Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
72Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1. mikroskop 1-17

1. mikroskop 1-17

Ratings: (0)|Views: 4,398 |Likes:
Published by Rezha Fahlevi
praktikim 1
praktikim 1

More info:

Published by: Rezha Fahlevi on Feb 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2013

pdf

text

original

 
PRAKTIKUM I
Topik: Pengenalan mikroskopTujuan: Untuk mengenali bagian-bagian mikroskop, memahamikegunaannya dan terampil menggunakannyaHari / Tanggal: Rabu, 7 Oktober 2009Tempat: Laboratorium Biologi FKIP UNLAM Banjarmasin
I.ALAT DAN BAHAN
1.Mokroskop cahaya monokuler binokuler.2.Kaca benda dan kaca penutup, pinset, pipet tetes, kuas, air, preparat,dan lain-lain.
II.CARA KERJA1.Menyiapkan alat dan bahan2.Mengamati mikroskop dan bagian-bagiannya3.Mencari Bidang Sediaan
3.1.
Menaikkan tabung dengan menggunakan makrometer (pemutar kasar), sehingga lensa obyektif tidak membentur meja / panggung bilarevolver diputar-putar.
3.2.
Menempatkan lensa obyektif pembesaran lemah (4X atau 10X)dengan memutar revolver sampai berbunyi
klik 
(posisinya satu porosdengan lensa okuler ).3.3.Membuka diafragma sebesar-besarnya dengan menarik tangkainyakebelakang.1
 
3.4.Mengatur letak cermin sedemikian rupa ke arah cahaya, sehinggaterlihat lingkaran (lapangan pandang) yang sangat terang di dalamlensa okuler.3.5.Mikroskop siap digunakan.
4.Mencari Bayangan Sediaan
4.1.
Menaikkan tabung mikroskop dengan menggunakan makrometer,sehingga jarak antara lensa obyektif dengan permukaan mejakurang lebih 3 cm.
4.2.
Meletakkan sediaan yang akan diamati di tengah-tengah lubangmeja benda, menggunakan penjepit sediaan agar tidak tergeser.
4.3.
Memutar makrometer ke belakang sampai penuh (hati-hati), sambilmenempatkan noda sediaan tepat di bawah lensa obyektif sehingga jarak antara ujung lensa obyektif dengan permukaan atas kaca penutup hanya kurang lebih 1 mm.4.4.Membidikkan mata ke lensa okuler sambil memutar makrometer kedepan searah jarum jam secara hati-hati sampai tampak bayanganyang jelas.
4.5.
Untuk mendapatkan pembesaran kuat, putar revolver dan lensaobyektif yang sesuai. Kemudian mainkan fungsi mikrometer secara perlahan dan hati-hati. (ingat apabila menggunakan lensa obyektif 100X, maka di atas sediaan perlu ditetesi minyak imersi terlebihdahulu ).
5.Memelihara Mikroskop
5.1.
Mikroskop harus selalu diangkat dan dibawa dalam posisi tegak,dengan satu tangan memegang erat pada lengan mikroskop dantangan yang lain menyangga pada dasar atau kakinya.2
 
5.2.
Apabila tabung perlu dicondongkan posisinya, maka cukupdilakukan dengan memutar engsel penggerak sebagai titik putar.Setelah selesai harus ditegakkan kembali.
5.3.
Mengusahakan agar lensa obyektif lemah (4X atau 10X) beradasatu poros di bawah lensa okuler. Mengatur kedudukan tabungsedemikian rupa sehingga ujung lensa obyektif lemah berjarakurang lebih 1 cm dari atas meja benda.
5.4.
Mengatur kedudukan penjepit sediaan dengan rapi dan cermin pada posisi tegak agar debu tidak banyak menempel.
5.5.
Apabila pengamatan dengan menggunakan minyak imersi telah berakhir, membersihkan sisa minyak dengan cairan Xilol sesegeramungkin, dan mengeringkannya dengan kain lap yang bersih.
5.6.
Selanjutnya setiap akan menggunakan mikroskop, membersihkanlensa atau bagian lainnya dengan kain lap bersih dari bahan yanghalus (flanel).
6.Pengukuran Mikroskopis / Mikromateri
Untuk mengetahui ukuran obyek yang diamati dengan mikroskop dapatdilakukan dengan menggunakan alat bantu yang disebut
MikrometerObyektif 
dan
Mikrometer Okuler
(penjelasannya diberikan kemudian).
7.Menggambar Hasil
Hasil pengamatan dengan mikroskop dapat dituangkan dalam bentugambar yang dilakukan dengan alat fotografi atau tangan (manual).Gambar yang baik harus dapat menyampaikan ide yang jelas dari suatustruktur yang jelas dari suatu struktur yang nyata sebagaimana tampak hubungan antara bagian-bagian yang diamati. Adapun ciri-ciri gambar yang baik adalah : jelas, mempunyai keterangan yang lengkap, rapi dancermat. Gambar diatur sedemikian rupa, di bagian tengah halaman buku,3

Activity (72)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aloysius Davin liked this
Jusdi Smile added this note
tolong berikan gambar mikroskp polarisasi
Nydhar Pohan liked this
Nia Yustina liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->