Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Inisiasi Pemngembangan Pembelajaran IPA 4-1

Inisiasi Pemngembangan Pembelajaran IPA 4-1

Ratings: (0)|Views: 414|Likes:
Published by masrur habibi

More info:

Published by: masrur habibi on Mar 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/13/2011

pdf

text

original

 
Inisiasi Pengembangan Pembelajaran IPA SD
1
 
Inisiasi 4
Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan
Prinsip-prinsip pembelajaran yang menyenangkan
Saudara mahasiswa, selamat berjumpa kembali dalam kegiatan tutorial onlineini dengan mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Dalam kegiatan tutorialini Anda akan dipandu oleh tutor Anda, Tahmid Sabri. Pada pertemuan kali ini kitaakan mendiskusikan materi-materi yang berhubungan dengan pembelajaran, yaitu:prinsip-prinsip pembelajaran, gaya belajar, dan peta konsep yang digunakan dalampembelajaran. Oleh karena itu kompetensi- kompetensi yang diharapkan dalamkegiatan tutorial kalini ini, Anda:1.
 
Mampu menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran yang menyenangkan2.
 
Mampu mendiskripsikan cara penerapan prinsip-prinsip menyenangkan dalampembelajaran IPA3.
 
Mampu menggeneralisasikan konsep-konsep esensial IPA kepada siswa melaluipenggunaan peta konsep (pikon) secara tepat4.
 
Mampu mengidentifikasi gaya belajar yang konstruktif pada siswa ke arahbelajar yang menyenangkan5. Mampu mengimplementasikan pembelajaran secara PAKEM (PembelajaranAktivitas I, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)
Prinsip-prinsip pembelajaran IPA SD
Sebelum mendiskusikan apa, dan untuk apa serta bagaimana mengaplikasinprinsip-prinsip itu dalam pembelajaran, untuk menam pemahaman konse Anda,ikuti kisah atau cerita pendek (cerpen) di bawah ini:Dalam salah satu kisah kuna India, diceritakan enam orang buta yangmenggambarkan seekor gajah. Orang pertama mendekati gajah dari samping. Iamendapati punggung gajah. Ia katakan gajah itu datar, kokoh seperti dinding.Orang kedua mendekati gajah dari depan dan terpeganglah belalai. Ia mengatakangajah seperti pipa plastic yang lentur, bisa digulung. Orang ketiga mendekatigajah dari samping, kebetulan agak pendek, terpeganglah kakinya. Ia bilang gajahitu mirip batang pohom kelapa, bulat, tegak dan panjang. Orang keempat agak tinggi, ia bernasib baik dapat memegangi telinga. Ia menyebutkan gajah itu sepertikipas raksasa. Orang kelima, mendekati dari belakang dan yang terpegang ekor. Iabilang gajah itu mirip sikat botol. Dan orang keenam mendekati gajah dari depan,gading yang tertegang. Ia menyatakan gajah itu mirip tombak. Mereka bertengkardan berteriak saling mempertahankan temuannya. Anda, orang yang tidak butahanya tersenyum karena Anda tahu bahwa masing-masing hanya ‘tahu’ sebagiandari seekor gajah yang utuh. Sesungguhnya, orang buta itu kita, Saya dan Anda.
 
