Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
99Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB 1 PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Sosialisasi

BAB 1 PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Sosialisasi

Ratings: (0)|Views: 10,401 |Likes:
Published by bonzds
Makalah Sosialisasi ( Sosiologi )
Makalah Sosialisasi ( Sosiologi )

More info:

Published by: bonzds on Feb 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN1.Latar Belakang
Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transferkebiasaan ataunilaidan aturan dari satu generasi ke generasilainnya dalam sebuahkelompokataumasyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenaiperanan (
role theory 
). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. Setiap kelompokmasyarakatmempunyai standar dannilaiyang berbeda. contoh, standar 'apakah seseorang itu baik atau tidak' di sekolahdengan di kelompok sepermainan tentu berbeda. Disekolah,misalnya, seseorang disebut baik apabila nilai ulangannya diatas tujuh atau tidak pernah terlambat masuk sekolah.Sementara di kelompok sepermainan, seseorang disebut baikapabila solider dengan teman atau saling membantu. Perbedaanstandar dan nilai pun tidak terlepas dari tipe sosialisasi yangada. Ada dua tipe sosialisasi. Kedua tipe sosialisasi tersebutadalah sebagai berikut.
Formal
: Sosialisasi tipe ini terjadi melalui lembaga-lembagayang berwenang menurut ketentuan yang berlaku dalamnegara, seperti pendidikan di sekolah dan pendidikanmiliter.
Informal
: Sosialisasi tipe ini terdapat di masyarakat ataudalam pergaulan yang bersifat kekeluargaan, seperti antarateman,sahabat, sesama anggota klub, dan kelompok-kelompok sosial yang ada di dalam masyarakat.
1.Tujuan Penulisan Makalah
Makalah ini kami buat bertujuan untuk menuntaskan tugassekolah yang di tugaskan guru kepada kami dan untukmemudahkan kami dalam belajar. Tujuannya yaitu :
1
 
1.Memahami tentang sosialisasi, menjelaskan keterkaitan antarmasyarakat dan mengaplikasikan sosialisasi secara luas,akurat, efisien dan tepat dalam pembelajaran/pemecahanmasalah.2.Menggunakan penalaran pada pola dan sifat melakukanmanipulasi sosiologi dalam membuat generalisasi, menyusunbukti atau menjelaskan gagasan dan pernyataan sosiologi.3.Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahamimasalah, merancang masalah model sosiologi.4.Memiliki sikap menghargai kegunaan sosialisasi dalamkehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian danminat dalam mempelajari sosiologi, serta sikap ulet percayadiri dalam mengerjakan tugas.5.Sebagai lembaga belajar sehingga dapat menunjang kegiatanpembelajaran dan indikatornya.
1.
 
Sistematika Penulisan Makalah
Telah diungkapkan sebelumnya bahwa makalah yangdisajikan mengikuti model silabus mata pelajaran sosiologi dalammateri yang di berikan guru. Oleh karena itu, bab demi bab dalammakalah ini didasarkan pada materi tersebut, denganmempertimbangkan seluruh aspek yang meliputi latar belakang,tujuan penulisan melalui pokok, kesimpulan dan saran.Tambahan pula kami telah mengupayakan seluruh aspekyang telah di tentukan.Dalam buku ini kami mengajak untuk melihat sekian banyakpermasalahan dengan konsep-konsep yang akurat dan cara-carayang sederhana mungkin sehingga memenuhi tujuan materi pokokyang akan di sampaikan. Oleh karena itu, terpilih seluruh contohyang cukup lengkap dan sistematis.Adapun sistematika isi makalah ini sendiri sesuai denganyang tercantum pada halaman daftar isi. Yaitu terdapat Bab Ihingga Bab 3, Bab I berisi pendahuluan mengenai latar belakang. Tujuan penulisan makalah dan sistemmatika penu;lisan makalah.
2
 
Bab 2 berisi pembahasan mengenai sosialisasi dan pembentukankepribadian, pengertian sosialisasi, proses sosialisasi, tujuansosialisasi, Faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi, Agen-agen sosialisasi. Bab 3 berisi penutup mengenai kesimpulan dansaran.
BAB IIPEMBAHASAN1.Pengertian Sosialisasi menurut Para Ahli
Ada banyak definisi tentang sosialisasi Makionis (1997)misalnya menyebut sosialisasi sebagai pengamatan sosialsepanjang hidup yang memungkinkan seseorangmengembangkan potensi kemanusiaannya dan mempelajaripola-pola kebudayaan.Harton dan Hunt (1987 1989 ) mendefinisikansosialisasi sebagai proses dimana seseoranginternalisasikan norma-norma kelompok tempat hidup,sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.Giddens (1994:60) melukiskan prosessosialisasisebagai sebuah proses yang terjadi ketikaseorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melaluitahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yangsadar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan danterampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat iatinggal.Ritcher JR (1987 : 139) berpendapat bahwa sosialisasiadalah proses seseorang memperoleh pengetahuan,keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapatberfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai
3

Activity (99)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
D'bullier Nadia liked this
garasand liked this
Ruth Elizabet liked this
Sudirman Kr Romo added this note
Tnx

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->