Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
52Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KB menurut kristen

KB menurut kristen

Ratings: (0)|Views: 3,608 |Likes:
Published by feenox

More info:

Published by: feenox on Feb 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Keluarga Berencana (KB) adalah istilah yang mungkin sudah lama dikenal.KB artinya mengatur jumlah anak sesuai kehendak dan menentukan sendiri kapanseseorang ingin hamil. Bila ia memutuskan untuk tidak segera hamil sesudahmenikah, ia bisa ber-KB. Layanan KB di seluruh Indonesia sudah cukup mudahdiperoleh. KB termasuk masalah yang kontroversional sehingga tidak ditemukan bahasannya oleh imam-imam madzhab. Secara umum, hingga kini di kalangan umatislam masih ada dua kubu antara yang membolehkan KB dan yang menolak KB.Ada beberapa alasan dari para ulama yang memperbolehkan KB, diantaranyadari segi kesehatan ibu dan ekonomi keluarga. Selain itu, program KB juga didukungoleh pemerintah. Sebagaimana diketahui, sejak 1970, program Keluarga Berencana(KB) Nasional telah meletakkan dasar-dasar mengenai pentingnya perencanaandalam keluarga. Intinya, tentu saja untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang berkaitan dengan masalah dan beban keluarga jika kelak memiliki anak.Di lain pihak, beberapa ulama berpendapat bahwa KB itu haram. Hal inididasarkan pada firman Allah Qs. Al-Isra’: 31 yang berbunyi:
“Dan janganlah kalianmembunuh anak-anak kalian karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezekikepaad mereka dan kepada kalian.
Oleh karena itu, mereka tidak memperbolehkanKB.Maka dari itu, kita harus mempelajari pengetahuan tentang KB dari beberapasudut pandang sehingga bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas sertameyakinkan masyarakat tentang hukum KB.1.2.
Tujuan Umum
Untuk mengetahui segala hal tentang KB serta hukum KB dari berbagai sudut pandang.1.3.
Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus dari makalah ini adalah untuk:a.Mengetahui pengertian KB b.Mengetahui manfaat KB1
 
c.Mengetahui metode-metode KBd.Mengetahui resiko penggunaan alat kontrasepsie.Mengetahui Hukum-hukum KB dari berbagai Agama.2
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
2.1.
Pengertian KB
Keluarga Berencana (KB) adalah istilah yang mungkin sudah lama dikenal. KBartinya mengatur jumlah anak sesuai kehendak dan menentukan sendiri kapan inginhamil. Menurut
 Kamus Besar  Bahasa Indonesia(1997)
, KB adalah gerakan untuk membentuk keluargayang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran.Dengan kata lain KB adalah perencanaan jumlah keluarga. Pembatasan bisadilakukan dengan penggunaanalat-alatkontrasepsiatau penanggulangan kelahiran sepertikondom,spiral,IUDdan sebagainya. 2.2.
Manfaat KB
Setiap tahun ada 500.000 perempuan meninggal akibat berbagai masalah yangmelingkupi kehamilan, persalinan, dan pengguguran kandungan (aborsi) yang tidak aman. KB bisa mencegah sebagian besar kematian itu. Di masa kehamilan,umpamanya, KB dapat mencegah munculnya bahaya-bahaya akibat:
Kehamilan terlalu diniPerempuan yang sudah hamil tatkala umurnya belum mencapai 17 tahun sangatterancam oleh kematian sewaktu persalinan. Karena tubuhnya belum sepenuhnyatumbuh, belum cukup matang dan siap untuk dilewati oleh bayi. Lagipula bayinya pun dihadang risiko kematian sebelum usianya mencapai 1 tahun.Kehamilan terlalu “telat”
Perempuan yang usianya sudah terlalu tua untuk mengandung dan melahirkanterancam banyak bahaya. Khususnya bila ia punya problema-problema kesehatanlain, atau sudah terlalu sering hamil dan melahirkan.
Kehamilan-kehamilan terlalu berdesakan jaraknyaKehamilan dan persalinan menuntut banyak energi dan kekuatan tubuh perempuan. Kalau ia belum pulih dari satu persalinan tapi sudah hamil lagi, tubuhnyatak sempat memulihkan kebugaran, dan berbagai masalah, bahkan juga bahayakematian, menghadang.3

Activity (52)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ratno Siregar liked this
slamat_sinambela liked this
Nike Benu liked this
Metha Elf liked this
Ay Alle liked this
Dino Nuno Himura liked this
Ester Noviana liked this
Arief S Nurgias liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->