Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Generator Listrik Paling Sederhana

Generator Listrik Paling Sederhana

Ratings: (0)|Views: 2,458 |Likes:
Published by rudy_cool_man

More info:

Published by: rudy_cool_man on Feb 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

 
BAB 3
Generator Listrik Paling Sederhana
Kita tahu, hidup sehari-hari ini dangat memerlukan adanyalistrik,karena listrik adalah bagian dari hidup kita. Mulai dari belajar,memasak, mandi, hingga mencuci. Karena itu kita harus ramah terhadapbenda-benda yang sangat memerlukan listrik tersebut.Kita tahu, bahwa menurut hukum Kekekalan Energi,kita tidak dapatmenciptakan energi, kita hanya bisa mengubahnya, misalnya dari energikimia menjadi energi kinetik. Listrik merupakan sebuah energi, dan energitersebut suatu saat dapat berkurang, dalam arti berubah menjadi energilain, sementara energi alain lambat berubah menjadi energi lisktrik.Di sini, kami akan membuat Generator yang ukurannya relatif kecilyang dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik ddenganmenggunakan alat-alat dan bahan yang sederhana.
Generator Kardus
Generator ini tidak menggunakan Komutator (yaitu semacam cincinyang dibagi dua yang menjadikan arus keluarannya DC), maka outputnyaadalah AC yang langsung dihubungkan ke lampu. Lampu tidak akan putusselama tegangannya sesuai.
 
Bahan-bahan:
4 buah magnet batang (0,5cm x 2cm x 5cm) atau magnet bentuk lainasal jangan magnet bekas speaker;100 gr / 1ons kawat tembaga ukuran 0.1mm (ada juga yg lebih tipislagi);1 buah lampu kecil,yang bervoltase 1.5V/25mA atau bisa juga lampuLED;1 buah kardus bekas (8cm x 30cm);1 buah paku, minimal 8cm panjangnya.
Berikut alat-alatnya:
Pensil untuk membuat pola pada kardus;Penggaris untuk membuat pola pada kardus;Gunting untuk membuat box generator;Ampelas untuk membersihkan lapisan email kawat;Selotip untuk membungkus gulungan kawat;Optional: bor listrik kecil untuk memutar rotornya
Peringatan!
 Jauhkan magnet dari semua peralatan elektronik (komputer,handphone, TV, vcd, piringan cakram, kartu kredit, dsb) karena akanmerusak.
 
Pola box generator:
Buatlah pola garis seperti dibawah ini pada kardus. Tentukan titiktengahnya (utk lubang paku).usahakan diameter lubang sedikit lebih lebardari diameter paku, agar paku dapat bebas bergerak.Catatan: Bila boxnya dari triplex, jangan membuatnya lebih besar darigambar diatas. Gulungan kawat harus sedekat mungkin dengan putaranmagnet agar hasilnya maximal. Jadi buatlah sesuai panjang dan lebarmagnet.Selanjutnya lipatlah menurut garis sehingga berbentuk kotak, danrekatkan dengan selotip. Garis tengahnya harus berada disisi luar agarmudah ditusuk dengan paku. Tusuklah paku di garis tengah kotak hingga tembus kebelakang. Jangan sampai lubangnya kebesaran, asal pakunya dapat bebas berputarsudah cukup. Cabut kembali pakunya.
Menggulung kawat tembaga:

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nia SyamNi liked this
Umam Skr liked this
Nhunund Azizah liked this
Bhima Werkudara liked this
Dewa Ade Santika liked this
Ladya Gaboy liked this
Rizq Putra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->