Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
105Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman Sosoiologi & Soal: Mobilitas Sosial

Rangkuman Sosoiologi & Soal: Mobilitas Sosial

Ratings: (0)|Views: 14,535 |Likes:
Published by Amalia Amanda Kasih

More info:

Published by: Amalia Amanda Kasih on Feb 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

 
BAB 3MOBILITAS SOSIALA.DEFINISI MOBILITAS SOSIAL
Mobilitas berasal dari kata
mobilis
, yang artinya mudah bermobilitas atau mudahdipindahkan. Mobilitas sosial (
 social mobility
) adalah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.Mobilitas sosial terjadi pada semua masyarakat meskipun dengan kecepatan yang berbeda- beda, sesuai dengan sistem yang diterapkan masyarakat dalam menyusun kehidupansosialnya atau bermasyarakat.
Definisi mobilitas sosial menurut beberapa ahli sosiologi :
William Kornblum
 
(1988: 172)
Mobilitas sosial adalah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga, dankelompok sosialnya dari satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.
 Michael S. Basis (1988: 276)
Mobilitas sosial adalah perpindahan ke atas atau ke bawah lingkungansosioekonomi yang mengubah status sosial seseorang dalam masyarakat.
 H. Edward Ransford (Sunarto, 2001: 108)
Mobilitas sosial adalah perpindahan ke atas atau ke bawah dalam lingkungan sosialsecara hierarki.
 Kimball Young dan Raymond W. Mack (Soekanto, 2001: 275)
Mobilitas sosial adalah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola-polayertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.Jadi, mobilitas sosial adalah suatu perubahan atau perpindahan kelas sosial, baik keatas maupun ke bawah, yang dialami oleh individu atau kelompok sosial, sehinggamemberikan dampak berupa kelas baru yang diperoleh individu atau kelompok tadi.
 
B.JENIS-JENIS MOBILITAS SOSIAL1.Mobilitas Sosial Berdasarkan Tipe
Berdasarkan tipenya, mobilitas sosial dibedakan menjadi empat yaitu mobilitas sosial
vertikal, horizontal, lateral,
dan
 struktural.
a.Mobilitas sosial vertikal
Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan individu atau objek dari suatu kedudukansosial ke kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat. Jadi pergerakannya vertikal;daria atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Mobilitas ini dibedakan menjadi dua.
1)Mobilitas sosial naik (social climbing mobility atau upward mobility)
Dua bentuk utama dalam mobilitas ini adalah masuknya individu yangmulanya memiliki kedudukan lebih rendah ke dalam kedudukan yang lebihtinggi dan pembentukan suatu kelompok baru yang kemudian ditempatkan pada derajat yang lebih tinggi dari kedudukan individu pembentuk kelompok tersebut.
2)Mobilitas sosial turun (social sinking mobility atau downward mobility)
Mobilitas vertikal turyun artinya perpindahan seseorang ke kelas sosial yanglebih rendah dari sebelumnya. Dalam mobilitas ini juga terdapat dua bentuk utama, yaitu:
Turunnya kedudukan individu ke kedudukan yang lebih rendah darisebelumnya
Turunnya derajat suatu kelompok individu yang dapat berupa disintegrasikelompok dalam suatu kesatuan.
b.Moblitas sosial horizontal
Mobilitas sosial horizontal merupakan peralihan individu atau kelompok sosial darisuatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sedrajat. Mobilitas sosial
 
horizontal tidak menimbulkan pengaruh sosial secara langsung terhadap status sosialseseorang dan skala wibawanya tidak berubah menjadi naik atau turun. Selain itudalam mobilitas sosial horizontal dapat pula terjadi perpindahan objek-objek sosiallainnya.
c.Mobilitas sosial lateral
Mobilitas lateral disebut juga mobilitas geografis. Mobilitas lateral mengacu padamobilitas perpindahan orang-orang, baik secara individual maupun kelompok, dariwilayah satu ke wilayang lain yang secara tidak langsung mengubah status sosialseseorang. Mobilitas lateral dibagi menjadi dua, yaitu:
Mobilitas permanen
, yaitu mobilitas yang bermaksud melakukan perpindahan permanen.
Mobilitas tidak permanen
, segala bentuk mobilitas individu atau kelompok yang bersifat sementara.Ciri khas dari mobilitas sosial lateral adalah adanya permobilitasan atau perpindahanindividu atau kelompok secara fisik dari satu tempat ke tempat lain.
d.Mobilitas struktural
Menurut Basis, mobilitas struktural adalh mobilitas yang disebabkan oleh inovasitekhnologi, urbanisasi, pertumbuhan ekonomi, peperangan dan kejadian-kejadianlainnya yang mengubah struktur dan jenis kelompok-kelompok dalam masyarakat.Jadi mobilitas struktural meliputi kesatuan yang luas dan kompleks. Mobilitasstrukstural juga dapat mengarah pada mobilitas ke atas dan dapat pula mobilitas ke bawah. Dengan kata lain, mobilitas struktural cenderung mengarah pada mobilitassosial vertikal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->