Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
144Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pompa sentrifugal

pompa sentrifugal

Ratings: (0)|Views: 6,663|Likes:
Published by benduts

More info:

Published by: benduts on Mar 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2014

pdf

text

original

 
Pompa Sentrifugal
Ketika sebuah objek benda diputar dalam gerak melingkar, benda tersebut akan cenderungterlempar keluar dari pusat lingkaran.
Gambar 2.1. Benda Melingkar 
Satu cara untuk menambah energi kepada fluida cair adalah dengan memutar fluidatersebut dalam arah melingkar. Gaya yang mengakibatkan sebuah objek terlempar keluar dalamgerak melingkar disebut gaya sentrifugal.Bagian pompa yang memutar flluida cair disebut impeller. Fluida cair mengalir meleluiinlet pompa dan masuk kedalam titik pusat impeller. Selanjutnya impeller akan menggerakkanfluida tersebut dalam gerak melingkar, Fluida cair akan didorong dari titik pusat menuju bagianterluar dari bibir impeller. Semakin cepat impeller berputar, akan semakin cepat fluida cair  bergerak. Impeller disusun dari rangkaian vanes atau blade, yang berpungsi untuk mengarahkanaliran fluida).
 
Gambar 2.2. Impeller 
Gaya centrifugal mendorong fluida cair menjauhi titik pusat impeller. Selanjutnya fluidacair memasuki rumah pompa ketika terlempar keluar dari bagian terluar impeller tersebut. Ketikafluida cair memasuki rumah pompa, kecepatannya akan berkurang. Berkurangnya kecepatanfluida cair akan menaikkan tekanan fluida cair.Pada saat gaya centrifugal menggerakkan fluida cair menjauhi pusat impeller, daerah bertekanan rendah akan terbentuk pada pusat impeller. Terbentuknya daerah bertekanan rendah pada pusat impeller selanjutnya akan mampu mengalirkan fluida cair dari system masuk kedalamimpeller. Pada pompa centrifugal, fluida cair digerakkan oleh gaya centrifugal dari daerah bertekanan rendah di pusat impeller menuju daerah bertekanan tinggi di discharge pompa.Komponen utama dari pompa sentrifugal terlihat pada Gambar 2.1.4 dan diterangkan dibawahini: –Komponen berputar: impeller yang disambungkan ke sebuan poros –Komponen satis: casing, penutup casing, dan bearings
Gambar 2.3. Komponen utama pompa sentrifugal
 
Komponen Pompa Sentrifugal
1.Impeller
Impeler merupakan cakram bulat dari logam dengan lintasan untuk aliran fluidayang sudah terpasang. Impeler biasanya terbuat dari perunggu, polikarbonat, besi tuangatau stainless steel, namun bahan-bahan lain juga digunakan. Sebagaimana kinerja pompatergantung pada jenis impelernya, maka penting untuk memilih rancangan yang cocok dan mendapatkan impeler dalam kondisi yang baik. Jumlah impeler menentukan jumlahtahapan pompa. Pompa satu tahap memiliki satu impeler dan sangat cocok untuk layananhead (=tekanan) rendah. Pompa dua tahap memiliki dua impeler yang terpasang secaraseri untuk layanan head sedang. Pompa multi-tahap memiliki tiga impeler atau lebihterpasang seri untuk layanan head yang tinggi. Impeler dapat digolongkan atas dasar:
Arah utama aliran dari sumbu putaran: aliran radial, aliran aksial, aliran campuran
Jenis hisapan: hisapan tunggal dan hisapan ganda
Bentuk atau konstruksi mekanisMacam-macam jenis impeller adalah sebagai berikut:
Impeler yang tertutup memiliki baling-baling yang ditutupi oleh mantel (= penutup) pada kedua sisinya. Biasanya digunakan untuk pompa air, dimana baling-balingseluruhnya mengurung air. Hal ini mencegah perpindahan air dari sisi pengiriman kesisi penghisapan, yang akan mengurangi efisiensi pompa. Dalam rangka untuk memisahkan ruang pembuangan dari ruang penghisapan, diperlukan sebuahsambungan yang bergerak diantara impeler dan wadah pompa. Penyambungan inidilakukan oleh cincin yang dipasang diatas bagian penutup impeler atau dibagiandalam permukaan silinder wadah pompa. Kerugian dari impeler tertutup ini adalahresiko yang tinggi terhadap rintangan.
Impeler terbuka dan semi terbuka. Memudahkan dalam pemeriksaan impeller.kemungkinan tersumbatnya kecil. Akan tetapi utnuk menghindari terjadinya penyumbatan melalui resirkulasi internal, volute atau back-plate pompa harus diatur secara manual untuk mendapatkan setelan impeler yang benar.
Impeler pompa berpusar/vortex cocok untuk bahan-bahan padat dan “berserabut”akan tetapi pompa ini 50% kuran efisien dari rancangan yang konvensional.

Activity (144)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
gifitrianggraeni liked this
choijungsu liked this
Ham Dini liked this
rezal27 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->