Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda.

Ratings: (0)|Views: 3,030 |Likes:
Published by naksintink

More info:

Published by: naksintink on Feb 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
Sumpah Pemuda
Peserta Kongres Pemuda II
Pendahuluan
Sepanjang sejarah Indonesia, pengertian pemuda berubah dari masa ke masa.Pada masa awal pergerakan nasional, pemuda diartikan kalangan terpelajar,baik para pelajar sekolah menengah, maupun pelajar sekolah tinggi yangmendapat pendidikan Barat, tinggal di kota, dan mengenyam kebudayaanBarat melalui pendidikan. Mereka datang dari kalangan priyayi, menengah danrendahan. Mereka inilah yang menjadi motor penggerak tumbuhnyapergerakan nasional. Selain bergerak melalui organisasi kepemudaan, parapemuda juga bergerak melalui partai politik. PNI dan PSII, dua partai politik yang monumental dalam sejarah pergerakan nasional, didirikan dan dikelolaoleh para pemuda.Sekarang yang menjadi pertanyaan, kapan sejarah pergerakan pemuda diIndonesia dimulai? Budi Utomo, organisasi pergerakan nasional pertama, yangdidirikan tanggal 20 Mei 1908 adalah organisasi yang didirikan oleh parapemuda. Soetomo dan para pendiri Budi Utomo yang lain masih sekolah diSTOVIA. Akan tetapi, tanggal 20 Mei 1908 tidak bisa dijadikan titik awalpergerakan pemuda. Mohamad Tabrani, Ketua Kongres Pemuda Pertama,dalam pidatonya, “Sejarah Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa Indonesia,mengatakan :“…kalau bagi Kaum Tua Budi Utomo menjadi titik tolaknya (20 mei 1908), yangkemudian diakui sebagai hari kebangkitan nasional, maka bagi Kaum Mudaperlambang kebangkitan nasionalnya bertitik tolak pada Tri Koro Dharmo padatanggal 7 Maret 1915.”Hal senada diungkapkan oleh Iwa Kusumasumantri, mantan anggota danpengurus Perhimpunan Indonesia. Iwa Kusumasumantri (1963 : 45) menulis :“…lahirlah untuk pertama kalinja pergerakan pemuda dengan nama ‘Tri KoroDharmo’ pada tanggal 15 Maret 1915.”Keberadaan Tri Koro Dharmo sebagai organisasi pemuda pertama jugadibenarkan oleh A. K. Pringgodigdo (1990 : 24), Surjomihardjo (1979 : 55),Nugroho Notosusanto (1990 : 190).
 
2
Hasil monumental dari pergerakan pemuda tahun 1920-an adalah SumpahPemuda. Sumpah Pemuda merupakan sumpah setia hasil rumusan KerapatanPemoeda-Pemoedi Indonesia atau dikenal dengan Kongres Pemuda II,dibacakan pada 28 Oktober 1928. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai"Hari Sumpah Pemuda".
Isi
PERTAMA.Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.KEDOEA.Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, BangsaIndonesia.KETIGA.Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean,Bahasa Indonesia.
Kongres Pemuda II
Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari PerhimpunanPelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggotapelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tigagedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke JongenlingenBond (KJB), Lapangan Banteng. Dalam sambutannya, ketua PPI SoegondoDjojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuandalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian MoehammadYamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya,ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah,bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop,membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan danSarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwa anak harus mendapatpendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan disekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.Pada sesi berikutnya, Soenario menjelaskan pentingnya nasionalisme dandemokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan,gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakankepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yangdibutuhkan dalam perjuangan.Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu "Indonesia Raya" karya WageRudolf Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh pesertakongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres. Olehpara pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia.
 
3Peserta
Para peserta Kongres Pemuda II ini berasal dari berbagai wakil organisasipemuda yang ada pada waktu itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, JongCelebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, dll. Diantara mereka hadir pula beberapa orang pemuda Tionghoa sebagai pengamat, yaitu Oey Kay Siang, John Lauw Tjoan Hok dan Tjio Djien Kwie serta Kwee Thiam Hong sebagai seorang wakil dari Jong Sumatranen Bond.
Museum
Di Gedung Sekretariat PPI di Jalan Kramat Raya 106, tempat diputuskannyarencana Kongres Pemuda Kedua saat ini dijadikan Museum Sumpah Pemuda.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->