Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
80Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERANGKAT GAMELAN JAWA

PERANGKAT GAMELAN JAWA

Ratings: (0)|Views: 12,833 |Likes:
Published by anjijng

More info:

Published by: anjijng on Feb 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

 
1.PERANGKAT GAMELAN JAWA
Gamelan Jawa sebenarnya dapat dibedakan menjadi dua laras (tangga nada / titi nada), yaituSlendro dan Pelog. Menurut mitologi Jawa, Gamelan Slendro lebih tua usianya daripada GamelanPelog. Slendro memiliki 5 (lima) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 (C- D E+ G A) dengan interval yangsama atau kalau pun berbeda perbedaan intervalnya sangat kecil. Pelog memiliki 7 (tujuh) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B) dengan perbedaan interval yang besar.Gamelan dapat dimainkan sebagai sebuah pertunjukkan musik tersendiri maupun pengiring tarianatau seni pertunjukkan seperti Wayang Kulit dan Ketoprak. Sebagai sebuah pertunjukkan tersendiri,musik Gamelan biasanya dipadukan dengan suara para penyanyi (penyanyi pria disebut wiraswaradan penyanyi wanita disebut waranggana).Dalam masyarakat Jawa, orkestra musik Gamelan biasanya disebut “Karawitan”. Berasal dari kata“rawit” yang berarti rumit, halus, kecil. Mengapa disebut demikian? Karena memainkan Karawitanmemang tidak sekedar berfokus pada bunyi yang dihasilkan oleh alat musik, tapi juga harus dapatmemahami kedalaman makna dari musik yang sedang dimainkan tersebut.Mengingat bahwa semuagendhing yang diciptakan berkorelasi dengan kehidupan manusia sehari-hari, misalnya: adaGendhing yang merujuk pada keselamatan, ucapan syukur, permintaan, permohonan, dansebagainya. Dengan memahami kedalaman tersebut maka sang pemain Gamelan dituntut untuktidak memainkan alat-alat musik sekehendak hatinya, tetapi selalu berdasarkan konteks yang ada.Inilah sebabnya mengapa memainkan Gamelan seringkali dianggap “rumit”.Seperangkat Gamelan biasanya terdiri dari beberapa alat musik. Dalam sebuah Karawitan biasanyaterdapat minimal 15 instrumen yang berbeda. Alat-alat musik tersebut ada yang terbuat dari logam,besi, perunggu, kayu, bambu, dan kulit binatang.Pada umumnya alat-alat musik yang terdapat dalam perangkat Gamelan terdiri dari:1. Counter-Melody, adalah alat-alat musik yangterdiri atas:
Gambang, adalah alat yang menyerupai instrument metallophone, tetapi bilah-bilahnyaterbuat dari kayu atau tembaga.
Suling, adalah alat musik tiup yang biasanya terbuat dari bambu. Dibedakan atas dua tipe: 1)suling dengan lima lubang (
finger-holes
) untuk laras Pelog; 2) suling dengan empat lubanguntuk laras slendro
Rebab, adalah alat musik gesek yang dapat menghasilkan suara cukup keras
Siter atau Celempung, adalah alat petik sejenis gitar tetapi memiliki senar yang lebih banyak.2. Drum, terdiri atas:
Bedug, adalah alat musik tabuh yang terbuat dari sepotong batang kayu besar yang telahdilubangi bagian tengahnya sehingga menyerupai tabung besar. Pada ujung batang yangberukuran besar ditutup dengan kulit binatang (biasanya kulit sapi, kerbau atau kambing).Bedug menimbulkan suara berat, rendah, tapi dapat didengar sampai jarak yang jauh.
Kendang, adalah alat musik tabuh menyerupai bedug tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil.Kendang biasanya dimainkan oleh pemain gamelan profesional. Kendang dapat dibagimenjadi empat berdasarkan ukuran dari yang terbesar sampai yang terkecil: KendangGending, Kendang Wayangan, Kendang Ciblon, dan Kendang Ketipung3. Gong, terdiri dari:
Gong yang digantung. Dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu:
Gong Ageng, adalah gong terbesar dalam Gamelan Jawa dan dipercaya sebagai“roh” dalam Gamelan. Oleh karena itu, gong ini sangat dihormati. Biasanya GongAgeng ditempatkan di belakang Gamelan.
Kempul, adalah gong gantung yang memiliki ukuran lebih kecil dari Gong Ageng.
Gong yang diletakkan diatas tali yang direntangkan pada bingkai kayu (tempat yang terbuatdari kayu ini kadang disebut “Rancakan”). Dapat dibedakan dalam 4 (empat) jenis gong,yaitu:
Bonang, adalah satu set gong yang terdiri dari sepuluh sampai empat belas gong-gong kecil dengan posisi horizontal yang tersusun dalam dua deretan. Ada duamacam Bonang, yaitu:
 
