Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
90Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penilaian Portofolio

Penilaian Portofolio

Ratings: (0)|Views: 4,384 |Likes:
Published by denni

More info:

Published by: denni on Feb 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2013

pdf

text

original

 
PENILAIAN PORTOFOLIO
A.PENGERTIAN
Pembelajaran adalah suatu proses yang dinamis, berkembangsecara terus-menerus sesuai dengan pengalaman siswa. Semakin banyak  pengalaman yang dilakukan siswa, maka akan semakin kaya, luas, dansempurna pengetahuan mereka.Pengalaman yang diperoleh siswa dari hasil pemberitahuan oranglain seperti hasil dari penuturan guru, hanya akan mampir sesaat untuk diingat dan setelah itu dilupakan. Oleh sesbab itu membelajarkan siswatidak cukup hanya dengan memberitahukan akan tetapi mendorong siswauntuk melakukan suatu proses melalui berbagai aktivitas yang dapatmendukung terhadap pencapaian kompetensi.Setiap aktivitas termasuk berbagai karya yang dihasilkan siswa darisuatu proses pembelajaran, perlu dimonitor, diberi komentar, dikritik dandiberi catatan perbaikan oleh setiap guru secara terus-menerus. Melalui proses monitoring yang terus-menerus itulah pengalaman belajar siswaakan terus disempurnakan hingga pada akhirnya akan menghasilkansesuatu yang lebih baik dan sempurna.Bagaimana teknik melakukan monitoring terhadap hasil kerja dan pengalaman siswa itu? Inilah yang dimaksud dengan penilaian portofolio.Portofolio dapat diartikan sebagai kumpulan karya siswa yang disusunsecara sistematis dan terorganisir sebagai hasil dari usaha pembelajaranyang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Melalui hasil karyatersebut guru dapat melihat perkembangan kemampuan siswa baik dalamaspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan sebagai bahan penilaian.Hasil karya siswa itu kemudian dinamakan
evidence
. Melalui
evidence
inilah, siswa dapat mendemonstrasikan unjuk kerja kepada orang lain baik tentang pengetahuan, sikap maupun keterampilan sesuai dengantujuan pembelajaran.Penilaian portofolio memiliki beberapa manfaat diantaranya :1.Penilaian portofolio dapat memberikan gambaran yang utuhtentang perkembangan kemampuan siswa. Artinya melalui penilaian portofolio, informasi yang didapat bukan hanya sekedar  pengetahuan saja, akan tetapi juga sikap dan keterampilan.2.Penilaian portofolio merupakan penilaian yang autentik. Artinya penilaian portofolio memberikan gambaran nyata tentangkemampuan siswa yang sesungguhnya.3.Penilaian portofolio merupakan teknik penilaian yang dapatmendorong siswa pada pencapaian hasil yang lebih baik dan lebihsempurna, siswa dapat belajar optimal, tanpa merasa tertekan.
1
 
4.
Penilaian portofolio dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa,oleh sebab setiap respon siswa dalam proses pembelajarandiberikan
reinforcement 
, dengan demikian siswa akan segeramengetahui kekurangan dan kelebihan dari proses pembelajaranyang dilakukannya.5.Penilaian portofolio dapat mendorong para orang tua siswa untuaktif terlibat dalam proses pembelajaran siswa. Hal ini disebabkansetiap perkembangan siswa yang digambarkan melalui hasil kerjasiswa, orang tua dimintai komentarnya.
B.PERBEDAAN TES DENGAN PORTOFOLIO
Beberapa perbedaan pokok antara tes sebagai suatu teknik atau alat penilaian yang selama ini digunakan guru dengan penilaian portofoliosebagai salah satu inovasi dalam pelaksanaan penilaian, diantaranyayaitu:
NOTESNOPENILAIANPORTOFOLIO
1Tes biasanya dilakukan untumenilai kemampuanintelektual siswa melalui penguasaan materi pembelajaran1.Penilaian portofolio menilaiseluruh aspek perkembangansiswa baik intelektual, minatsikap, dan keterampilan.2.Guru berperan sangatdominan dalam proses penilaian sedangkan siswa berperan sebagai orang yangdinilai.2.Peserta didik terlibat dalam proses penilaian denganmenilai dirinya sendirimengenai kemampuan besertadalam perkembangannya.3.Kriteria penilaian ditentukansatu untuk semua.3.Kriteria penilaian ditentukansesuai dengan kriteria siswa.4.Keputusan berdasarkan penilaian ditentukan sendirioleh guru.4.Proses penilaian beserta pengambilan keputusandilakukan dengan carakolaboratif antara guru, siswa,dan orang tua.5.Penilaian dilakukan dengan berorientasi pada pencapaianhasil belajar.5.Penilaian berorientasi padakemajuan, usaha yangdilakukan siswa termasu pencapaian hasil belajar.6.Penilaian merupakan kegiatanyang terpisah dari proses pembelajaran.6.Penilaian merupakan bagianintegral dari proses pembelajaran.
2
 
7.Penilaian melalui tes biasanyadilakukan pada akhir program pembelajaran.7.Penilaian portofolio dilakukanselama proses pembelajaran berlangsung.
C.PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN PORTOFOLIO
Dalam proses pelaksanaan evaluasi dengan sistem penilaian portofolio terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan, diantaranyayaitu :
1.Saling Percaya
Penilaian portofolio adalah penilaian yang melibatkan siswa secaraaktif sebagai pihak yang dievaluasi. Antara guru sebagai evaluator dansiswa sebagai pihak yang dievaluasi harus saling percaya bahwa bukan semata-mata untuk menilai hasil pekerjaannya akan tetapisebagai upaya pemberian umpan balik untuk meningkatkan hasil belajar.
2.Keterbukaan
Portofolio adalahpenilaian yang dilaksanakan secara terbuka,artinya suru sebagai evaluator bukan hanya berperan sebagai orangyang memberi nilai atau kritik, akan tetapi siswa yang dievaluasi perlumemahami mengapa kritik itu muncul, oleh sebab itu guru harusterbuka melalui argumentasi yang tepat dalam setiap memberikan penilaian.
3.Kerahasiaan
Sebelum dilaksanakan pameran, kerahasiaan dokumen (
evidence
)setiap siswa perlu dijaga. Hal ini untuk menjaga perasaan siswa, jangan sampai ada kesan siswa merasa direndahkan dan dipermalukandidepan teman-temannya, apalagi kalau komentar itu menyangkutkemampuan dan pribadi siswa yang bersangkutan. Demikian jugakomentar untuk siswa yang dianggap baik, tidak perlu diinformasikan pada yang lain. Hal ini untuk menjaga agar siswa yang bersangkutantidak merasa paling hebat diantara teman-teman lainnya.
4.Milik Bersama
Guru dan peserta didik harus merasa bahwa
evidence
portofolioadalah milik bersama, oleh karena itu semua pihak harus menjaganyasecara baik. Hal ini akan mempermudah manakala siswa atau gurumemerlukannya.
3

Activity (90)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
koera_koera liked this
Khosyati Suwono liked this
Ruslan Muchtar liked this
Ting Ting Fiona liked this
Pusat Sumber Belajar added this note
trimakasih postingannya sangat bermanfaat bagi saya dan sahabat SRC
Harris Munadjat liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->