Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
130Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN anak

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN anak

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 27,315|Likes:
Published by fadelput

More info:

Published by: fadelput on Feb 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAKPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang Masalah
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan dalam wujud yang palingsempurna, Karena manusia dikaruniai dengan akal pikiran dan hawa nafsu,berbeda halnya dengan binatang yang hanya dikaruniai hawa nafsu. Denganakal pikirannya, manusia dapat mengontrol hawa nafsu yang ia miliki dandapat menggunakannya untuk memikirkan banyak hal baik tentang agamanya,tentang alam, tentang kehidupan manusia, hingga manusia mampumenciptakan teknologi yang canggih. Semua itu dapat dijadikan sarana untuk mensyukuri apa yang telah Tuhan ciptakan untuk manusia.Dengan akal pikirannya, manusia juga dapat menelusuri berbagai ilmupengetahuan yang berguna bagi kehidupannya. Banyak sekali ilmupengetahuan yang telah ditemukan oleh manusia diantaranya adalah ilmutentang psikologi perkembangan. Ilmu ini telah banyak dipelajari orang sejak ilmu ini mulai ditemukan hingga sekarang, terutama bagi siswa danmahasiswa.Berbicara mengenai perkembangan, dalam makalah ini akan dibahasmengenai psikologi perkembangan anak. Psikologi merupakan ilmu tentang jiwa maka dalam makalah ini yang akan dibahas adalah mengenaiperkembangan jiwa seorang anak.
B.
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa pengertian dan maksud dari perkembangan?2.
 
Apa kaitan antara psikologi dan perkembangan?3.
 
Bagaimana perkembangan seorang anak dari segi psikologi?
 
 1 
PEMBAHASANA.
 
Pengertian Perkembangan
Perkembangan adalah suatu psoses perubahan, yaitu perubahan darisuatu keadaan menjadi keadaan yang lain, dan ini terjadi pada diri seseorangsecara terus-menerus sepanjang hayatnya.
1
Dalam hal ini terdapat perbedaanpendapat di kalangan para ahli. Masing-masimg mengemukakan konsepsitersendiri, berdasarkan latar belakang keahlian khusus, juga dipengaruhi olehvariasi aliran psikologi yang mereka ikuti.
B.
 
Korelasi antara Psikologi dan Perkembangan
Psikologi berasal dari kata
 psyche
yakni jiwa dan
logos
adalah ilmupengetahuan. Mengingat jiwa seseorang dapat dipelajari, diselidiki melaluiperilakunya, maka psikologi sering dikatakan ilmu yang mempelajari perilakumanusia.
2
Sedang dalam pembicaraan sehari-hari, kata ‘perkembangan’ sangatpopular dipergunakan orang. Misalnya perkembangan agama, perkembanganpolitik, perkembangan ekonomi, perkembangan sosial, perkembangan budayadan lain-lain. Orang pun biasanya paham dengan apa yang dimaksudkan olehistilah-istilah tadi. Tetapi tidak demikian halnya ketika ia dipakai dalamkonteks kajian ilmu jiwa yang tengah kita bicarakan ini. Berbeda denganistilah-istilah sebelumnya, istilah ilmu jiwa perkembangan atau yang lebihdikenal dengan psikologi perkembangan jarang sekali dibicarakan secarakhusus dalam sejumlah karya tulis.Dalam psikologi perkembangan, selain membahas aspek psikis akandibahas pula segi fisik seseorang. Disini perlu diingat bahwa keadaan –tingkahlaku- fisik seseorang tidak lain merupakan perwujudan atau sekurangnya
1
Drs. Imam Bawahi,
Pengantar Ilmu Jiwa Perkembangan
, (PT Bina Ilmu, Surabaya: 1985),hlm. 93
 
2
Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa dan Dra. Ny. Yulia Singgih D. Gunarsa,
Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarg,.
(PT BPK Gunung Mulia, Jakarta: 1991), hlm. 1
 
 
 2berkaitan erat dengan kondisi dan tingkah laku psikisnya. Karena itu,mempelajari jiwa seseorang akan terasa pincang bila tidak disertai denganmengenal keadaan raganya.Setiap makhluk hidup itu pada dasarnya selalu dalam keadaan berubah,dari suatu keadaan menjadi keadaan yang lain. Dan ini berlangsung sepanjangwaktu, selama hayat masih dikandung badan. Jadi dapat diambil simpulanmaksud dari psikologi perkembangan adalah ilmu yang membicarakan perihalkeadaan dan tingkah laku manusia yang berada dalam masa perkembangan.
3
 
C.
 
Perkembangan Anak dari segi Psikologi
Masa hidup seseorang dapat dibagi dalam beberapa tahapperkembangan dengan tingkat kematangan tertentu, meliputi:-
 
masa bayi : 0-2 tahun-
 
masa anak : masa balita, pra sekolahmasa anak sekolahmasa pra remaja-
 
masa remaja-
 
masa dewasa : dewasa mudadewasa madyadewasa lanjutLebih lanjut dalam makalah ini akan dibahas mengenai perkembanganpada masa anak yang meliputi:
o
 
Masa Balita, masa prasekolah (2-5 tahun)
Pada masa ini pertumbuhan fisik berjalan terus. Pertumbuhan tidak sama dengan bertambahnya besar tubuh secara beraturan, melainkan suatupenambahan yang serasi, sehingga anak merupakan suatu kesatuan yang utuh.Contoh, walaupun pada masa perkembangan tertentu tinggi badan anak menjadi dua kali tinggi badan waktu lahir, akan tetapi kepalanya tidak menjadidua kali lebih besar.
3
Drs. Imam Bawahi,
Op. Cit,
hlm, 23-27.

Activity (130)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ir'ajja Dechh liked this
Ian Sofyan liked this
diki nur permadi liked this
Bazz Catur liked this
Intan Fazrin liked this
yovi_raharjanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->