Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
167Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Sosiologi - Asimilasi Dan Akulturasi

Makalah Sosiologi - Asimilasi Dan Akulturasi

Ratings: (0)|Views: 16,699 |Likes:
Published by Arnadi

More info:

Published by: Arnadi on Feb 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.
1. Latar Belakang Masalah
Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, yangmasing-masing memiliki budaya yang berbeda-beda. Keberbedaan itulahyang menjadi ciri khas dan keunggulan Indonesia, Indonesia menjadi unikkarena budayanya yang beragam. Keanekaragaman itu ditambah lagi denganmasuknya unsur-unsur budaya asing ke Indonesia yang memperkayawarna kebudayaan Indonesia. Budaya asing itu sendiri masuk melaluibeberapa cara, diantaranya yaitu asimilasi dan akulturasi.
1.2. Perumusan Masalah
Makalah ini akan menjelaskan mengenai konsep-konsep asimilasi danakulturasi serta memberikan beberapa contoh hasil-hasil asimilasi danakulturasi dalam kebudayaan Indonesia.
1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dari makalah ini adalah untuk memberikan pemahamanlebih lanjut tentang cara penggabungan budaya, yaitu asimilasi dan akulturasisehingga pada akhirnya pembaca dapat mengerti dan membedakan jalur penyebaran budaya tersebut.
BAB IIPEMBAHASAN
 
2.
1. ASIMILASI
2.1.1.Pengertian Asimilasi
Asimilasi atau assimilation adalah proses sosial yang timbul bilaada golongan-golongan manusia dengan latar belakangan kebudayaanyang berbeda-beda yang saling bergaul langsung secara intensif untuk waktu yang lama, sehingga kebudayaan-kebudayaangolongan-golongan tadi masing-masing berubah sifatnya yang khas,dan unsur-unsurnya masing-masing berubah menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran. Secara singkat, asimilasi adalah pembauranduakebudayaanyang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaanasli sehingga membentuk kebudayaan baru.
2.1.2.Syarat Asimilasi
Asimilasi dapat terbentuk apabila terdapat tiga persyaratan berikut:
terdapat sejumlah kelompok yang memiliki kebudayaan berbeda.
terjadi pergaulan antarindividu atau kelompok secara intensif dandalamwaktuyang relatif lama.
Kebudayaan masing-masing kelompok tersebut saling berubah danmenyesuaikan diri.
1.1.1.Golongan yang Mengalami Proses Asimilasi
Golongan yang biasanya mengalami proses asimilasi adalahgolongan mayoritas dan beberapa golongan minoritas. Dalam hal ini,kebudayaan minoritaslah yang mengubah sifat khas dari unsur-unsur kebudayaannya, dengan tujuan menyesuaikan diri dengankebudayaan mayoritas, sehingga lambat laun kebudayaan minoritastersebut kehilangan kepribadian kebudayaannya dan masuk ke dalamkebudayaan mayoritas.Proses asimilasi timbul bila ada kelompok-kelompok manusiayang berbeda kebudayaannya, orang-perorangan sebagai wargakelompok tadi saling bergaul langsung dan intensif unntuk waktu yang
 
lama sehingga kebudayaan-kebudayaan dari kelompok-kelompokmanusia tersebut masing-masing berubah dan saling menyesuaikandiri.Proses asimiilasi ditandai dengan pengembangan sikap-sikapyang sama, walau kadangkala bersifat emosional dengan tujuan untukmencapai kesatuan, atau paling sedikit mencapai integrasi dalamorganisasi, pikiran dan tindakan.
1.1.2.Faktor-faktor yang Menghmbat Terjadinya Asimilasi
Asimilasi ini umumnya dapat terjadi apabila ada rasa toleransidan simpati dari individu-individu dalam suatu kebudayaan kepadakebudayaan lain. Sikap toleransi dan simpati pada kebudayaan inidapat terhalang oleh beberapa faktor, yaitu :a.Terisolasinya kehidupan suatu golongan tertentu dalammasyarakat (biasanya golongan minoritas).
b.
Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan yang dihadapidan sehubungan dengan itu sering kali menimbulkan. Factor ketiga.c.Perasaan takut terhadap kekuatan suatu kebudayaan yangdihadapi.
d.
Perasaan bahwa suatu kebudayaan golongan atau kelompoktertentu lebih tinggi daripada kebudayaan golongan ataukelompok lainnya.e.Dalam batas-batas tertentu, perbedaan warna kulit atauperbedaan cirri-ciri badaniah dapat pula menjadi salah satupenghalang terjadinya asimilasi.
f.
In-group feeling 
yang kuat dapat pula menjadi penghalangberlangsungnya asimilasi.g.Gangguan dari golongan yang berkuasa terhadap golonganminoritas lain yang dapat mengganggu kelancaran prosesasimilasi adalah apabila golongan minoritas mengalamigangguan-gangguan dari golongan yang berkuasa.

Activity (167)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Varli Arsol liked this
Rifqi Hanif added this note
like
Nela Lutfiana liked this
Aqoqis Oqwa Reztiarti added this note
like ..

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->