Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
97Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
interpretasi citra

interpretasi citra

Ratings: (0)|Views: 4,299 |Likes:
Published by rina'sf
penginderaan jauh, interpretasi citra, remote sensing, citra satelit
penginderaan jauh, interpretasi citra, remote sensing, citra satelit

More info:

Published by: rina'sf on Mar 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

 
I. PENDAHULUANI.1 Latar Belakang
Dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan permukaan bumi, akan selalumembutuhkan data permukaan bumi sebagai data referensi. Salah satu jenis data permukaan bumi adalah data yang berkaitan dengan spasial dan atribut suatu wilayah. Salah satu carauntuk mendapatkan data spasial dan data atribut suatu wilayah adalah dengan metode penginderaan jauh.Metode penginderaan jauh adalah suatu metode untuk mendapatkan data spasial dandata atribut tanpa menyentuh langsung data spasial dan data atribut tersebut. Keuntungan darimetode penginderaan jauh ini adalah waktu pengumpulan data yang relatif singkat dibandingdengan metode terestris untuk cakupan area yang sama. Adapun wahana yang digunakandalam sistem penginderaan jauh adalah wahana udara ( pesawat) dan wahana luar angkasa(satelit).Hasil dari penginderaan jauh wahana satelit adalah citra. Dalam perkembanganteknologi saat ini citra satelit berdasarkan resolusi spasialnya dapat di golongkan menjadi 3 bagian, yaitu : citra satelit resolusi tinggi, sedang, dan rendah. Dampak dari kemajuanteknologi bidang penginderaan jauh tersebut antara lain sangat mudahnya untuk mengaksescitra satelit beresolusi spasial tinggi secara gratis.Google Earth™ adalah salah satu dari Software yang dapat menyajikan citra satelitresolusi tinggi secara gratis, namun untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelitianspasial maka citra yang dihasilkan oleh Google Earth™ harus dikoreksi geometrik terlebihdahulu. Tulisan ini membahas mengenai pengolahan citra & langkah – langkah interpretasicitra yang dihasilkan oleh Google Earth™ sehingga dapat dimanfaatkan pada bidang pekerjaan lain seperti pembuatan rencana tata ruang kota.
 Tugas Penginderaan Jauh Terapan 1
 
I.2 Maksud dan Tujuan
Kegiatan “Interpretasi Visual dari Citra Google Earth™ dan Kegiatan Lapangan”dimaksudkan supaya mahasiswa dapat mempraktekkan ilmu yang didapat ketika di perkuliahan. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat mengidentifikasi citra satelitsecara visual (resolusi spasial tinggi) dan membuat peta penggunaan lahan dari citra yangdidapat dalam bentuk peta garis.
I.3 Dasar Teori
Landasan teori sangat dibutuhkan sebagai dasar untuk merencanakan langkah-langkahkegiatan yang akan dilakukan. Dibawah ini akan dibahas mengenai landasan teori yangterkait dan menjadi dasar dalam pelaksanaan mini project ini.
1.3.1 Citra Satelit
Citra satelit adalah gambaran dari permukaan bumi yang direkam oleh suatu sensor tertentu (satelit). Berdasarkan resolusi spasial yang terekam oleh sensor, citra satelit dibagimenjadi tiga jenis, yaitu citra satelit resolusi tinggi, citra satelit resolusi sedang dan citra satelitresolus rendah. Citra satelit resolusi tinggi adalah citra satelit dimana ukuran terkecil yangterekam pada citra nampak suatu obyek (dapat diinterpretasi secara visual) sedangkan citraresolusi sedang dan rendah tidak dapat di interpretasi secara visual, pada citra jenis ini obyek yang terdapat pada citra dapat diketahui berdasarkan nilai pixelnya.
I.3.2 Google Earth
TM
Merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dandibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yangdikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Tersedia dalam tigalisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas; Google EarthPlus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yangdigunakan untuk penggunaan komersial.Spesifikasi Google Earth
TM
Sistem dan Proyeksi Koordinat
Sistem koordinat internal Google Earth merupakan koordinat geografi dalam bentuk tunggalSistem Geodetik Duniatahun 1984 (WGS84).
 Tugas Penginderaan Jauh Terapan 2
 
Google Earth menampilkan dunia seperti dilihat dari pesawat atau satelit yangmengorbit. Proyeksi ini diguakan untuk memperoleh efek yang disebut Perspektif Umum. Ini mirip dengan  proyeksi Ortografi, kecuali titik perspektifnya merupakan  jarak terbatas (dekat bumi) daripada jarak tidak terbatas (luar angkasa).
Resolusi dasar 
Amerika Serikat: 15 m (beberapa negara bagian 1 m atau lebih baik)
Andorra, Belanda, Britania Raya, Denmark, Jerman, Liechtenstein,Luksemburg,San Marino, Swiss, Vatikan: 1 m atau lebih baik 
Seluruh dunia: Umumnya 15 m (beberapa area, seperti Antartika, resolusinya sangat rendah), tetapi ini tergantung pada kualitas satelit/fotografi udara yangdiunggah.
Resolusi tinggi
Amerika Serikat: 1 m, 0.6 m, 0.3 m, 0.15 m (sangat jarang,contohnyaCambridge dan Google Campus, atauGlendale)
Eropa: 0.3 m, 0.15 m (contohnya Berlin, Hamburg, Zürich)
Resolusi ketinggian
Permukaan: bervariasi menurut negara
Dasar laut: Tidak tersedia (sebuah skala warna memperkirakan kedalamandasar laut "diperlihatkan" pada permukaan).
Umur: Gambar kadang-kadang kurang dari 3 tahun. Tanggal selanjutnya untuinformasi hak cipta sering dirujuk sebagai tanggal dimana gambar diambil, tetapi praktik ini tidak benar.Google Earth tidak beroperasi pada konfigurasi peranti keras lama. Konfigurasinya sebagai berikut:
Pentium 3, 500 MHz
128 MB RAM
ruang kosong 400 MB
Kecepatan internet: 128 kb/detik 
Kartu grafis 3D 16MB
Resolusi 1024x768, Warna 16-bit
Windows XP atau Windows 2000 (bukan Windows Me), Linux, Mac OS X
 Tugas Penginderaan Jauh Terapan 3

Activity (97)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hadiwibowo Bowie liked this
Febry Lengkeng liked this
Hadiwibowo Bowie liked this
Sam Breviec liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->