Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
129Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah SPJD PGRI

makalah SPJD PGRI

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 10,624 |Likes:
Published by paskib_05

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: paskib_05 on Feb 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang Makalah
PGRI lahir tanggal 25 November 1945, hanya berselelang tiga bulan setelahkemerdekaan Indonesia diproklamasikan. Semangat dan suasana batin perjuangankemerdekaan Indonesia turut membidani lahirnya PGRI. Pada perkembangan selanjutnyasemangat kemerdekaan itu senantiasa mewarnai perjuangan PGRI. bertempat disekolahGuru Putri (SGP) Surakarta diselenggrakan Kongres I PGRI dari tanggal 24-25 November 1945. Pada konngres itu disepakati berdirinya PGRI sebagai wahana persatuandan kesatuan segenap guru di seluruh Indonesia. Pendirinya antara lain : Rh. Koesnan,Amin Singgih, Ali marsaban, Djajeng Soegianto, Soemidi Adisasmito, Abdullah Noerbambang, dan Soetono. Pada kongres itu dirumuskan tujuan PGRI, yaitu :1. mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia2. mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan3. membela hak dan nasib buruh pada umumnya, guru pada khusus (Suara Guru, NOvember 1955; 17)Kelahiran PGRI merupakan bagian integral perjuangan rakyat Indonesia dalammerebut, menegakkan, menyelamatkan dan mempertahankan kemerdekaan NegaraKesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.Wujud jati diri PGRI merupakan panggilan sejarah yang tumbuh sejaKebangkiatan Nasional, dalam membentuk penanaman kesadaran kebangsaan dannasionalisme lewat pengajaran. Dengan demikian , tujuan PGRI menunggal dengan cita-cita bangsa dalam mewujudkan tujuan nasional, sebagaimana tertuang dalam PembukaanUUD 1945.Lembaga pendidikan PGRI merupakan organisasi profesi terkait dengan fungsikeguruan yang berperan sebagai pendidik bangsa lewat pengajaran. PGRI juga dalam halmengabdi kepada masyarkata dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia, selalumendasarkan diri pada aspirasi masyarakat serta tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
I.2 Rumusan Makalah
1. Kapankah diselenggarakannya kongres PGRI I - XX?2. Dimanakah diselenggarakannya kongres tersebut?3. Bagaimanakah bentuk susunan PB PGRI pada setiap kongres?4. Apa sajakah yang diputuskan dalam setiap kongres?5. Apakah yang terjadi pada setiap periode masa bhakti?
 
I.3 Tujuan Penulisan
1. Mendeskripsikan susunan pengurus besar PGRI pada setiap kongres PGRI2. Mendeskripsikan apa-apa saja yang terjadi pada setiap kongres PGRI3. Mendeskripsikan putusan pada setiap kongres PGRI4. Mendeskripsikan hal-hal yang terjadi pada masa periode masa bhakti dalam setiap periode.
I.4 Manfaat Penulisan
1.
Bagi PemerintahBisa dijadikan sebagai sumbangsih dalam meningkatkan organisasi guru-guru di Indonesia.2.Bagi DosenBisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para peserta didiknyadapat berprestasi lebih baik dimasa yang akan datang.3.Bagi MahasiswaBisa dijadikan sebagai bahan kajian dalam rangka meningkatkan prestasidiri pada khususnya dan daapt melestarikan kebudayaan yang ada denganmenggunakan sebagaimana mestinya ( tidak berlebihan ).
 
BAB IIPEMBAHASAN
SUSUNAN PENGURUS BESAR PGRI
1. KONGRES PGRI I
Kongres PGRI I berlangsung pada tanggal 23 – 25 Nonember 1945 di Surakarata(Solo).
Pada kongres
hari pertama
disampaikan protes kepada seluruh dunia terhadaptindakan-tindakan tentara penduduk di Indonesia, garis besar protes tersebutadalah sebagai berikut :1. Alasan protes perbuatan-perbuatan tentara penduduk yang tidak sesuai dengan maksud penduduk.2. Maksud protes agar tentara pendudukan ditarik kembali dan tidak usah diganti karenanegara republik Indonesia telah menyelenggarakan keamanan dan ketentraman dalamnegeri3. Protes ditujukan kepada : negera-negera serikat, Vietnam dan negara Arab juga akandiberi tahu.
Pada kongres
hari kedua
ini dibentuk juga susunan pengurus besar PGRI yaituseperti berikut :KetuaUmum:Amin SinggihKetua1. Rh. Koesnan2. SoekitroBendahara :1. Soemidi Adisasmita
2. Siswa WidjojoPenulis:1. Djajeng Soegianto2. Ali Marsaban
Anggota :1. Siti Wahjoena (Popy Sjahrif)2. Martosoedigdo3.Reksosoebroto (Siswowadodjo)4. Parmoedjo.
Kongres pertama PGRI yang berlangsung 100 setelah kemerdekaan turutmembantu membangkitkan semangat para guru. Hal itu sejalan dengan tujuanPGRI ketika didirikan, yaitu memperkuat bedirinya republik Indonesia.

Activity (129)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Agung Supriyanto added this note
PGRI Kebanggaanku... Selamat Berulang Tahun PGRI ku yang ke 67
Eeng Heri Surahman added this note
saya sependapat dengan pa jangkung
Jangkung Mulyadi added this note
anak anak indonesia harus tau sejarah indonesia dan sejarah pgri 'mungkin wajib"!!
astris_5 liked this
Novi Zulkarnain liked this
Faidah Idha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->