Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
157Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permasalahan Lingkungan Di Indonesia

Permasalahan Lingkungan Di Indonesia

Ratings: (0)|Views: 17,117 |Likes:
Published by Nadia Nadhilah
Makalah ini berisi permasalahan-permasalahan lingkungan yang sering terjadi di Indonesia. Mulai dari Ketidak disiplinan dalam membuang sampah, pencemaran baik tanah, air, maupun udara, penebangan hutan, hingga akhirnya mengakibatkan global warming.
disertai cover, dan dibagi menjadi beberapa bab dan bagian.
semoga contoh makalah tim kami dapat bermfanaat.
subscribe me please!
Makalah ini berisi permasalahan-permasalahan lingkungan yang sering terjadi di Indonesia. Mulai dari Ketidak disiplinan dalam membuang sampah, pencemaran baik tanah, air, maupun udara, penebangan hutan, hingga akhirnya mengakibatkan global warming.
disertai cover, dan dibagi menjadi beberapa bab dan bagian.
semoga contoh makalah tim kami dapat bermfanaat.
subscribe me please!

More info:

Published by: Nadia Nadhilah on Feb 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

 
PERMASALAHAN LINGKUNGANDI INDONESIA
Disusun oleh :
Irma PujianiLuthfie Fadila RamadhanNadia Utama NadhilahNindya Puspita Ayu
Pemerintah Kabupaten SumedangDinas PendidikanSMP Negeri 2 Sumedang
 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang :
Kita semua tahu Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber dayaalamnya. Sumber daya alam di Indonesia adalah segala potensi alam yang dapatdikembangkan untuk proses produksi. Sumber daya alam ialah semua kekayaanalam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapatdimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Jumlah sumber daya alamsangat banyak tersebut tersebar di berbagai daerah di Indonesia, selain itukualitasnya pun sangat bagus. Salah satu kekayaan tersebut, Indonesia memilikilingkungan alam yang indah dan segar karena berada di kawasan yang umurnyamasih muda. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan dan kesegaran yang dimilikilingkungan Indonesia banyak yang digunakan sesuai aturan yang berlaku tanpamemperhatikan dampak jangka panjang yang dihasilkan dari pengolahanlingkungan tersebut. Salah satu contoh positif diantaranya yaitu adanya pembangunan industri yang telah menciptakan lapangan kerja baru bagimasyarakat sekitar. Namun keberhasilan itu seringkali diikuti oleh dampak negatif yang merugikan masyarakat dan lingkungan.Berdasarkan fakta tersebut, sangat diperlukan pengkajian khusus yang membahasmengenai lingkungan beserta dampaknya terhadap lingkungan di sekitarnya.Masalah kerusakan lingkungan disebabkan oleh tangan-tangan manusia itusendiri. Untuk menjaga kelestarian lingkungan, harus ada penegakan hukumlingkungan. Selain itu, tak kalah penting adalah menumbuhkan kesadaran yangtinggi pada masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan. Setidaknya wawasanmengenai lingkungan, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) akan mengarah pada pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup. Lingkungan hidup adalahkesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup,termasuk manusia dan perilakunya,yang mempengaruhi kelangsungan
 
 perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Padadasarnya, adanya perubahan kondisi lingkungan akibat kerusakan dan pencemaran lingkungan akan mempengaruhi ekosistem di alam. Bentuk  perusakan lingkungan - seperti pencemaran udara, pencemaran air, danmenurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, yakni banjir, longsor,kebakaran hutan, krisis air bersih - bisa berdampak buruk pada lingkungan,khususnya bagi kesehatan manusia.
1.2Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan pembuatan makalah ini antara lain:1.Sebagai pengetahuan tambahan mengenai lingkungan.2.Untuk membuka mata kita mengenai pentingnya memeliharaan lingkungan.
3.
Solusi untuk menanggulangi agar kerusakan lingkungan tidak berlanjut.
BAB II

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->