Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bendera Dan Lagu Kebangsaan

Bendera Dan Lagu Kebangsaan

Ratings: (0)|Views: 531 |Likes:
Published by naksintink

More info:

Published by: naksintink on Feb 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2013

pdf

text

original

 
Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 1958 Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 1958 Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 1958 Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 1958 
Tanggal 26 Juni 1958Lembaran Negara No. 68/58 Tahun 1958, tanggal 10 Juli 1958tentang
Peraturan Bendera Kebangsaan Peraturan Bendera Kebangsaan Peraturan Bendera Kebangsaan Peraturan Bendera Kebangsaan 
1.
Pasal 1
Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih, selanjutnya disebut BenderaKebangsaan, berbentuk segi empat panjang, yang lebarnya dua pertiga daripanjangnya; bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih,sedang kedua bagian itu sama lebarnya.Untuk menjaga kehormatan bendera kebangsaan, maka bahannya dibuatdari kain yang kuat dan tidak luntur. Ukuran bendera telah ditetapkan,paling besar tidak melebihi bendera pusaka, yaitu 2 m x 3 m. BenderaPusaka adalah yang pertama kali dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, yang dibuat / dijahit oleh Ibu Negara Ny.Fatmawati Soekarno.2.
Pasal 5 ayat (2)
Bendera Kebangsaan tidak boleh dipergunakan untuk memberi hormatkepada seseorang dengan menundukkannya seperti lazim dilakukan padawaktu memberi hormat pada panji-panji.3.
Pasal 6
1). Pada umumnya Bendera Kebangsaan dikibarkan pada waktu siang hari,antara saat matahari terbit dan matahari terbenam. (Untuk mudahnyaditetapkan jam 06.00-18.00).2). Dalam hal-hal yang luar biasa, yaitu pada waktu seluruh NusantaraBangsa sangat bergembira, atau sangat berduka cita atau untukmengobar-ngobarkan semangat membela tanah air, maka pemerintahdapat menentukan lain dari yang tersebut dalam ayat (1)4.
Pasal 7 ayat (4)
Penggunaan Bendera Kebangsaan diperbolehkan pada waktu dan di tempat.1). Diadakan perhelatan perkawinan, sunatan, perayaan agama atau adat yang lain yang lazim dirayakan.2). Didirikan bangunan jika pemasangan ini menjadi kebiasaan, dalam halini pemasangan dapat dilakukan siang malam.3). Diadakan pertemuan-pertemuan seperti muktamar, konferensi,peringatan tokoh-tokoh nasional atau hari-hari bersejarah.4). Diadakan perlombaan-perlombaan.5). Diadakan perayaan-perayaan sekolah.2
 
