Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
111Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
metode karyawisata

metode karyawisata

Ratings: (0)|Views: 23,581|Likes:
Published by Tri Handayani

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Tri Handayani on Mar 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

 
METODE KARYAWISATA1.Pendekatan Dalam Pembelajaran Di Sekolah
Guru yang profesional tidak hanya menguasai sejumlah materi pembelajaran, namun penguasaan pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai mutlak diperlukan.Untuk itu perlu kiranya para guru mampu menggunakan pendekatan dan metode yang tepat agar  pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Pendekatan
1). Pendekatan KonsepPada pendekatan model ini siswa dibimbing memahami suatu bahasan dengan memahamikonsep-konsep yang terkandung didalamnya.2). Pendekatan LingkunganPenggunaan pendekatan lingkungan berarti mengaitkan lingkungan dalam suatu proses belajar mengajar.3). Pendekatan InkuiriPendekatan Inkuiri melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri berarti membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungandengan dunia fisik, yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan oleh para ahli penelitian.Dalam pendekatan inkuiri berarti guru merencanakan situasi sedemikian rupa sehinggasiswa didorong untuk menggunakan prosedur yang digunakan para ahli penelitian untuk mengenal masalah, mengajukan pertanyaan, mengemukakan langkah-langkah penelitian,memberikan pemaparan yang ajeg, membuat ramalan, dan penjelasan yang menunjang pengalaman.4). Pendekatan Proses.Pada pendekatan proses, tujuan utama pembelajaran adalah mengembangkankemampuan siswa dalam keterampilan proses atau langkah-langkah ilmiah seperti melakukan pengamatan, menafsirkan data, dan mengkomunikasikan hasil pengamatan. 5). Pendekatan Interaktif Pendekatan Interaktif dikenal juga sebagai pendekatan pertanyaan anak, memberikesempatan pada siswa untuk mengajukan pertanyaan untuk kemudian melakukan penyelidikanyang berkaitan dengan pertanyaan yang mereka ajukan.
 
6). Pendekatan Pemecahan.Masalah Pendekatan pemecahan masalah berangkat dari masalah yang harus dipecahkanmelalui praktikum atau pengamatan. Dalam pendekatan pemecahan masalah ini ada dua versi.Versi yang pertama siswa dapat saja menerima saran tentang prosedur yang digunakan, caramengumpulkan data, menyusun data, dan menyusun serangkaian pertanyaan yang mengarah ke pemecahan masalah. Dalam versi kedua, hanya masalah yang dimunculkan, siswa yangmerancang pemecahannya sendiri. Guru berperan hanya dalam menyediakan bahan danmembantu memberi pentunjuk.7). Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat.(STM) Dalam rangka mewujudkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat telahdikembangkan bahan kajian pengajaran sains dalam bentuk Sains, Teknologi, dan Masyarakat(S-T-M) (Depdikbud, 1992). STM ini merupakan peng-Indonesiaan dari Science, Technlogy andSociety. Dalam pengajaran sains siswa tidak hanya mempelajari konsep-konsep sains, tetapi jugadiperkenalkan pada aspek teknologi, dan bagaimana teknologi itu berperan di masyarakat(Depdikbud, 1992).8). Pendekatan Terpadu (Integrated Approach).Pendekatan ini merupakan pendekatan yang intinya memadukan dua unsure atau lebihdalam suatu kegiatan pembelajaran. Unsure pembelajaran yang dipadukan dapat berupa konsepdengan proses, konsep dari satu mata pelajaran dengan konsep mata pelajaran lain, atau dapat juga berupa penggabungan suatu metode dengan metode lain.
 
2.Metode Pembelajaran
a.Pengertian Metodemetode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untumengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktisuntuk mencapai tujuan pembelajaran.Metode juga dapat diartikan sebagai satu cara yang sistematis yang digunakan untuk mencapai tujuan. Dalam pembelajaran metode merupakan alat yang harus berorientasi padatujuan yang akan dicapai.Cara atau metode mengajar sebagai alat pencapaian tujuan, memerlukan pengetahuantentang tujuan itu sendiri, karena itu perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan persyaratan penting sebelum seorang guru menentukan dalam memilih metode mengajar yang tepat. Pemilihan metode mengajar yang tepat akan menumbuhkan minat siswa, semakin banyak variasi metode mengajar yang diberikan kepada siswa akan menumbuhkan minat danmotivasi siswa untuk mau belajar, seperti yang diungkapkan oleh Alipadie (1984:72):“Cara mengajar yang menggunakan teknik berbagai jenis dan dilakukan secara tepat dan penuh perhatian oleh guru, akan memperoleh minat belajar para siswa dan karena itu pulaakan mempertinggi hasil belajar pada siswa”.Menurut Surachman dalam suryosubroto (1997:148), menyatakan bahwa: “metode pengajaran, adalah cara pelaksanaan proses pengajaran atau saat bagaimana atau teknisnyasesuatu bahan pelajaran diberikan kepada siswa atau murid-murid di sekolah”.Berdasarkan pendapat tersebut kemampuan mengajar dengan menggunakan metode yangtepat merupakan tuntunan yang harus dipenuhi guru.Menurut Zuhairini (2001), dalam memilih metode mengajar seorang guru harusmemperhatikan beberapa hal, yaitu:1. Kesesuaian metode mengajar yang digunakan dengan kemampuan pelajar.2. Kemampuan pengajar dalam menggunakan metode tersebut.3. Kesesuaian metode mengajar yang digunakan dengan fasilitas yang tersedia.4. Kesesuaian metode mengajar yang digunakan dengan lingkungan pendidikan.Dalam proses belajar mengajar, penggunaan metode mengajar tidaklah sama untuk setiap mata diklat, metode mengajar harus sesuai dengan kondisi yang ada. Penggunaanmetode yang tidak tepat dalam proses belajar mengajar akan menyebabkan siswa tidak termotivasi untuk belajar atau dapat menyebabkan siswa menjadi pelajar yang pasif, sehinggahasil belajar rendah.

Activity (111)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sony Kristanti added this note
siip...
very good
Maya Sheril liked this
Ida ArdiaNida liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->