Bonang Barung, yaitu Bonang berukuran sedang, beroktaf tengah sampaitinggi
Bonang Panerus, yaitu Bonang berukuran kecil tetapi titi nadanya lebih tinggisatu oktaf dibandingkan Bonang Barung.
Kenong, adalah gong terbesar yang diletakkan diatas tali yang direntangkan pada bingkaikayu. Dalam beberapa Gamelan, satu bingkai kayu dapat berisi 3 (tiga) Kenong.
Ketuk dan Kempyang. Adalah gong-gong yang diletakkan di sebelah Kenong. Ketuk danKempyang selalu ditempatkan dalam sebuah kotak kayu4. Metallophones, adalah alat-alat musik berbentuk bilahan / lempengan yang terdiri dari enam tautujuh bilah, ditumpangkan pada bingkai kayu yang juga berfungsi sebagai resonator. Alat-alat musikini dapat dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:
Saron, terdiri atas:
Saron Demung, yaitu alat musik dengan bilahan paling besar dalam keluarga Sarondan menghasilkan nada rendah. Titi nada Saron Demung lebih rendah satu oktaf dibanding Saron Barung. Saron Demung juga dapat dibedakan dalam 2 (dua) tipe:Demung Slendro dan Demung Pelog.
Saron Barung. Dibandingkan dengan Saron Demung & Saron Panerus, SaronBarung memiliki bilahan logam menengah (medium). Titi nadanya satu oktaf lebihrendah dari Saron Panerus dan satu oktaf lebih tinggi dari Saron Demung. SaronBarung juga dapat dibedakan dalam 2 (dua) tipe: Barung Slendro dan Barung Pelog.
Saron Panerus atau seringkali disebut dengan julukan Peking. Ini merupakankeluarga Saron yang paling kecil. Dibandingkan Saron Barung, Saron Panerusmemiliki titi nada lebih tinggi satu oktaf. Saron Barung juga dapat dibedakan dalam 2(dua) tipe: Panerus Slendro dan Panerus Pelog
Gender, adalah alat musik yang terdiri dari bilah-bilah metal yang ditegangkan dengan tali.Gender dapat dibedakan menjadi:
Slentem, adalah alat musik dengan bilah metal dan resonator terbesar dalamkeluarga gender. Biasanya Slentem memiliki tujuh bilah dan memiliki titi nada satuoktaf dibawah Saron Demung
Gender, terdiri atas:
Gender Barung. Gender Barung memiliki bilah metal dengan ukuran sedangdalam keluarga Gender. Gender Barung memiliki titi nada satu oktaf lebihrendah dari Gender Panerus.
gender Panerus. Gender Panerus memiliki bilah-bilah yang paling kecildalam keluarga Gender. Gender Panerus memiliki titi nada satu oktaf lebihtinggi daripada Gender Barung.Masing-masing dari alat-alat musik (perangkat) tersebut diatas memiliki fungsi-fungsi khusus yangsaling mengisi dan melengkapi sehingga menciptakan harmonisasi antara satu sama lain. Setiap alatmusik sudah memiliki pakem yang tertuang dalam phatet (pembatasan wilayah nada). Dalam tulisanini, penulis memang tidak menguraikan peran-peran dari masing-masing perangkat Gamelan tersebutdiatas secara lengkap dan bagaimana cara memainkannya. Mudah-mudahan ada pembaca yangbisa memberikan tambahan tulisan sehingga kita semua menjadi jelas bagaimana alat-alat musiktersebut dimainkan sehingga dapat menghasilkan suatu warna musik gamelan yang dikenal memilikinilai seni sangat tinggi.
Gamelan
adalahensembel musikyang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dangong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuanutuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa
gamel 
yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkesgamelan kebanyakan terdapat di pulauJawa, Madura, Bali, danLombokdiIndonesia dalam berbagai  jenis ukuran dan bentuk ensembel. Di Bali dan Lombok saat ini, dan di Jawa lewat abad ke-18, istilahgong lebih dianggap sinonim dengan
gamelan
.Kemunculan gamelan didahului dengan budayaHindu-Budha yang mendominasiIndonesiapada awal masa pencatatan sejarah, yang juga mewakili seni asli indonesia. Instrumennya dikembangkanhingga bentuknya sampai seperti sekarang ini pada zaman KerajaanMajapahit. Dalam perbedaannyadengan musik India, satu-satunya dampak ke-India-an dalam musik gamelan adalah bagaimana cara
 
