Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
49Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ERD menurut chen

ERD menurut chen

Ratings: (0)|Views: 2,673 |Likes:
Published by lienana
tell about entity relatioship diagram
tell about entity relatioship diagram

More info:

Published by: lienana on Feb 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

 
 Entity Relationship Diagram (Diagram Hubungan antara Entitas)
8.1 PENGANTAR
ab ini membahas bagaimana professional system menggambarkan model datasecara grafik dengan menggunakan entity relationship diagram yang kadang-kadang dikenal sebagai ERD (istilah ini yang akan selalu digunakan) atau diagram ER.
B
 Dengan kata lain, ERD adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan datayang disimpan dalam system secara abstrak. Jadi, jelaslah bahwa ERD ini berbedadengan DFD yang merupakan suatu model jaringan fungsi yang akan dilaksanakan olehsystem, sedangkan ERD merupakan model jaringan data yang menekankan pada struktur-struktur dan relationship data.Biasanya ERD ini digunakan oleh professional system untuk berkomunikasi dengan pemakai eksekutif tingkat tinggi dalam suatu organisasi (seperti wakil presiden direktur dan manajer yang tidak tertarik pada pelaksanaan operasi-operasi system sehari-hari).Pemakai ini lebih tertarik dengan hal-hal sebagai berikut:
Data apa saja yang dibutuhkan untuk bisnis mereka?
Bagaimana data tersebut berelasi dengan data lainnya?
Siapa saja yang diperkenalkan untuk mengakses data tersebut?ERD juga menguntungkan bagi professional system, karena ERD memperlihatkanhubungan antar data store pada DFD (dapat dilihat pada
BAB XI: Implementasi BasisData Dalam Proyek Pengembangan Sistem Informasi).
Hubungan ini tidak terlihat pada DFD, karena DFD hanya memusatkan perhatian pada fungsi-fungsi system bukan pada data yang dibutuhkan.Diagram hubungan entitas atau yang lebih dikenal dengan sebutan E-R diagram,adalah notasi grafik dari sebuah model data atau sebuah model jaringan yangmenjelaskan tentang data yang tersimpan (storage data) dalam system secara abstrak.Diagram hubungan entitas tidak menyatakan bagaimana memanfaatkan data, membuatdata, mengubah data, dan menghapus data.
Bab 8
 
8.2 ELEMEN-ELEMEN DIAGRAM HUBUNGAN ENTITAS
8.2.1
E
NTITY 
 
Pada E-R diagram, entity digambarkan dengan sebuah bentuk persegi panjang. Entityadalah sesuatu apa saja yang ada di dalam system, nyata maupun abstrak dimana datatersimpan atau dimana terdapat data. Entitas diberi nama dengan kata benda dan dapatdikelompokkan dalam empat jenis nama, yaitu orang, benda, lokasi, kejadian(terdapatunsur waktu di dalamnya).
8.2.2 RELATIONSHIP
Pada E-R diagram, relationship dapat digambarkan dengan sebuah bentuk belahketupat. Relationship adalah hubungan alamiah yang terjadi antara entitas. Padaumumnya penghubung (relationship) diberi nama dengan kata kerja dasar sehinggamemudahkan untuk melakukan pembacaan relasinya (bisa dengan kalimat aktif ataukalimat pasif). Penggambaran hubungan yang terjadi adalah sebuah bentuk belah ketupatdihubungkan dengan dua bentuk empat persegi panjang.Contohnya, Entitas Mahasiswa dengan NIM = “14534” dan Nama_Mhs = “Yudin” yangmemepunyai relasi dengan Entitas Kuliah dengan Kode_Kul = “SI-140” dan Nama_MK = “Basis Data”, sehingga struktur data dari Relasi ini bahwa mahasiswa tersebutmengambil mata kuliah pada suatu perguruan tinggi. Sedangkan kita juga mengenal adanya
Himpunan Relasi
, yaitu kumpulan semuarelasi di-antara entitas-entitas yang terdapat dalam himpunan entitas-himpunan entitas,tetapi pada umumnya himpunan relasi sering disebut dengan Relasi saja.Illustrasinya sebagai berikut. 
Tabel 8.1
Entitas / Tabel kuliah
Entitas KuliahKode_KulNama_MKSKSSemester
SI-140Basis Data43PA-100Pancasila21MT-140Kalkulus44
 
Tabel 8.2
Tabel / Entitas kuliah
Relasi Entitas MahasiswaEntitas KuliahNIMNama_Mhs.....
14534Yudin
.....
14251Nurhasan
.....
14782Yanah
.....
8.2.3
R
ELATIONSHIP
 
D
EGREE
Relation degree atau Derajat Relationship adalah jumlah entitas yang berpartisipasidalam satu relationship Derajat Relationship yang sering dipakai di dlam ERD sebagai berikut.
8.2.3.1Unary Relationship
Contoh:
Menikah 
Gambar 8.1 (a)
 Diagram Relationship Unary
.Pada Ganbar 8.1 (a) relationship Menikah menunjukkan relationship satu-ke-satuantara instance-instance dari entitas PEGAWAI.
8.2.3.2 Binary Relationship
Binary Relationship adalah model Relationship antara instance-instance dari suatu tipeentitas (dua entity yang berasal dari entity yang sama). Relationship ini paling umumdigunakan dalam pembuatan mode data. Gambar di bawah ini menunjukkan bahwarelationship Bekerja untuk merupakan Relationship banyak-ke-satu. Artinya, seorang
Kode_KulNama_MK.
SI-140Basis Data
….
PA-100Pancasila
….
MT-140Kalkulus
….
 
Pegawa 

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
S-vy Be Okey liked this
Azma Sholiha liked this
ariateja liked this
Dian Puspita liked this
Paman Mungkinkah liked this
Ran Imunanta liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->