Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
430Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Microsoft Access 2007

Microsoft Access 2007

Ratings:

3.75

(4)
|Views: 30,590 |Likes:
Published by yoy71

More info:

Published by: yoy71 on Mar 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2013

pdf

text

original

 
MICROSOFT ACCESS 2007
Pengenalan Microsoft Access 2007
Fungsi / kegunaannya :Merupakan salah program pengolah database yang cukup canggih denganberbagai kemudahan yang ada seperti pengaturan data, pembuatan form,pembuatan laporan, menyaring data dan lain-lain.Maksud dari database itu sendiri adalah kumpulan arsip data berbentuk tabelyang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.Data sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi. Sedangkaninformasi merupakan data yang telah diolah sesuai dengan kebutuhan. Informasibagi satu pihak bias menjadi masukan bagi pihak lainnya.
Arsitektur Dalam Microsoft Access :
Database yang tersusun didalam Access 2007 terdiri dari beberapa komponenyang membentuk suatu kesatuan system yang disebut Object Database,yangsecara umum terdiri dari :
Table
Database
DBMS
RDBMS
Primary Key
Query
DDL dan DML
SQL
Record / Tuple
Field
Pengertian :.
Table
Objek utama dalam Access yang digunakan untuk tempat menyimpan data yangakan diolah dalam format baris dan kolom, dan merupakan komponen terpentingdalam database.·
Database
Kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkaninformasi.Kumpulan data yang dipakai / ada dalam suatu lingkup tertentu, misalkan instansi,perusahaan dan lain-lain atau kasus tertentu.·
DBMS
Created by yoy 
 
MICROSOFT ACCESS 2007
Kumpulan perangkat lunak yang digunakan untuk menangani semua pengaksesanke database. Mempunyai fasilitas membuat, mengakses, memanipulasi, danmemelihara database. Bertujuan untuk efisien dan kenyamanan dalam memperolehdan menyimpan informasi dalam database.Fungsi-fungsi DBMS :1. Data Definition2. Data Manipulation3. Data Security dan Integrity4. Data Recovery dan Concurrency5. Data Dictionary6. Performance
· RDBMS
Merupakan sekumpulan yang disimpan sedemikian rupa sehingga mudah diambilinformasinya bagi pengguna, dan data tersebut saling berhubungan. RDBMSmerupakan suatu paket perangkat lunak yang kompleks digunakan untukmemanipulasi database.Ada tiga prinsip dalam RDBMS :
Data DefinitionMendefinisikan jenis data yang akan dibuat ( dapat berupa angka /huruf ),cara relasi data, validasi data dan lainnya.
Data ManipulationData yang telah dibuat dan didefinisikan tersebut akan dilakukan beberapapengerjaan, seperti menyaring data, melakukan prose Query, danseterusnya.
Data ControlBagian ini berkenaan dengan cara mengendalikan data, seperti siapa sajayang bisa melihat isi data, bagaimana data bisa digunakan oleh banyak user,dan seterusnya.
· Primary Key 
Field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadikunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, dengan kata lain PrimaryKey menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakansatu sama lainnya ( unik ). Primary Key berguna saat menampilkan record hasilpencarian ( searching ),pengurutan dan proses penampilan data dan lainnyaberlangsung lebih cepat.
· Query 
Created by yoy 
 
MICROSOFT ACCESS 2007
Merupakan bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database, yang telahdistandarkan dan lebih dikenal dengan nama Structured Query Language ( SQL ).Query dibedakan menjadi 2, yaitu :a.Untuk membuat / mendefinisikan obyek-obyek database seperti membuattabel, relasi dan sebagainya. Biasanya disebut dengan Data DefinitionLanguage ( DDL )b.Untuk memanipulasi data, yang biasanya dikenal dengan Data ManipulationLanguage (DML). Manipulasi data bisa berupa :Menambah, mengubah atau menghapus dataPengambilan Informasi yang diperlukan dari database, yang manadatanya diambil dari tabel maupun Query sebelumnya.
· DDL dan DML
a.DDLSkema basis data dispesifikasikan oleh sekumpulan definisi dengan sebuahbahasa khusus yang disebut Data Definition Language ( DDL ). Hasilkompilasi DDL berupa tabel-tabel yang disimpan dalam sebuah file, disebutData Dictionary ( Kamus Data ) atau Data Directory.b.DMLAdalah bahasa untuk memanipulasi data yaitu :Pengambilan Informasi yang disimpan dalam Basis DataPenyisipan Informasi baru ke Bata DataPenghapusan Informasi dari Basis DataModifikasi Informasi ynag disimpan dalam Basis Data
· SQL
Structured Query Language adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses basisdata yang tergolong relasional. Standar SQL mula-mula didefinisikan oleh ISO( International Standards Institute ) yang dikenal dengan sebutan SQL86.
· Record / Tuple
Sebuah tipe data yang mengumpulkan beberapa item data dimana masing-masingtipe data dari item data ini berbeda-beda.
· Field 
Atribut data yang paling kecil yang merupakan kesatuan terkecil dalam suatu DataBase.
 Jenis Relasi Antara 2 Tabel
Relasi
Created by yoy 

Activity (430)

You've already reviewed this. Edit your review.
Intan Syafitri liked this
Alex Rio added this note
ms acces
Aisha Fawsyal liked this
Nurul Septiani added this note
untuk download filenya bagaimana caranya ya? trims..
Venny Venn liked this
Adhy Adi added this note
Terima Kasih
Yona Winanda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->