Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
manajemen strategik

manajemen strategik

Ratings: (0)|Views: 2,440 |Likes:
Published by dokt@f@ny_51
makalah manajemen strategik
makalah manajemen strategik

More info:

Published by: dokt@f@ny_51 on Feb 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

 
BAB IKONSEP-KONSEP DASAR MANAJEMENSTRATEGIK 1.1Pendahuluan
Beberapa tahun ini perkembangan dunia bisnis sangat cepat danmembuat pihak-pihak yang terlibat didalamnya harus bekerja kerasagar keberadaannya tetap diakui oleh pelanggan mereka. Hal initerjadi karena pasta gigi yang ada ditujukan untuk semua orang(semua segmen pasar). Saat ini kita membutuhkan pasta gigi, akanterdapat banyak pilihan yang di tanyakan.Berpikir strategi juga sangat diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah strategik yang timbul seiring dengan berkembangnyaperusahaan/organisasi. Karakteristik dari masalah-masalah strategikadalah sebagai berikut:1.Berorentasi pada masa depan.2.Biasanya berhubungan dengan unit bisnis yang sangatkomplek.3.Memerlukan perhatian dari manajemen puncak.4.Akan mempegaruhi kemakmuran jangka panjang dariperusahaan.5.Melibatkan pengalokasian sejumlah besar sumber-sumber dayaperusahaan.
1.2Bentuk dan proses berpikir strategi
Kenichi Ohmae membandingkan tiga macam proses berpikir yaituberpikir secara mekanik, intuisi, dan strategik. Dari ketiganya dapatmenyimpulkan bahwa berpikir secara strategik akan menghasilkanpenyelesaian yang lebih kreatif dan berbeda bentuknya dari padahanya berpikir mekanik dan intuisi. Hal ini akan menguntungkansipembuat keputusan.1.identifikasi masalah.
 
 Tahap ini adalah berusaha untuk mengidentifikasi masalah-masalah strategik yang muncul dengan cara melihat gejala-gejalayang mengikutinya.2.pengelompokan masalah.Sangat sering dari tahap di atas akan muncul beberapa masalahyang beraneka ragam.3.proses abstraksi Tahap ini memerlukan ketelitian dan kesabaran karena dari faktor-faktor itu akan disusun cara/metode pemecahanya.4.Penentuan metode/ cara pemecahan.Metode penyelesaian ini haruslah kongkret dan lebih spesifik.
Perencanaan untuk Implementasi.
 Tahap ini meerup[akan langkah penting yang harus dilakukanseseorang dalam rang penempatan metode/ cara pemecahan padatahap keempat.1.3.
Sejarah Manajemen Strategik 
Perkembangan menejemen strategik di negara maju melaluiempat tahapan yaitu:1.anggaran dan kontrol keuangan2.perencanaan jangka panjang3.perencanaan strategik perusahaan4.manajemen strategik
Anggaran dan Kontrol Keuangan
Untuk mengontrol kinerja dari perusahaan, maka di pakailahsuatu analisis keuangan (financial controlling) sehinggamengakibatkan kinerja yang berhasil baik akan di nilai dengan ukuranpenilaian “meet buged”.
 
Perencanaan Jangka Panjang
Pada tahap perkembangan ini mulai banyak digunakan konsep-konsep dan model-model kuantitatif, misalnya “capital budgedting”dengan teknik analiisis “pay back” dan “disconted cash flow”.
Perencanaan Strategik Perusahaan
 Tahap ini mereka lebih memutuskan pada soal pemasaran yangberorentasi pada pemenuhan keputusaan konsumen denganmemperhitungkan pada persaingan.
Manajemen Strategik 
Kelemahan lainnya adalah karena perencanaan strategikbiasanya bersifat ritual dan mekanisme sehingga menjadi sesuatuyang bersifat rutin dan sering berpegangan pada asumsi-asumsi yangtidak realistis. Hal ini disebabkan karena tidak termonitornyapelaksanaannya dan pengendaliaan dari rencana.Manajemen Strategik juga mencangkup berbagai trend baruyang terjadi dalam persaingan bisnis, seperti:1.peralihan dari perencanaan menjadi keunggulan bersaing.Pembuatan strategi dalam manajemen strategik lebihdidasarkan terutama pada konsep keunggulan bersaing, yangmemiliki lima karakteristik, yaitu:a.kompetensi khususkeunggulan bersaing merupakan hal khusus yang memilikiatau dilakukan perusahaan yang memberinya kekuatan untukmenghadapi pesaing.b.menciptakan persaingan tidak sempurnac.berkesinambungand.kesesuaian dengan limgkungan eksternale.keuntungan yang lebih tinggi dari pada keuntungan rata-ratadalam industri.2.peralihan dari elistism menjadi egalitarianism

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
AmiePoenya liked this
ulquorrrawyvern liked this
Dede Rusnadi liked this
Zendri Zal liked this
David Sumarno liked this
Basri Bas liked this
Opa Voice liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->