseorang dengan menganggap enteng dan merasa bangga. Contohsebagaimana tercantum dalam hadits di atas.
Shagha’ir adalah dosa-dosa yang tidak mengakibatkan hukuman di dunia dan tidak ada ancaman khusus diakhirat. Sebagian ulama berpendapat, shagha’ir adalah dosa yang ditimbulkan oleh kelalaian dan pelakunyasenantiasa menyesal sehingga mengurangi rasa nikmatnya bermaksiyat. "Diriwayatkan Abu Hurairah bahwaNabi saw. bersabda, ‘Telah ditetapkan atas manusia bagiannya dari zina yang pasti dilakukannya: zinakedua mata adalah melihat, zina kedua telinga mendengar, zina lisan adalah berkata, zinanya tanganmeraba, zinanya kaki melangkah, sedangkan zinanya hati adalah menginginkan dan berangan-angan,kermudian farjilah yang membenarkan atau mendustakannya’" (HR Muslim).Diriwayatkan oleh Umar ibnu Abbas dan lainnya, mereka berkata, "Tidak ada dosa besar bila disertaiistighfar dan tidak ada dosa kecil bila dilakukan terus-menerus".
Sikap Muslim terhadap dosa
Sikap Muslim terhadap dosa adalah sebagaimana diungkapkan oleh Abdullah ibnu Mas’ud, "Seorang mu’minmelihat dosanya seolah-olah ia berada pada kaki gunung yang akan runtuh menimpanya, sedangkan orangdurhaka (al-fajr) melihat dosanya sebagimana lalat hinggap pada hidungnya, kemudian ia menghalaunnya."Imam Bukhari mengeluarkan sebuah hadits dari Anas yang mengatakan: "Sesungguhnya kamu melakukanpekerjaan maksiyat yang pada pandangan kamu lebih kecil ketimbang sehelai rambut, sedangkan kamimenganggapnya tergolong pada masalah-masalah yang akan membawa pada kehancuran."Mengambil contoh Ikhwanul Muslimin, menjauhi dosa kecil dan terutama dosa besar merupakan salah satukewajiban kader Ikhwan ([4], Kewajiban ke 32) dan muwashofat yang harus dimiliki kader-kadernya.
 
Lima macam dosa besar di antara dosa-dosa besar
Syirik (menyekutukan Allah)
Syirik adalah menyamakan Allah dengan yang lain dalam hal-hal yang menjadi kekhususan-Nya.Syirik dapat digolongkan menjadi dua macam: syirik besar (asy-syirku al-akbar) dan syirik kecil (asy-syirkual-asghar).
Syirik Besar
Syirik akbar adalah syirik dalam beribadah dengan menjadikan tuhan-tuhan selain Allah. Allah berfirman,1. Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (yaitu al-Qur’an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadipemberi peringatan kepada seluruh alam.2. yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(-Nya), dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.3. Kemudian mereka mengambil ilah-ilah selain Dia (untuk disembah), yang tidak menciptakan sesuatuapapun, bahkan mereka sendiripun diciptakan dan tidak kuasa untuk (menolak) sesuatu kemudharatan daridirinya dan tidak (pula untuk mengambil) sesuatu kemanfa’atan dan tidak kuasa mematikan, menghidupkandan tidak (pula) membangkitkan.(25. Al Furqaan : 1-3)
Fenomena Syirik
Fenomena syirik ibadah ini bisa dilihat, antara lain;
Pemujaan dan do’a pada selain Allah seperti jin, berhala, taghut. Allah menjelaskan perilaku mereka dalamfirman-Nya,Maka apabila mereka naik kapal mereka mendo’a kepada Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya;maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan(Allah), (29. Al ‘Ankabuut : 65)
Hidup tanpa tujuan dan merasa tenang, tenteram, dan ridla dengan kehidupan dunia, tanpa mengingatakhirat sedikitpun.7. Sesungguhnya orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan) pertemuan dengan Kami, danmerasa puas dengan kehidupan di dunia serta merasa tenteram dengan kehidupan itu dan orang-orangyang melalaikan ayat-ayat kami,8. mereka itu tempatnya ialah neraka, disebabkan apa yang selalu mereka kerjakan.(10. Yunus : 7-8)Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh ke dalam surgayang mengalir di bawahnya sungai-sungai.Dan orang-orang yang kafir itu bersenang-senang (di dunia) danmereka makan seperti makannya binatang-binatang.Dan neraka adalah tempat tinggal mereka. (47.Muhammad : 12)Apakah kami setelah mati dan setelah menjadi tanah (kami akan kembali lagi), itu adalah suatupengembalian yang tidak mungkin. (50. Qaaf : 3)
Ketaatan secara mutlak kepada selain Allah.Katakanlah:"Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampunidosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (3. Ali Imran : 31)Diriwayatkan, ketika Adi bin Hathib r.a. mendengarkan Rasulullah saw. membaca ayat di atas, ia berkata,"Wahai rasulullah, kami dahulu tidak pernah menyembah mereka". Kemudian Nabi saw, bersabda,"Bukankah mereka menghalalkan untukmu apa yang diharamkan oleh Allah kemudian kamumenghalalkannya, dan mereka mengharamkan untukmu apa yang dihahalkan oleh Allah kemudian kamumengharamkannya?" Ia menjawab, "Memang ya". Rasulullah bersabda, "Yang demikian itu berartimenyembah mereka" (HR Tirmidzi).
 
