Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
197Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dasar-Dasar Pemrograman Borland Delphi 6.0

Dasar-Dasar Pemrograman Borland Delphi 6.0

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 7,474 |Likes:
Published by Ismail Adha Kesuma

More info:

Published by: Ismail Adha Kesuma on Feb 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/21/2013

pdf

text

original

 
 
BAB IMENGENAL DAN MENCOBA DELPHI
Mengenal Delphi
Borland Delphi merupakan program aplikasi visual dan database yang berbasis Object Pascaldari Borland. Delphi mempunyai kemampuan untuk membangun aplikasi yang multi-threaded dan mendukung pembuatan, pemakaian, serta pengontrolan thread.
Mengenal IDE Delphi
IDE pada Delphi sebagai interface dalam Delphi mempunyai tujuh bagian utama sepertiyang terlihat pada gambar diatas, yaitu menu bars, tool bars, form designer, componentpalette, object inspector, code editor, dan object treeview. Tetapi sebenarnya masih adalagibagian-bagian IDE yang lain yang tidak terlihat pada tampilan awal ini, seperti data moduledan yang lainnya. Jika anda masuk ke dalam Delphi, akan ditampilkan layar sebagai berikut:
Menu Bar
 
Pada dasarnya menu yang ada di dalam Delphi mempunyai fungsi sebagaimana menu yang ada pada aplikasi windows yang lainnya. Secara detail menu tersebut adalah menu File, Edit,Search, View, Project, Run, Component, Database, Tools, Window, dan Help, yang masing-masing menu ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda.
 Modul Pemdograman Visual dengan DelphiOleh: Bambang Robi’in, ST 
1
 
 
Form Desaigner
 
Form desaigner digunakan olehpemrogram untuk mendesain tampilanatau interface dari programnya. Dimana Anda akan meletakan komponen-komponen dari Component Palette,yang akan digunakan dalam program Anda.
Code Editor
Melalui window ini Anda akan menuliskankode-kode dari program Anda. Bahasa yang digunakan adalah bahasa objek pascal. Jika Anda telah mempelajari pemrograman yang menggunakan bahasa pemrograman pascalmaka Anda tidak akan asing lagi dengan kode-kode yang ada disini. Yang perlu Anda ketahuidalam window ini Anda tidak perlumenuliskan semua kode sumber karenaDelphi akan menuliskan kerangkanya untuk  Anda, jadi Anda akan menuliskan bagian-bagian terpenting saja dari program Anda.
 Tool bars
 Toolbars adalah kumpulan tombol-tombol sebagaipengganti beberapa command yang ada pada menu.Dengan adanya toolbars ini maka Anda dapatmenjalankan suatu command dengan cepat tanpa harus melaluli pemilihan menu.
 Modul Pemdograman Visual dengan DelphiOleh: Bambang Robi’in, ST 
2
 
 
Object Inspector
 
Pada bagian ini ada dua halaman tab yang dapat Anda lihat, tab yang pertama adalah tab properties dan yang kedua adalah tab event.Dengan tab properties Anda dapat merubah suatu karakteristik darisuatu komponen, misalnya nama komponen, warna, caption danlainya. Sedangkan tab event digunakan untuk menyisipkan kodeuntuk menangani pada kejadian tertentu misalnya onclick, onclosedan lainnya.
Object Treeview 
 
Object treeview merupakan suatu bagian yang berisikomponan-komponan yang Anda gunakan dalam membuatprogram. Semua daftar komponen yang telah Anda buatakan ada didalamnya. Dalam objek treeview ini daftarkomponen disajikan dalam suatu diagram yang sesuaidengan diagram pohon. Dalam pemilihan objek yang telah Anda masukan kedalam program, Anda dapat memilihnyamelalui fasilitas ini.
Component Palette
 
Komponen pallete berisi daftar komponen-komponen yang disediakan oleh Delphi.komponen-komponen ini disajikan dalam halam-halaman tab yang dikelompokanberdasarkan jenis-jenisnya. Setiap komponen tentu saja memiliki fungsi masing-masing danmempunyai karakterisitik yang berbeda-beda.
Mencoba Delphi
1.
 
 Jalankan Delphi2.
 
Setelah masuk ke Delphi, anda akan melihat sebuah form kosong yang berjudul
FORM1.
Jika tidak ada, pilih menu
File|New Application
.
 Modul Pemdograman Visual dengan DelphiOleh: Bambang Robi’in, ST 
3

Activity (197)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Gigih Fauzan liked this
kensihimurs liked this
jons_ers liked this
Encio Dacosta liked this
yusupd liked this
akhmad113 liked this
Sae Bae Lah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->