Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tindak Pidana Membuka Rahasia

Tindak Pidana Membuka Rahasia

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,471|Likes:
Published by mamfa
mencoba melhat bagaimana sebenarnya tindak pidana membuka rahasia di dalam KUHP...
mencoba melhat bagaimana sebenarnya tindak pidana membuka rahasia di dalam KUHP...

More info:

Published by: mamfa on Mar 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Saya rasa semua akan setuju jika saya mengatakan bahwa Salah satu hal yang terpentinguntuk 
 
mewujudkan sebuah pemerintahan yang demokratis adalah melalui system pemerintahanterbuka atau dengan kata lain open government. Pemerintahan terbuka merupakan suatu system penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan secara transparan, dan partisipatoris yangdilaksanakan sejak pengambilan keputusan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi. Artinya, setiaporang dan seluruh masyarakat suatu bangsa berhak tahu informasi yang berkaitan dengan pemerintahan, karena itu merupakan hak setiap manusia dan hak seluruh rakyat.Pasal 19 Deklarasi PBB tentang Hak Asasi Manusia (Universal Declaration of HumanRights) yang menyatakan bahwa: ”Setiap orang punya hak untuk bebas berpendapat dan berekspresi; hak ini mencakup kebebasan untuk memegang pendapat tanpa gangguan dan hak untuk mencari, menerima, dan menyebarkan informasi dan pemikiran melalui media apapuntanpa batas”.
1
Pasal 28F Amandemen kedua UUD 1945, juga menyatakan bahwa: "Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungansosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengelola, danmenyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia." Nampak jelas bahwa, setiap dari kita berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki,menyimpan, mengelola, dan menyampaikan informasi. Namun satu hal yang sangat penting, halyang tidak boleh dilupakan yaitu bahwa tidak ada kebebasan yang bersifat mutlak (there is noabsolute freedom).
1
 
Deklarasi PBB tentang hak asasi manusia,
Diterima dan diumumkan oleh Majelis Umum PBB padatanggal 10 Desember 1948 melalui resolusi 217 A (III)
1
 
 Namun yang menjadi Masalahnya adalah, dimanakah batas-batas atau pengecualian yang perlu diberikan agar kebebasan informasi ini dapat dilaksanakan dengan tetap menghormatisemua orang?Pasal 19 ayat (3) Kovenan Internasional untuk Hak Sipil dan Politik pada intinyamenyebutkan dalam kaitannya dengan hak atas kebebasan berpendapat (yang bertanggung jawab) termasuk mencari, memperoleh, dan memberikan informasi dimungkinkan diatur  pembatasan atau pengecualian tertentu selama diatur dalam Undang- Undang dan dianggap adakepentingan yang besar untuk menghargai hak dan reputasi orang lain, menjaga keamanannegara, ketertiban umum, kesehatan masyarakat atau kepentingan moral.Hal ini juga tertuang dalam Pasal 28J ayat (2) UUD 1945 yang menyatakan bahwa dalammenjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yangditetapkan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuaidengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatumasyarakat yang demokratis.Berdasarkan pembatasan diatas, ada suatu pembatasan dalam setiap hak yang ada padakita. Semacam rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang lain.
2
Ada Sesuatu informasi yangtidak boleh diketahui oleh public karena alasan tertentu. Misalnya saja informasi tentang militer yang tidak boleh diketahui oleh masyarakat umum, maka dalam undang-undang itu merupakanrahasia militer yang tidak boleh di umbar keluar, cukup dikalangan militer saja. Maka jika adayang membeberkan rahasia tersebut akan dihukum dengan membuka rahasia yang seharusnyatidak boleh dibuka.Demikian juga dengan advokat atau pengacara, ada rahasia dari kliennya yang tidak  boleh dibuka kepada orang lain. Pejabat pemerintahan dan perusahaan ada rahasia yang tidak  boleh di ketahui oleh orang banyak. Maka di dalam undang-undang akan dihukum denganmembuka rahasia.
2
www.elsam.com
2
 
B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana yang di maksud dengan tindak pidana membuka rahasia?2.Apa saja unsur-unsur tindak pidana membuka rahasia?
C.Maksud Dan Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan perbuatan pidana membuka rahasia.2.Untuk mengetahui unsur-unsur tindak pidana membuka rahasia.
D.Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini merupakan metode yang bersifatlibrary research, yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai data dari bahan-bahan bacaan baik dibuku maupun di internet dan kemudian di analisa dan di susun dalam bentuk makalah.3

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nilla Pus Sari liked this
muhammadalfan liked this
stephen forte liked this
kensii liked this
muhammadalfan liked this
zainullah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->