Menjadikan tandingan-tandingan untuk Allah dengan mencintainya melebihi kecintaannya kepada Allah.Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; merekamencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapan orang-orang yang beriman amat sangatcintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika merekamelihat siksa (pada Hari Kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amatberat siksa-Nya (niscaya mereka menyesal). (2. Al Baqarah : 165)Sebagian ulama menjelaskan andaad (tandingan-tandingan) adalah apa saja yang bisa mencabut dari Islam,seperi harta, pangkat, keluarga, dll. (Lihat juga QS At-Taubah/9: 24).Katakanlah:"Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluarga, harta kekayaanyang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yangkamu sukai adalah lebih kamu cintai lebih daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya,maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepadaorang-orang yang fasik. (9. At Taubah : 24)
Akibat Syirik Besar
Syirik adalah kedzaliman yang paling besar, karena yang didzalimi adalah Allah SWT.Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya:"Haianakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". (31. Luqman : 13)Akibat syirik sangat besar, yakni
 Tidak diampuni Allah SWT.Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, Dan Diamengampuni dosa yang lain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yangmempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya. (4. AnNisaa : 116)
Haram masuk surga.Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata:"Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih putera Maryam",padahal Al-Masih (sendiri) berkata:"Hai Bani Israil, sembahlah Allah Rabbku dan Rabbmu". Sesungguhnyaorang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga,dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. (5. Al Maidah :72)
 Terhapusnya semua amal.Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) sebelummu:"Jika kamumempersekutukan (Allah), niscaya akan hapus amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yangmerugi. (39. Az-Zumar : 65)
 Jauh dari petunjuk Allahdengan ikhlas kepada Allah, tidak mempersekutukan sesuatu dengan Dia. Barangsiapamempersekutukansesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atauditerbangkan angin ke tempat yang jauh. (22. Al Hajj : 31)Dalam tafsir Ibnu Katsir dikatakan bahwa ini merupakan perumpamaan Allah untuk orang musyrik dalam halkesesatan, kebinasaan dan kejauhannya dari petunjuk.
Syirik Kecil
Adapun syirik kecil yang bersifat batiniyah seperti riya’ (memperlihatkan amal), sum’ah (memperdengarkanamal), dan yang bersifat lahiriah anatara lain bersumpah dengan selain Allah, mengatakan ‘Jika dikehendakioleh Allah dan kamu’, memakai jimat. Syirik kecil walaupun tidak menghilangkan keimanan seseorang,tetapi dapat menggerogotinya sehingga semakin lama semakin berkurang tanpa disadari.

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Akoe Qtt liked this
Madi Abdulgani liked this
Amanda Mandasari liked this
JaNnah Sweet liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->