Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
163Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tumor Ganas & Jinak pd Vulva Vagina

Tumor Ganas & Jinak pd Vulva Vagina

Ratings:

4.0

(2)
|Views: 11,538 |Likes:
Published by rhelovez

More info:

Published by: rhelovez on Feb 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

 
TUMOR JINAK DAN GANAS PADA VULVA DAN VAGINA
Sel tumor adalah sel tubuh yang mengalami transformasi dan tumbuh secaraotonom, lepas dari kendali pertumbuhan sel normal sehingga sel ini berbeda dari selnormal dalam bentuk dan strukturnya.Tumor ganas pada alat reproduksi wanita dijumpai pada semua umur (18 – 80tahun) dengan rat-rata puncaknya pada usia 50 tahun. Kejadian paling sering padakelompok umur 30 – 40 tahun.
A. VULVA1. Pengertian
Vulva merupakan bagian luar dari sistem reproduksi wanita, yang meliputilabia, lubang vagina, lubang uretra dan klitoris. 3-4% kanker pada sistemreproduksi wanita merupakan kanker vulva dan biasanya terjadi setelahmenopause.
a. Tumor Jinak Vulva1) Tumor Kistik Vulva
a)Kista inklusi epidermis ; b)Kista sisa jaringan embrio : kista gartner dan kista saluran nuck ;c)Kista Bartholini, kista sebasea, hidradenoma, penyakit fox Fordyce,kista paraurethra (Skene).
2) Tumor Solid Vulva
a)Tumor epitel : kondilima akuminatum, karunkula urethra, nevus pigmentosus ; b)Tumor jaringan mesoderm : fibroma, lipoma, leiomioma,neurofibroma, hemangioma, limfangioma, miksoma.
b. Tumor Ganas Vulva
Tumor ganas di dalam vulva disebut juga dengan kanker vulva.
 
2. Jenis
Beberapa jenis kanker vulva:a. Karsinoma sel skuamosa (85%)Karsinoma sel skuamosa berasal dari sel-sel skuamosa yang merupakan jenis sel kulit yang utama. Kanker jenis ini biasanya terbentuk secara perlahan selama bertahun-tahun dan biasanya didahului oleh suatu perubahan prekanker yang mungkin berlangsung selama beberapa tahun.Istilah kedokteran yang sering digunakan untuk keadaan prekanker iniadalah Neoplasma intraepitel vulva (NIV, intraepitel artinya sel-sel prekanker terbatas pada epitel yang merupakan lapisan permukaan padakulit vulva. NIV terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu NIV1, NIV2, and NIV3. Istilahlainnya untuk NIV adalah displasia.Tingkat keparahan perubahan prekanker mulai dari yang terendah sampaiyang terberat:- NIV1 atau displasia ringan- NIV2 atau displasia menengah- NIV3 atau displasia berat- Karsinoma in situ- Karsinoma invasif. b. Melanoma (5%)Melanoma berasal dari sel penghasil pigmen yang memberikan warna pada kulit.c. Sarkoma (2%)Sarkoma adalah tumor jaringan ikat di bawah kulit yang cenderungtumbuh dengan cepat. Sarkoma vulva bisa menyerang semua golongan usia,termasuk anak-anak.d. Basalioma (karsinoma sel basal) (1%)Biasanya di daerah yang berambut, sesekali pada labia mayora. Lesi inihampir tak pernah menyebar ke kelenjar getah bening. Karsinoma sel basalsangat jarang terjadi pada vulva, karena biasanya menyerang kulit yangterpapar oleh sinar matahari.
 
e. Adenokarsinoma (1%)Sejumlah kecil kanker vulva berasal dari kelenjar dan disebutadenokarsinoma. Beberapa diantaranya berasal dari kelenjar Bartholin yangditemukan pada lubang vagina dan menghasilkan cairan pelumas yangmenyerupai lendir. Kebanyakan kanker kelenjar Bartholin adalahadenokarsinoma, tetapi beberapa diantaranya (terutama yang tumbuh darisaluran kelenjar) merupakan karsinoma sel transisional atau karsinoma selskuamosa. Meskipun agak jarang, adenokarsinoma juga bisa berasal darikelenjar keringat pada kulit vulva.
3. Etiologi
Penyebabnya belum diketahui. Faktor resiko terjadinya kanker vulva:a.Infeksi HPV atau kutil kelamin (kutil genitalis)HPV merupakan virus penyebab kutil kelamin dan ditularkan melaluihubungan seksual. b.Pernah menderita kanker leher rahim atau kanker vaginac.Infeksi sifilisd.Diabetese.Obesitasf.Tekanan darah tinggi.g.UsiaTigaperempat penderita kanker vulva berusia diatas 50 tahun dan dua pertiganya berusia diatas 70 tahun ketika kanker pertama kali terdiagnosis.Usia rata-rata penderita kanker invasif adalah 65-70 tahun.h.Hubungan seksual pada usia dinii.Berganti-ganti pasangan seksual j.Merokok.Infeksi HIVHIV adalah virus penyebab AIDS. Virus ini menyebabkan kerusakan padasistem kekebalan tubuh sehingga wanita lebih mudah mengalami infeksiHPV menahun.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->