Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
NASEHAT PERNIKAHAN

NASEHAT PERNIKAHAN

Ratings: (0)|Views: 3,804 |Likes:
Published by gatotsudjono

More info:

Published by: gatotsudjono on Feb 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2013

pdf

text

original

 
NASEHAT PERNIKAHAN
Bismillahirrahmanirrahimi  Assalamu’alaikum wrwb. Alhamdulillahirrabbil alamin, wabihi nastainuhu ala umuriddunyawaddin wa sholatu washalamu ala anbiyai wal mursalin wa alaalihi waashohbihi aj’main. Allahumma sholli ala Muhammadinil fatihi lima uhlik wal khotimi lima saba’ wanasiril haqi bil haqi ala shirotolmustaqim wa alaalihi wa ashbihi aj’main, amma ba’du
Pernikahan adalah suatu amalan sunah yang disyariatkan oleh Al Qur’andan As Sunah Rasulullah SAW, dengan kokoh, sejalan dengan watakseksual dan sesuai dengan saluran yang halal dan bersih untukmemperoleh keturunan yang dapat memelihara kehormatan diri,kegembiraan hati dan ketenangan batin.Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Ar Rum ayat 21 ;
Wamin ayaatihi ankhalaqum min anfusikum ajwajaa litaskunuuilaihaa waja’ala bainakum mawaddata wa rahmah, innafi dzalikalaayaati liqaumi yatafakkarun
artinya :”
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Diamenciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamucenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itubenar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.
Rasulullah SAW bersabda
:” Nikah itu sunahku, barangsiapa tidamengikuti sunahKu berarti dia bukan dari golonganKu” 
Ayat tersebut menerangkan bahwa tujuan pernikahan yaitu untuk
menciptakan ketentraman, saling cinta dan kasih sayang
.Ketiganya merupakan tiang kokoh penyangga bangunan keluarga danrumah tangga. Bila salah satunya tidak ada, goyahlah sendi kekuatanbangunan rumah tangga tersebut.
Pertama
: “
Litaskunu ilaiha
” yaitu sakinah, ketenangan dan ketentraman.Saling cinta, dan kasih sayang, supaya suami tenang dan tentram,kewajiban istri berusaha menenangkan dan menentramkan suami.
Kedua
:
mawaddah
” atau saling mencintai. Cintanya bersifat subyektif hanya untuk kepentingan berdua yaitu antara suami dan istri salingmencurahkan rasa cintanya.
Nasehat Perkawinan
1
 
Ketiga
:”
rahmah
” yaitu kasih sayang yang bersifat obyektif yakni kasihsayang untuk kepentingan orang yang dikasih sayangi. Kasih sayanginilah yang harus menjadi landasan bagi cinta. Cinta makin lama makinberkurang, sedangkan kasih sayang makin lama makin kuat dan mantap.Ketiga bangunan kehidupan itulah yang menjadi tujuan pernikahan dalamIslam.Rosulullah bersabda :
sesungguhnya seluruh dunia kesenangan dansebaik-baik kesenangan ialah wanita/ istri yang solehah
(HR Muslim).
Wahai putriku, ketahuilah istri yang baik itu,…..adalah :
Selalu tampil dengan dandanan rapih dan indah dihadapan suami,selalu bersih, baik badan, pakaian, rumah, maupun lingkungan. istriyang tidak mengindahkan kebersihan menjauhkan suami danmendorongnya kepelukan wanita lain yang bersih.
Putriku, taat dan patuhlah kepada suamimu tetapi bukan dalamberma’siat kepada Allah SWT., Peliharalah anak-anakmu kelak dantidak diasuh oleh pelayan atau tangan orang lain didiklah anak-anakmudengan keimanan dan akhlak yang baik.
Selalulah kamu rela dan puas dengan pemberian suamimu baiksedikit maupun banyak dan janganlah menuntut suami dengan hal-halyang diluar kemampuannya.
Uruslah rumah tanggamu dengan baik dan membelanjakan uangpada tempat yang benar, sasaran yang baik, dan hal-hal yangdiperlukan saja.
Peliharalah pakaianmu, perabot, dan alat rumah tangga agar lebihawet. Hal yang demikian lebih meringankan beban suami danmeningkatkan simpati serta menimbulkan penghargaan dari suamiterhadap diri sang istri.
Berakhlak baik dalam sikap, tindakan, dan tutur katamu. Selalutersenyum dalam menyambut suami dengan ucapan yangmenyenangkan dan melegakan hati. Penuh cinta dan kasih sayang.
Bergaulah dengan keluarga suami dengan baik, terutama ibumertuamu. hormatilah, sayangilah, dan bersikap lemah lembut danmengalah terhadap mereka. Tidak memonopoli suami danmenempatkan suami dalam keadaan sulit, yaitu memilih ibu atau istri.Suami yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berbaktikepada orang tua pasti akan memilih ibunya.
Hormati cita rasa suami. Menyertai suami dalam hati nurani dantenggang rasa. Berhati-hati dalam melontarkan ucapan jangan sampaimenyinggung dan melukai perasaan suami. Memberi kesan atauisyarat cinta kasih dan rasa bangga, demi memperkokoh kelestarianikatan pernikahanmu.
Nasehat Perkawinan
2
 
Pandai pandailah kamu bersyukur terhadap kebaikan suami. Hal inidapat menimbulkan cinta suami dan mendorongnya berbuat lebihbanyak kebaikan,
Selalu menjaga kelemah lembutan dan kehalusan yang merupakanciri kewanitaan dan kecantikan jiwa . Kecantikan wajah dan keindahantubuh akan berakhir, tetapi kecantikan jiwa akan tetap lestari.
Senantiasa memelihara keimanan dan amalan ibadahmu.
Dan kepada putraku,ketahuilah Suami yang baik itu,…….adalah :
Memiliki kelebihan dalam soal kebenaran dan kejujuran sejak akanmeminang. Berterus terang dalam menerangkan umur dan lainnya.
Senang bersendau gurau, ramah tamah terhadap istri, memberi istrihak untuk hiburan, kesenangan yang wajar. Pergi bersama untuk hadirresepsi, ziarah dll
 Tidak terlalu cemburu, sabar, tidak banyak mengoreksi danmencari-cari kesalahan istri, jujur , terbuka, tidak suka menggunakanancaman cerai dan selalu bertanggungjawab.
Dengan istri selalu berbicara dengan sopan, lembut dan beradap
Memberi nafkah yang halal kepada keluarga dengan keseimbangan,tidak boros dan tidak kikir. Tidak membeli barang yang tidakdiperlukan
Selalu tampil indah dan berdandan baik, apa yang terlihat oleh istridari suami ialah yang baik dan harum.
Menyimpan rahasia keluarga dan rahasia rumah tangga yang dapatmenjadi buah bibir dan bahan cerita dalam masyarakat.
Memelihara penampilan yang berwibawa, penuh cinta, menyayangi,menghormati, menghargai dan memuliakan keluarga istri.
Memelihara keimanan dan amalan ibadah diri dan seluruh keluarga
 
 Yaa ayyuhalladzina amanuu quu anfusakum wa ahliikum naaraawa quduhaannasu wal khijaarah
artinya :”
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dankeluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia danbatu;
(QS.At Tahrim ayat 6).
Nasehat Perkawinan
3

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
amontanga liked this
Jihad Baraba liked this
Nurhidayah Alwi liked this
Mhimy Candy liked this
dodienfirdaus liked this
Ahmad Jonni liked this
Adnen Dda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->