 
2
Inisiasi Pengembangan Pembelajaran IPA SD
 
Kita meraba-raba tentang dunia di sekitar kita. Hasil ‘rabaan’ itu kita nyatakansebagai pengetahuan yang telah lengkap, yang benar. Sesungguhnya, perbedaanpendapat itu disebabkan oleh perbedaan pengalaman. Karena itu, kita perlumelihat yang lebih luas dan lebih rinci secara sistematis dan metodis.Dari cerpen di atas, dapat digarisbawahi, bahwa pendapat enam orang butatentang gajah, memiliki persepsi yang berbeda, ”mengapa?”, karena adanyapengelaman yang berbeda tentang ”gajah”, makanya supaya ada keseragamanpersepsi tentang gajah itu, perlu ada kriteria-kriteri tersendiri yang disebut denganprinsip, demikian juga dalam pembelajaran, di samping bisa membuat siswasenang, aktif, dan kreatif dalam belajar, perlu prinsip-prinsip pembelajaran yangharus dikembangkan dalam pembelajaran.Berikut disajikan lima prinsip utama pembelajaran IPA tentang kebenarandalam pembelajaran IPA yang dijadikan anutan untuk melaksanakan pembelajaranIPA, yaitu:.Prinsip 1
: Pemahaman kita tentang dunia di sekitar kita di mulai melaluipengalaman baik secara inderawi maupun non inderawi.
Prinsip 2:
Pengetahuan yang diperoleh ini tidak pernah terlihat secaralangsung, karena itu perlu diungkap selama proses pembelajaran
.Pengetahuan siswa yang diperoleh dari pengalaman itu perlu diungkapdi setiap awal pembelajaran.Prinsip 3:
Pengetahuan pengalaman mereka ini pada umumnya kurangkonsisten dengan pengetahuan para ilmuwan, pengetahuan yangAnda miliki
. Pengetahuan yang demikian Anda sebut miskonsepsi.Anda perlu merancang kegiatan yang dapat membetulkan miskonsepsiini selama pembelajaran.Prinsip 4:
Dalam setiap pengetahuan mengandung fakta, data, konsep,lambang, dan relasi dengan konsep yang lain
. Tugas Anda sebagaiguru IPA adalah mengajak siswa untuk mengelompokkan pengetahuanyang sedang dipelajari itu ke dalam fakta, data, konsep, symbol, danhubungan dengan konsep yang lain.Prinsip 5:
IPA terdiri atas produk, proses, dan prosedur
. Karena itu, Andaperlu mengenalkan ketiga aspek ini walaupun hingga kini masihbanyak guru yang lebih senang menekankan pada produk IPA saja.Namun, perlu diingat bahwa perkembangan IPA sangat pesat. Kitatidak mampu mengikuti secara terus-Selanjutnya, jika Anda akan mengembangkan IPA sebagai prosedur, Andamemasuki bidang yang disebut prosedur ilmiah. Anda masuk pada sebagai ruang darimetode penelitian. Anda perlu mengenalkan cara-cara mengumpulkan data, cara
 
Inisiasi Pengembangan Pembelajaran IPA SD
3
 menyajikan data, cara mengolah data, serta cara-cara menarik kesimpulan. Andadapat mempelajari topik ini pada mata kuliah penelitian.
Lingkungan belajar non fisik
Setelah Anda mengenal lima prinsip pembelajaran IPA dan siapmengimplementasikannya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat siswa belajar dengan baik, yaitu lingkungan belajar non fisik. Lingkunganbelajar non fisik adalah keadaan psikologis di sekitar siswa yang diciptakan oleh gurusecara sengaja untuk mendorong siswa belajar.Faktor-faktor lain yang perlu mendapat pertimbangan guru dalammelaksanakan pembelajaran IPA di sekolah, adalah sebagai berikut:
1. Lingkungan belajar mendukung dan produktif.
Lingkungan belajar yang mencerminkan prinsip ini adalah jika Anda sebagaiguru membangun hubungan yang positif dengan setiap siswa, Anda mengenal danmenghargai mereka satu per satu. Anda juga membangun budaya saling menghargaidan saling menghormati antar siswa baik secara individual maupun kelompok. Andamenggunakan berbagai strategi untuk meningkatkan keyakinan kepada diri sendiridan kesediaan mengambil resiko dalam belajar. Dan, terakhir, Anda perlumenunjukkan rasa aman pada setiap siswa secara individual melalui dukungan yangterstruktur, penghargaan pada usaha siswa serta yang dikerjakannya.Salah satu yang paling mungkin Anda laksanakan adalah pada setiap prosespembelajaran Anda mulai dengan mengapresiasi konsepsi siswa tentang konsep-konsep IPA yang akan dipelajari pada pertemuan itu.
2. Lingkungan belajar menumbuhkan peningkatan kemandirian, kolaboratif, danmotivasi diri
.
Dalam lingkungan semacam ini Anda, sebagai guru, mendorong danmendukung agar setiap siswa bertanggung jawab atas belajar mereka masing-masing. Keberhasilan belajar di tangan para siswa sendiri, sebaiknya ditanamkan.Anda juga membangun berbagai strategi yang dapat menumuhkan keterampilankolaborasi yang produktif.
3. Kebutuhan siswa, perspektif siswa, minat siswa tercermin dalam program belajar.
Lingkungan belajar yang seperti ini tercermin pada diri Anda, sebagai guruyangmenggunakan berbagai strategi yang fleksibel dan responsive terhadap tatanilai, kebutuhan dan minat siswa secara individual. Anda juga mempergunakanberbagai strategi yang mendukung berbagai cara berpikir dan cara belajar siswa.Dan, pengajaran Anda didasarkan pada pengalaman serta pengetahuan awal siswa.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Aku Ini Siapa liked this
Joule de Muze liked this
aakris liked this
Irene Bukit liked this
Irene Bukit liked this
smtp_elang822933 liked this
Nur Cholis liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->