Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
74Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah makro

makalah makro

Ratings: (0)|Views: 3,148 |Likes:
Published by ngkonk

More info:

Published by: ngkonk on Feb 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/02/2013

pdf

text

original

 
 - 1 -
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini ketimpangan antara masyarakat kaya dan miskinsemakin jelas. Apalagi sekarang sudah banyak Negara yang meggunakanteknologi canggih dalam mengelola perekonomian Negaranya, hal itu tentu sajasangat mempengaruhi kehidupan masyarakat yang ada di dalam Negara tersebutmaupun yang berada di Negara lain. Bagi Negara yang memiliki pengetahuanyang tinggi tentu saja mudah dalam menemukan penemuan-penemuan baru yangbermanfaat, tetapi sebaliknya bagi Negara yang memiliki pengetahuan yangkurang tentu saja mereka akan tertinggal jauh oleh Negara yeng memilikipengetahuan yang tinggi. Hal itulah yang nantinya akan membedakanpembangunan dan pertumbuhan ekonomi di masing-masing Negara di sampingfactor-faktor lain yang mempengaruhi yang akan dibahas nanti.
B.
 
Perumusan Masalah
Dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi ini penulis membatasi hanyapada hubungan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi serta teori yangdapat digunakan dalam menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi suatu Negara
C.
 
Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah1.
 
Untuk mengetahui teori-teori yang digunakan dalam menentukanpertumbuhan ekonomi suatu Negara.2.
 
Untuk mengetahui hubungan antara pertumbuhan dan pembangunanekonomi3.
 
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teori Ekonomi Makro
 
 - 2 -
D.
 
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah pembaca dalam memahami yang akan disampaikanmaka penulisan makalah ini disusun berdsarkan bab-bab yang terdiri dari :BAB I : PENDAHULUANPada bab ini berisi tentang latar belakang, perumusanmasalah, tujuan penulisan dan sistematika penyusunan.BAB II : LANDASAN TEORIPenjelasan singkat tentang teori pertumbuhan ekonomihistoris, teori pertumbuhan ekonomi klasik dan teoripertumbuhan ekonomi neo-klasik.BAB III : PEMBAHASANMenjelaskan tentang pengertian pertumbuhan danpembangunan ekonomi, perbedaan pertumbuhan danpembangunan ekonomi, teori pertumbuhan ekonomi, factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunanekonomi di Negara berkembang, perbedaan pertumbuhanekonomi di Negara berkembang dan Negara maju, sertadampak pembangunan ekonomi terhadap pertumbuhanpenduduk dan lingkungan hidup.BAB IV : PENUTUPTerdiri dari kesimpulan dan saran dari penulis
 
 - 3 -
BAB IILANDASAN TEORI
A.
 
Teori Pertumbuhan Ekonomi Historis
1.
 
Frederich List (1789-1846)
Frederich list membagi tahap-tahap pertumbuhan ekonomi yang dialamisuatu Negara berdasarkan teknik produksi dan cara-cara masyarakat dalammemenuhi kebutuhan hidup. Ia membagi pertumbukan ekonomi menjadiempat tahap, yaitu :a.
 
Masa Berburu dan Mengembara. Pada masa ini manusia memenuhikebutuhan hidup sangat bergantung pada pemberian alam dan hanyabertujuan memenuhi kebutuhan sendiri.b.
 
Masa Berternak dan Bertani. Pada masa ini masyarakat sudah berfikiruntuk menetap dan memelihara hewan buruan yang masih hidup.c.
 
Masa Bertani dan Kerajinan. Pada masa ini masyarakat lebih senanghidup menetap dambil memelihara tanaman serta membuat kerajinan-kerajinan yang ada hubungannya dengan pertanian.d.
 
Masa Kerajinan, Industri dan Perdagangan. Pada masa ini kerajinanmerupakan kebutuhan untuk dijual ke pasar sehingga industriberkembang dari industri kerajinan tangan
(home industry)
menjadiindustri besar (pabrik-pabrik).
2.
 
Karl Bucher (1847-1930)
Ia membagi tahap-tahap pertumbuhan ekonomi masyarakatberdasarkan hubungan antara produsen dan konsumen di dalam memenuhikebutuhan hidup. Ia membagi pertumbuhan ekonomi menjadi :a.
 
Rumah Tangga Tertutup. Pada tahap ini masyarakat memenuhikebutuhan hidup dari hasil buatan kelompoknya sendiri, dan pertukaranantar kelompok belum terjadi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->