Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
17Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Ptk Proyeksi

Proposal Ptk Proyeksi

Ratings: (0)|Views: 2,460|Likes:
Published by mswahyu7584
untuk teman-teman guru, di mana pun berada
untuk teman-teman guru, di mana pun berada

More info:

Published by: mswahyu7584 on Feb 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
1
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Untuk teman-teman guru di manapun berada yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran, berikut saya sampaikan paparan tentang salah satu proposal PTK, semoga bermanfaat, salam dari Wahyu Makhmud Sueb, SMK Negeri 2 Kota Bandung, 23 November 2009.A. Judul:"UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEPPROYEKSI 2D MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN METODE TUTOR SEBAYA"B.
 
Mata Pelajaran dan Bidang Kajian1.
 
Mata Pelajaran: Kompetensi Kejuruan Membaca Gambar Teknik 2.
 
Bidang Kajian:a.
 
Pemahaman siswa tentang proyeksi 2D3.
 
Kesulitan siswa dalam memahami proyeksi 2D4.
 
Upaya guru untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami proyeksi 2Dmelalui pembelajaran dengan metode tutor sebaya.C. PendahuluanProyeksi 2D adalah salah satu materi pembelajaran pada standar kompetensimembaca gambar teknik untuk kelas X di SMK dengan bidang keahlian Teknik Mesin.Pada setiap pembelajaran di ruang kelas materi disampaikan dengan cara klasikal, yaitumateri disampaikan dengan metode ceramah dan demonstrasi dan tanya jawab, diikutidengan pengerjaan soal-soal latihan dalam bentuk praktik menggambar.Kondisi pembelajaran seperti itu menimbulkan beberapa permasalahan, pertama,sebagian siswa tidak berani bertanya meskipun tidak mengerti dalam menyelesaikan soal-soal latihan. Kedua, pemahaman materi yang dikuasai oleh siswa tidak merata, hanyasebagian siswa saja yang benar-benar menguasai materi pembelajaran.Atas dasar kenyataan inilah, maka perlu dicari alternatif lain dengan melakukaninovasi dan pendekatan, baik itu dalam penggunaan media ataupun metode penyampaian
 
2
sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung produktif, aktif, kreatif, efektif, danmenyenangkan (PAKEM).Penelitian ini akan difokuskan pada upaya untuk mengatasi faktor internal yangdiduga menjadi penyebab rendahnya tingkat kemampuan dan kreatifitas siswa kelasXTM1 di SMK Negeri 2 Kota Bandung, dalam menyelesaikan soal latihan proyeksi 2D,yaitu kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam menggunakan pendekatan
 
3
 pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung monoton danmembosankan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga mampu mewujudkansituasi pembelajaran yang kondusif; aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan adalah pendekatan dengan metode tutor sebaya. Menurut Sudjana (1989:30) yang termasuk dalam komponen pembelajaran adalah “tujuan, bahan, metode dan alat serta penilaian“.Melalui tutor sebaya, siswa bukan dijadikan sebagai objek pembelajaran tetapi menjadisubjek pembelajaran, yaitu siswa diajak untuk menjadi tutor atau sumber belajar dantempat bertanya bagi temannya. Dengan cara demikian siswa yang menjadi tutor dapatmengulang dan menjelaskan kembali materi pembelajaran kepada temannya, sehinggaseluruh siswa dalam kelas menjadi lebih memahami materi pembelajaran tersebut.D.
 
Rumusan Masalah:Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka disusun rumusanmasalah dalam bentuk pertanyaan: "Apakah pembelajaran dengan menerapkan metodetutor sebaya akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami proyeksi 2D?"Secara operasional diuraikan dalam pertanyaan penelitian berikut ini:1.
 
Apakah pemahaman siswa tentang proyeksi 2D sudah meningkat?2.
 
Apakah kesulitan siswa dalam memahami proyeksi 2D dapat diatasi?3.
 
Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami proyeksi 2D melalui pembelajaran dengan metode tutor sebaya?E.
 
Tujuan PenelitianSehubungan dengan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian tindakan kelas iniadalah:1.
 
Ingin mengetahui bagaimana pengembangan dan langkah-langkah yang perludilakukan dalam menggunakan metode tutor sebaya pada pembelajaran proyeksi2D.4.
 
Ingin mengetahui sejauh mana penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkankemampuan siswa dalam belajar proyeksi 2D.5.
 
Ingin mengetahui apakah penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkankreatifitas siswa dalam belajar proyeksi 2D.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rahmad Ragiel liked this
Umi Roihatin liked this
Umi Roihatin liked this
Umi Roihatin liked this
Januri Nuri liked this
rio_paoel liked this
Annas Arrahim liked this
jasano liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->