Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
FILSAFAT ILMU

FILSAFAT ILMU

Ratings: (0)|Views: 2,955|Likes:
Published by fadelput

More info:

Published by: fadelput on Feb 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2013

pdf

text

original

 
 1
I. PENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Ilmu bukanlah pengetahuan yang datang begitu saja seperti barangyang sudah jadi dan turun dari langit. Akan tetapi ilmu merupakan suatucara berfikir yang rumit dan mendalam tentang suatu objek tertentu danmenggunakan metode tertentu pula sehingga menghasilkan suatukesimpulan berupa pengetahuan yang handal, dalam arti bahwa sistem danstruktur ilmu tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka.Dengan demikian ilmu merupakan hasil karya seseorang yangdikomunikasikan secara terbuka oleh masyarakat. Sekiranya hasil karyaitu memenuhi syarat-syarat keilmuan sehingga bisa diterima sebagaibagian dari kumpulan ilmu pengetahuan dan digunakan oleh masyarakatumum.Oleh karenanya sangat penting bagi seorang ilmuan ketika akanmenciptakan suatu pengetahuan maka pengetahuan itu harus memilikikarakteristik kritis, rasional, logis, objektif, dan terbuka (Jujun, 1978).Selain itu juga seorang ilmuan harus memperhatikan masalah kegunaanilmu yang ia ciptakan bagi kehidupan manusia. Jadi seorang ilmuan tidak bisa hanya sekedar menciptakan sebuah ilmu pengetahuan, akan tetapidapatkah ilmu yang kokoh, kuat, dan mendasar itu menjadi penyelamatbagi manusia bukan sebaliknya. Disini letak tanggung jawab seorangilmuan, moral dan akhlak sangat diperlukan. Oleh karenanya penting bagiseorang ilmuan memiliki sikap ilmiah.
B.
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa yang dimaksud dengan aktivitas dan sikap ilmiah?2.
 
Apa saja macam-macam ilmu filsafat sebagai usaha ilmiah?3.
 
Bagaimana seorang ilmuan dalam beraktivitas dan bersikap ilmiah?
 
 24.
 
Bagaiman seorang ilmuan harus bertanggung jawab yang merupakantanggung jawab soaial?
II. PEMBAHASANA.
 
Pengertian Aktivitas dan Sikap Ilmiah
Aktivitas dan sikap ilmiah adalah suatu kegiatan yang bersifatilmiah. Yang dimaksud disini adalah tentang bagaimana seorang ilmuanharus beraktivitas dan bersikap secara ilmiah, yaitu suatu sikap yangmenunjukkan bahwa ia seorang ilmuan. Dimana segala sesuatu yangberhubungan dengan keilmuan harus ia teliti dengan menggunakanmetode-metode ilmiah dan bukan berdasarkan asumsi-asumsi.Misalnya ketika ada sebuah kejadian pesawat jatuh, maka sebagaiseorang ilmuan tidak bisa hanya menggunakan dugaan-dugaan untuk mencari tahu sebab jatuhnya pesawat tersebut. Melainkan ia harusmelakukan penelitian di lapangan untuk mengetahui penyebab yangsebenarnya, dan tentunya dengan menggunakan metode-metode ilmiah.
B. Ilmu Filsafat Sebagai Usaha Ilmiah
Ilmu filsafat sebagai usaha ilmiah dibagi menjadi beberapa cabangmenurut lingkup bahasannya masing-masing, yaitu:1.
 
filsafat teoritis,filsafat ini mempertanyakan segala sesuatu yang ada dan berusahamencari jawaban tentang segala sesuatu, misalnya tentang manusia,alam,tentang pengetahuan, tentang apa yang kita ketahui, dan lainsebagainya. Filsafat teoritis masih berkaitan dengan hal-hal yangbersifat praktis, karena pemahaman yang dicarinya adalah untuk menggerakkan kehidupan.2.
 
filsafat praktis,
 
 3filsafat ini membahas tentang bagaimana manusia bersikap terhadapapa yang ada. Filsafat praktis merupakan sebuah tindakan seorangilmuan untuk mencari kebenaran dari ilmu pengetahuan. Filsafatpraktis tidak dapat dipisahkan dari filsafat teoritis, karena kedua hal inisaling berhubungan. Seorang ilmuan ketika akan mengadakanpenelitian dilapangan maka harus mengetahui teori-teorinya terlebihdahulu. Jadi bisa dikatakan bahwa filsafat teoritis merupakan bekaluntuk menempuh sebuah perjalanan mencari keilmuan yang masihberupa teori-teori. Sedangkan filsafat praktis adalah jalan yangditempuh untuk mencari kebenaran dari keilmuan tersebut.
C.
 
Aktivitas dan Sikap Ilmiah
Seperti telah sedikit dijelaskan pada pengertian diatas, bahwaaktivitas dan sikap ilmiah merupakan kegiatan yang dilakukan olehseorang ilmuan yang bisa berupa sebuah penelitian dalam rangka mencarikebenaran dari suatu permasalahan. Dimana hasil dari penelitian tersebutdapat dipertanggungjawabkan dan diuji kebenarannya.Sikap ilmiah harus dimiliki oleh setiap ilmuan. Hal ini disebabkankarena sikap ilmiah merupakan suatu sikap yang diarahkan untuk mencapai suatu pengetahuan ilmiah yang bersifat objektif. Sikap ilmiahbagi seorang ilmuan bukanlah membahas tentang tujuan suatu ilmu,melainkan bagaimana cara untuk mencapai suatu ilmu yang bebas dariprasangka pribadi dan dapat dipertanggungjawabkan secara sosial, sertadapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan.
1
 Adapun sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang ilmuanantara lain :1.
 
tidak ada rasa pamrih, yaitu suatu sikap yang dimaksudkan untuk mencapai suatu pengetahuan ilmiah yang objektif dengan
1
Tim Dosen Filsafat UGM,
Filsafat Ilmu
, (Yogyakarta : Liberty Yogyakarta, 2003), hlm.180.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->