 
6). Diadakan perayaan-perayaan lain dimana bendera dapat dianggapsebagai tanda kegembiraan umum.7). Diadakan perayaan organisasi.Menurut kebiasaan di beberapa daerah dalam membuat rumah dipasangBendera Sang Merah Putih pada wuwungan atap siang malam terus-menerus. Oleh karena sudah menjadi kebiasaan dan penggunaan benderamerah putih disini bukan berarti penghinaan, melainkan penghargaan yangtinggi, maka penggunaan bendera merah putih pada pendirian rumahsebaiknya jangan dilarang.Sudah menjadi kebiasaan pula, alat angkutan besar / sedang yangdigunakan saat mengantar dan menjemput jemaah haji, memasang benderamerah putih sebagai tanda pernyataan kegembiraan, cara penggunaannyahendaklah yang benar dan tidak memberi kesan menurunkan derajatkehormatannya. (Diletakkan di bagian atas sisi depan kanan kendaraanmelebihi atapnya).5.
Pasal 10
1). Bendera kebangsaan dikibarkan setiap hari :a) pada rumah – rumah jabatan atau di halaman rumah – rumah jabatan Presiden, Wakil Presiden, Menteri, Gubernur Kepala Daerah yang setingkat dengan itu,b) pada rumah – rumah jabatan atau di halaman rumah – rumahkepala daerah.2). Bendera Kebangsaan dikibarkan :a) setiap hari kerja pada gedung – gedung atau di halaman gedung – gedung MPR, DPR, Departemen, Mahkamah Agung, KejaksaanAgung, Dewan Pengawas Keuangan, dan gedung – gedung yangditetapkan oleh menteri yang bersangkutan,b) setiap hari sekolah pada gedung – gedung sekolah negeri dansedapat – dapatnya pada gedung – gedung sekolah swasta nasional,3). Pada gedung – gedung atau di halaman gedung – gedung tersebut dalamayat – ayat di atas, kecuali pada gedung atau di halaman gedung – gedung sekolah swasta, tidak boleh dipasang bendera organisasi.6.
Pasal 11
Bendera Kebangsaan sebagai “tanda kedudukan” Presiden, Wakil Presiden,berukuran 36 cm x 54 cm, dan untuk mantan Presiden, mantan WakilPresiden, Menteri, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua MA, Jaksa Agung, danKetua Bepeka, berukuran 30 cm x 45 cm, dipasang pada mobil sebelahmuka di tengah – tengah. Bagi lain – lain orang penggunaan demikiandilarang.7.
Pasal 13
 Jika kain itu atau kertas merah putih yang bukan bendera, dipakai sebagaihiasan, maka warna merah selalu diatur di sebelah atas.3
 
8.
Pasal 15
Bendera Kebangsaan dipasang pada kendaraan harus pada tiang. Jikahanya satu bendera supaya dipasang di sebelah kanan dan jikamenggunakan dua bendera, maka bendera yang kedua dipasang di sebelahkiri. Ukuran bendera tidak boleh melebihi 20 cm x 30 cm.Bila Bendera Kebangsaan dipasang bersama – sama bendera lain, makabendera lain itu dipasang di sebelah kiri.9.
Pasal 19
1). Bendera Kebangsaan dinaikkan pada tiang atau diturunkan denganperlahan – lahan serta khidmat dan bendera itu tidak boleh menyentuhtanah.2). Jika Bendera Kebangsaan hendak dipasang setengah tiang, makabendera itu dinaikkan dulu sampai ke ujung tiang, dihentikan sejenakdan kemudian diturunkan sampai setengah tiang. Jika benderasetengah tiang hendak diturunkan, maka bendera tersebut dinaikkandahulu sampai ke ujung tiang, berhenti sejenak, dan kemudianditurunkan.10.
Pasal 20
Pada waktu upacara penaikan atau penurunan Bendera Kebangsaan semuaorang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambilmenghadap ke muka kepada bendera sampai upacara selesai.Mereka yang tidak memakai seragam, memberi hormat dengan cara sikapsempurna, sedang semua jenis tutup kepala harus dibuka, kecuali ikatkepala, sorban, dan kerudung atau topi wanita yang dipakai menurut agamaatau adat kebiasaan.11.
Pasal 21
Bendera Kebangsaan tidak boleh :1). Dipasang atau dipakai sedemikian sehingga mudah koyak atau kotor,2). Dipakai sebagai langit – langit, atap, pembungkus barang, tutup barang,reklame perdagangan dengan cara apapun juga,3). Digambari, dicetak, atau disulam pada barang – barang yangpemakaiannya mengandung kurang penghormatan terhadap BenderaKebangsaan,4). Disemati lencana, huruf, kalimat, angka, gambar, atau tanda – tandalain.12.
Pasal 23
1). Bila Bendera Kebangsaan dipasang bersama – sama dengan BenderaKebangsaan Negara asing, maka bendera itu dikibarkan pada tiang – tiang / tongkat – tongkat tersendiri yang sama tingginya dan samabesarnya, sedangkan ukuran – ukuran bendera – bendera itu sama ataukira – kira sama.4

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Genetic Diverse liked this
Ahzai Wong liked this
fyda_female6844 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->