Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab i Pembahasan

Bab i Pembahasan

Ratings: (0)|Views: 135 |Likes:

More info:

Published by: Bagus Windhya Kusuma Wardana on Mar 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2014

pdf

text

original

 
BABIPEMBAHASAN
Pengertian Virus
VIRUS
adalah suatu aplikasi yang dapat mereplikasi diri dalam suatu jaringankomputer, bersifat merusak dan memiliki kemampuan untuk menginfeksi file lainmenjadi memiliki sifat-sifat yang sama seperti dirinya. Virus akan mengubah ukuran program yang terinfeksi tanpa mengubah tanggal modifikasi suatu aplikasi.
B. Sejarah Virus
Pada tahun 1949, John von Newman, yang menciptakan Electronic DiscreteVariable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan suatu makalahnya yang berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata”. Dalammakalahnya dibahas kemungkinan program yang dapat menyebar dengansendirinya.
Tahun 1960, para ahli di lab BELL (AT&T) -sebuah labolatorium terbesar didunia yang telah menghasilkan banyak hal dalam dunia komputer- mencobamengimplementasikan teori yang diungkapkan oleh john v neuman. Mereka bermain-main dengan teori tersebut untuk suatu jenis game. Di sela-sela waktuIstirahat mereka, para peneliti membuat permainan dengan suatu program yangdapat memusnahkan program buatan lawan, kemampuan membenahi dirinyasendiri lalu balik menyerang kedudukan lawan. Program permainan ini juga dapatmemperbanyak dirinya secara otomatis. Perang program ini disebut Core War, pemenangnya adalah pemilik program sisa terbanyak dalam selang waktu tertentu.Karena sadar akan bahaya program tersebut bila bocor keluar laboratorium(terutama sekali karena C dan C++ adalah salah satu pemrograman bahasa tingkattinggi - mudah dipelajari), maka setiap selesai permainan, program tersebut selaludimusnahkan.
Tahun 1970, perusahaan Xerox memperkenalkan suatu program yang digunakanuntuk membantu kelancaran kerja.
 Sejarah Virus Dan Keganasannya
1
 
1980, Program yang tadinya dipergunakan sebagai permainan ’berbahaya’tersebut akhirnya keluar dari lab, menyebar diluar lingkungan laboratorium, danmulai beredar di dunia cyber.
1981, Sebuah Virus yang bernama sama dengan pembuatnya, Elk Cloner, lahir didi TEXAS A&M. Menyebar melalui disket Apple II yang memiliki operatingsystem. Sang perusak ini mendisplay pesan di layar : "It will get on all your disks-It will infiltrate your chips–yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It willmodify RAM too-send in the Cloner!"
3 November 1983, Len Adleman meresmikan nama ”VIRUSdalam sebuahseminar yang membahas cara membuat virus and memproteksi diri dari virus.
1986, Virus Brain (dikenal juga dengan nama virus Pakistan) menyebarluas diIndonesia, merupakan Virus paling menggemparkan dikala itu. Karena penyebarannya yang luar-biasa itulah tahun ini justru disebut-sebut oleh sebagianorang Indonesia sebagai awal munculnya Virus komputer. Kelahiran virus ini juga bersamaan dengan [PC-Write Trojan] dan [Vindent].
Tahun 1988, muncul serangan besar-besaran terhadap Machintosh oleh virus[MacMag] & [scores]. Di tahun ini pula jaringan Internet dihajar habis-habisanoleh worm buatan Robert Morris, Jr, seorang mahasiswa Ilmu Komputer Cornell.
Tahun 1989 ada orang iseng yang menyebarkan file "AIDS information program"dan celakanya, begitu file ini dibuka, yang didapat bukannya info tentang AIDS,tapi virus yang mengenkripsi harddisk dan meminta bayaran untuk kode pembukanya.
Tahun 1990 Bulgarian virus exchange factory (VX) BBS didirikan. Tips-tri pembuatan virus computer disebarkan melalui BBS ini. Mark Ludwig menulissebuah buku yang berjudul “The Little Black Book of Computer Viruses”. Dalam buku tersebut dibahas langkah-langkah pembuatan virus komputer.
Tahun 1991, virus polymorphic pertama lahir. Virus yang diberi nama Tequila inidatang dari Switzerland.
Tahun 1992, muncul virus mematikan yang sempat membuat panik para penggunakomputer. Virus tersebut diberi nama Michelangelo. Namun penyebaran virus inikurang begitu meluas (hanya memakan sedikit korban).
 Sejarah Virus Dan Keganasannya
2
 
Tahun 1995 muncul serangan besar-besaran. Perusahaan-perusahaan besar dilumpuhkan, diantaranya Griffith Air Force Base, Korean Atomic ResearchInstitute, NASA, IBM dan masih banyak PERUSAHAAN RAKSASA lain yangdianiaya oleh virus "THE INETRNET LIBERATION FRONT" di hari~Thanksgiving~. Karena keberanian dan kedahsyatan serangan itu, tahun 1995dijuluki sebagai tahunnya para Hacker dan Cracker. Di tahun ini juga lahir Concept, virus macro pertama yang menyerang dokumen Microsoft Word.
1996, Boza, virus pertama yang ditujukan khusus untuk Windows 95 terlahir.Muncul juga Laroux, virus pertama yang menginfeksi MS Excel. Tahun ini jugamerupakan Staog, Virus pertama yang menginfeksi Linux.
1998, Lahir Strange Brew, merupakan Virus Java pertama. Lahir juga BacOrifice, Trojan pertama yang menyebarluas, memungkinkan user tidak sah untuk mengendalikan komputer lain melalui internet.
1999, Kombinasi virus&worm dengan nama yang sangat manis terlahir: Melissa.Melissa merupakan perpaduan virus macro dan worm yang menyebarluas melaluiemail dengan memanfaatkan kelemahan Outlook. Muncul juga Corner, virus pertama yang menginfeksi MS Project files.
Tahun 2000, Muncul Serangan Denial of Service (DoS) yang melumpuhkanYahoo, Amazon dan situs-situs raksasa lainnya yang diakibatkan oleh worm.Worm bernama Love Letter melumpuhkan e-mail systems di penjuru dunia.Worm Timofonica mengacaukan jaringan telepon Spanyol. Liberty, worm pertama yang menyerang PDA terlahir. Pirus, dari keluarga virus conceptmenginfeksi file-file HTML and PHP.
Tahun 2001, kembali dunia harus menghadapi sederetan serangan worm. Gnuman(Mandragore) terlahir. Worm ini menyamar sebagai file MP3. Winux, worm yangmenyerang mesin Windows dan LINUX, hadir dari Czech Republic.
Tahun 2002, LFM-926, lahir virus pertama yang menginfeksi file ShockwaveFlash (.SWF). Menampilkan pesan saat file tersebut jalankan:"Loading.Flash.Movie..”
 Sejarah Virus Dan Keganasannya
3

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Feby Polymorpa liked this
Syachrul Arsyad liked this
tonidakota liked this
4ndr3p liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->