Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
48Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Suku Minangkabau Atau Minang Adalah Suku Yang Berasal Dari Provinsi Sumatera Barat

Suku Minangkabau Atau Minang Adalah Suku Yang Berasal Dari Provinsi Sumatera Barat

Ratings: (0)|Views: 8,992 |Likes:
Published by faerish

More info:

Published by: faerish on Feb 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2013

pdf

text

original

 
Suku Minangkabau
atau
Minang
adalah suku yang berasal dari ProvinsiSumatera Barat.Suku ini terkenal karenaadatnya yang matrilineal, walau orang-orang Minang sangat kuat memeluk agamaIslam.
 Adat basandi syara', syara' basandi Kitabullah
(Adat bersendikanhukum, hukum bersendikan Al Qur'an) merupakan cerminanAdat Minangkabauyang berlandaskan Islam.Suku Minang terutama menonjol dalam bidang pendidikan dan perdagangan. Hampir separuh jumlah keseluruhan anggota suku ini berada dalam perantauan. Minang perantauan padaumumnya bermukim di kota-kota besar, sepertiJakarta, Bandung, Pekanbaru, Medan, Batam, Palembang,danSurabaya.Untuk di luar wilayah Indonesia, suku Minang banyak terdapat di Malaysia(terutama Negeri Sembilan) danSingapura. Di seluruhIndonesiadan bahkan di mancanegara, masakan khas suku ini yang populer dengan sebutanmasakan Padang,  sangatlah digemari.Minangkabau merupakan tempat berlangsungnya perang Paderi yang terjadi pada tahun 1804 - 1837. Kekalahan dalam perang tersebut menyebabkan suku ini berada dibawah kekuasaan pemerintah kolonialHindia-Belanda sejak tahun 1837 - 1942.
Daftar isi
o
o
o
o
[sunting] Etimologi
 Nama Minangkabau berasal dari dua kata,
minang 
(menang) dan
kabau
(kerbau). Nama itu berasal dari sebuah legenda. Konon pada abad ke-14, kerajaan Majapahitmelakukan ekspedisi ke Minangkabau. Untuk mencegah pertempuran, masyarakat lokal mengusulkanuntuk mengadu kerbau Minang dengan kerbau Jawa. Pasukan Majapahit menyetujui usultersebut dan menyediakan seekor kerbau yang besar dan agresif. Sedangkan masyarakatMinang menyediakan seekor anak kerbau yang lapar dengan diberikan pisau pada tanduknya.Dalam pertempuran, anak kerbau itu mencari kerbauJawadan langsung mencabik-cabik 
 
 perutnya, karena menyangka kerbau tersebut adalah induknya yang hendak menyusui.Kecemerlangan masyarakat Minang tersebutlah yang menjadi inspirasi nama Minangkabau. Namun dari beberapa sumber lain menyebutkan bahwa nama Minangkabau sudah ada jauhsebelum peristiwa adu kerbau itu terjadi, dimana istilah yang lebih tepat sebelumnya adalah
Minangkabwa
,
Minangakamwa
,
Minangatamwan
dan
 Phinangkabhu
. Istilah Minangakamwaatau Minangkamba berarti Minang (sungai) Kembar yang merujuk pada duasungai Kampar yaitu Kampar Kiri dan Kampar Kanan. Sedangkan istilah Minangatamwan yang merujuk kepada sungai Kampar memang disebutkan dalam  prasasti Kedukan Bukit dimana disitu disebutkan bahwa pendiriKerajaan Sriwijayayang bernama Dapunta Hyang melakukanmigrasi massal dari hulu sungai Kampar (Minangatamwan) yang terletak di sekitar daerahLima Puluh Kota, Sumatera Barat.
[sunting] Asal Usul
(
)Suku Minang merupakan bagian dari masyarakat
 Deutro Melayu
(Melayu Muda) yangmelakukan migrasi dari daratan China Selatan ke pulau Sumatera sekitar 2.500-2.000 tahunyang lalu. Diperkirakan kelompok masyarakat ini masuk dari arah timur pulau Sumatera,menyusuri aliran sungai Kampar atau Minangkamwa (Minangatamwan) hingga tiba didataran tinggi
 Luhak nan Tigo
(
darek 
). Kemudian dariLuhak nan Tigoinilah suku Minangmenyebar ke daerah pesisir (
 pasisie
) di pantai barat pulau Sumatera, yang terbentang dariBarusdi utara hinggaKerincidi selatan. Selain berasal dari
 Luhak nan Tigo
, masyarakat pesisir juga banyak yang berasal dariIndiaSelatan danPersia. Dimana migrasi masyarakat tersebut terjadi ketika pantai barat Sumatera menjadi pelabuhan alternatif perdagangan selain Malaka, ketika kerajaan tersebut jatuh ke tanganPortugis.
[sunting] Sosial Kemasyarakatan
Daerah Minangkabau terdiri atas banyak nagari.Nagari ini merupakan daerah otonom dengan kekuasaan tertinggi di Minangkabau. Tidak ada kekuasaan sosial dan politik lainnya yangdapat mencampuriadatdi sebuah nagari. Nagari yang berbeda akan mungkin sekalimempunyai tipikaladat yang berbeda. Tiap nagari dipimpin oleh sebuah dewan yang terdiri dari pemimpin suku dari semua suku yang ada di nagari tersebut. Dewan ini disebut denganKerapatan Adat Nagari (KAN). Dari hasil musyawarah dan mufakat dalam dewan inilahsebuah keputusan dan peraturan yang mengikat untuk nagari itu dihasilkan.
[sunting] Persukuan (Marga) dalam kelompok EtnisMinangkabau
Seperti etnis lainnya, dalametnisMinangkabau terdapat banyak klanyang disebut dengan istilah
 suku
. Di masa awal pembentukan budaya Minangkabau oleh Datuk Ketumanggungandan Datuk Perpatih Nan Sebatang, hanya ada empat
 suku induk 
dari duakelarasan.Suku- suku tersebut adalah:
 
Suku CaniagoSekarang suku-suku dalam Minangkabau berkembang terus dan sudah mencapai ratusansuku, yang terkadang sudah sulit untuk mencari hubungannya dengan suku induk. Di antarasuku-suku tersebut adalah:
Suku SingkuangSedangkan orang Minang di Negeri Sembilan, Malaysia, membentuk 13 suku baru yang berbeda dengan suku asalnya di Minangkabau, yaitu:
Suku Biduanda (Dondo)
Suku Batu Hampar (Tompar)
Suku Paya Kumbuh (Payo Kumboh)
Suku Mungkal
Suku Tiga Nenek 
Suku Seri Melenggang (Somolenggang)
Suku Seri Lemak (Solomak)
Suku Batu Belang
Suku Tanah Datar 
Suku Anak Acheh
Suku Anak Melaka
Suku Tiga Batu
[sunting] Minangkabau Perantauan
[sunting] Jumlah Perantau

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->