Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
215Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah PAI - Ketentuan Munakahat Dalam Islam

Makalah PAI - Ketentuan Munakahat Dalam Islam

Ratings: (0)|Views: 16,038 |Likes:
Published by Arnadi

More info:

Published by: Arnadi on Feb 28, 2010
Copyright:Public Domain

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2014

pdf

text

original

 
BAB IKETENTUAN MUNAKAHAT DALAM ISLAM
1.1.Pengertian Munakahat
 Nikah menurut bahasa berarti menghimpun,sedangkan menurutterminologis adalah akad yang menghalalkan pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim sehingga menimbulkan hak dan kewajiban antarakeduanya. Pernikahan dalam arti luas adalah suatu ikatan lahir batin antara laki-laki dan perempuan untuk hidup bersama dalam suatu rumah tangga. Pernikahandilakukan untuk mendapatkan keturunan yang dilangsungkan menurut ketentuan-ketentuan syariat islam.
1.2.
Hukum Pernikahan
1.2.1.Jaiz atau mubah
Perkawinan hukum asalnya adalah mubah (boleh). Pada prinsipnya,setiap manusia yang telah memiliki persyaratan untuk menikah,dibolehkan untuk menikahi seseorang yang menjadi pilihannya. Hal inididasarkan atas firman Allah Swt. Dalam surat An-Nisa (4) ayat 3
عَاب َر ُو َ ث َل َ ُو َ ىن َ ْم َ ءِاس َن ّ  َم ِ  ْك ُ َ  َاط َ ام َ ح ُك ِ ْاف َ ىم َات َي َ ْ ف ِ  ُس ِق ْ ُ أَ  ْت ُ ْخ ِ  ْإِو َ  ُ ُ َ أَ ى َد ْأَ  َ ِذ َ  ْك ُ ُا َ ْأَ  ْك َ َم َ ام َ و ْأَ ةً َ ِ َف َ  ُ ِ ْ َ أَ  ْت ُ ْخ ِ  ْ ِف َ
“Dan jika kalian khawatir tidak akan dapat berlaku adil terhadap hak-hak  perempuan yatim (bilamana kalian menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita lain yang kalian senangi: dua, tiga, atau empat. Kemudian jikakalian khawatir tidak dapat berlaku adil maka nikahilah seorang wanita saja atau budak-budak perempuan yang kalian miliki. Yang demikian itulebih dekat untuk kalian tidak berlaku aniaya.”
(An-Nisa`: 3)
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan At-tirmidzi,Rasulullah bersabda, “Ada empat hal yang merupakan ajaran para rasul,
1
 
yaitu memiliki rasa malu, memakai wangi-wangian, bersiwak, danmenikah.
1.2.2.Sunah
Perkawinan hukumnya sunah bagi mereka yang telah mampu dan berkeinginan untuk menikah. Perkawinan yang dilakukannya mendapat pahala dari Allah swt. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah saw.dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh semua ahli hadis, yang artinya,“Hai para pemuda,barang siapa diantara kamu yang mampu serta berkeinginan untuk menikah, hendaklah dia menikah. Karenasesungguhnya perkawinan itu dapat menundukkan pandangan mataterhadap orang yang tidak halal dilihat dan akan memeliharanya darigodaan syahwat. Dan barang siapa yang tidak mampu menikah, hendaklahdia berpuasa. Karena dengan puasa hawa nafsunya terhadap perempuanakan berkurang”.
1.2.3.Wajib
Perkawinan yang dilakukan seseorang yang sudah memilikikemampuan,baik secara materi maupun mental hukumnya wajib. Jika iamenangguhkannya, justru dikhawatirkan akan terjerumus ke dalamkesesatan.
1.2.4.Makruh
Perkawinan menjadi makruh hukunya apabila dilakukan oleh orang-orang yang belum mampu melangsungkan perkawinan. Kepada merekadianjurkan untuk berpuasa.
1.2.5.Haram
Perkawinan menjadi haram hukumnya apabila dilakukan oleh seorangyang bertujuan tidak baik dalam perkawinannya. Misalnya untuk menyakiti hati seseorang. Perkawinan dengan motivasi yang demikiandilarang oleh ajaran Islam dan sangat bertentangan dengan tujuan muliadari perkawinan itu sendiri. Tujuan perkawinan adalah sebagai firmanAllah Swt. dalam al-Quran surat ar-Rum (30) ayat 21:
2
 
“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakanuntukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung danmerasa tentram kepadanya. Dan dijadikan di antara kamu rasa kasih sayang, sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagikaum yang berpikir”.
(QS. Ar-Rum : 21)
Dari ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan perkawinan adalahterciptanya ketentraman dan munculnya rasa dan kasih sayang di antarasuami dan istri. Termasuk ke dalam perkawinan yang diharamkan ialah perkawinan yang dilakukan dengan maksud menganiaya dan mengambilharta orang. Hal ini disebabkan niat perkawinan tersebut bukan karenaAllah Swt., tetapi hanya karena harta atau materi.
1.3.Kedudukan dan Tujuan Pernikahan
Pernikahan bukan sekedar mengesahkan hubungan badan antara laki-laki dan perempuan, atau memuaskan kebutuhan seksual semata-mata. Dari perkawinanakan lahir generasi penerus, baik atau buruknya mereka sanagat dipengaruhi oleh peristiwa yang dimulai dalam pernikahan.
“Nikah itu sunnahku, barang siapa membenci pernikahan, maka ia bukantergolong umatku”.“Nikah itu adalah setengah iman”.
1

Activity (215)

You've already reviewed this. Edit your review.
Muchamad Rasyid Akbar added this note
how to download this scribd ?
Fitrie Wahyuni liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Uci Lana added this note
like
Rezie Aulia liked this
Nova Dila liked this
Eka Fitri liked this
Ade Ayu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->