menyanikannya. Dalam mitologi Jawa, gamelan dicipatakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka,dewa yang menguasai seluruh tanah Jawa, dengan istana di gunung Mahendra di Medangkamulan(sekarangGunung Lawu). Sang Hyang Guru pertama-tama menciptakan gong untuk memanggil paradewa. Untuk pesan yang lebih spesifik kemudian menciptakan dua gong, lalu akhirnya terbentuk setgamelan.
[
 
]
Gambaran tentang alat musik ensembel pertama ditemukan diCandi Borobudur ,Magelang Jawa Tengah, yang telah berdiri sejak abad ke-8. Alat musik semisal suling bambu, lonceng, kendhangdalam berbagai ukuran, kecapi, alat musik berdawai yang digesek dan dipetik, ditemukan dalamrelief  tersebut. Namun, sedikit ditemukan elemen alat musik logamnya. Bagaimanapun, relief tentang alatmusik tersebut dikatakan sebagai asal mula gamelan.Penalaan dan pembuatan orkes gamelan adalah suatu proses yang kompleks. Gamelanmenggunakan empatcara penalaan, yaitu 
, 
,"Degung" (khusus daerah Sunda, atauJawa Barat), dan "madenda" (juga dikenal sebagai diatonis, sama sepertiskala minor asliyang banyak dipakai di Eropa. 
1.
Gambang KromongBudaya Betawi dari TiongkokJauh sebelum negeri ini merdeka, bangsaTiongkok yang di negeri kita biasa disebut etnisTionghoa, sudah bermukim dan berbaur denganmasyarakat sekitar. Hal tersebut bisa terlihatmelalui peninggalan-peninggalan etnis ini diberbagai tempat di Indonesia, baik berupabangunan yang sangat spesifik bentuknya atauberupa peninggalan seni dan budaya yang jugapunya ke-khasan tersendiri.

Activity (80)

You've already reviewed this. Edit your review.
a'Cul Waid added this note
Untuk yang berminat dengan gamelan bisa langsung ke http://www.gong.web.id/
1 thousand reads
1 hundred reads
a'Cul Waid added this note
Informasi pemesanan gamelan di http://www.gong.web.id/
MheLy BoeMazary added this note
astaga,,, maaf skali,,, salah koment
MheLy BoeMazary added this note
mungkin lebih bagus klo di sertakan gambar...
Khilmi Zain liked this
Rifdatus Samaha liked this
Adhitya Yudha added this note
kerren

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->