Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
83Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Mengantisipasi Masalah Lingkungan Hidup

Peran Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Mengantisipasi Masalah Lingkungan Hidup

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 5,887 |Likes:
Published by starainisa

More info:

Published by: starainisa on Mar 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang Masalah
Lingkungan dan manusia adalah dua unsur yang saling terkait dan tak terpisahkan. Untuk mempertahankan hidupnya, manusia selalu berhubungandengan lingkungan sosial dan lingkungan fisik. Dengan terjadinya kerusakanlingkungan pada saat ini, menjadikan banyaknya bencana yang terjadi dalamkehidupan manusia. Namun, adanya bencana lingkungan hidup seperti bencanakebakaran hutan yang tak terkendali dari tahun ke tahun dan lainnya ini tidak lepas atau diakibatkan dari peran manusia pembangunan yang tidak berwawasanlingkungan. Manusia hanya memikirkan cara untuk dapat memenuhi kebutuhanhidupnya saja tanpa memikirkan akibat yang ditimbulkan dari perbuatannya.Tidak setiap orang memiliki kesadaran untuk menanggulangi kerusakan yangada sehingga lingkungan ini tidak dapat terjamin kelestariannya. Mereka jugatidak mengerti besarnya manfaat dan peran lingkungan dalam proses kehidupan.Untuk itu, pendidikan mengenai lingkungan bagi masyarakat sangat diperlukan.Pendidikan lingkungan merupakan upaya memperkenalkan manusia padalingkungan sebenarnya yang sudah ada dalam program 5K, Keindahan, Kerapian,Kebersihan, Kepribadian dan Keamanan. Walaupun membutuhkan proses yanglama dan kerja keras, pendidik diharapkan untuk dapat mengajarkan danmengajak peserta didik bersama-sama menjaga lingkungannya sejak usia dini agarkelak keadaan lingkungan ini menjadi lebih baik.
B.
 
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini, di antaranya :1.
 
Apa perbedaan dari pandangan pihak optimis dan pihak pesimis mengenaikeadaan lingkungan saat ini ?2.
 
Bagaimana keadaan sumber daya alam di dunia ?3.
 
Apa hakikat dari bioteknologi ?
 
2
C.
 
Prosedur Pemecahan Masalah
Dalam memecahkan masalah yang telah dirumuskan pada makalah ini, kamimenggunakan metode kajian pustaka atau studi kepustakaan dari berbagai sumbertertulis. Kami menggunakan buku Pendidikan Lingkungan serta sumber lain,seperti internet.
D.
 
Sistematika Uraian
Makalah ini terbagi menjadi tiga bab, yaitu Bab I, Bab II, dan Bab III. Bab Imerupakan Pendahuluan yang meliputi Latar Belakang Masalah, RumusanMasalah, Prosedur Pemecahan Masalah, dan Sistematika Uraian. Dalam Bab IIyang berupa Isi terdapat pembahasan mengenai Peran Pendidikan LingkunganHidup Dalam Mengatasi Masalah Lingkungan Hidup serta Strategi Umum BagiUmat Manusia. Bab terakhir atau Bab III adalah Kesimpulan dari makalah.
 
3
BAB IIISIA.
 
Peran Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Mengatasi MasalahLingkungan Hidup
Ilmu lingkungan adalah ilmu tentang kenyataan lingkungan hidup, sertabagaimana pengelolaannya agar menjaga dan menjamin kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Landasandasar dari ilmu lingkungan adalah ekologi yang mengajarkan struktur, interaksi,dan ketergantungan semua komponen dalam kehidupan yang satu dengan yanglainnya. Semua komponen memiliki peran yang sama penting, sehingga eksistensiserta kesejahteraannya harus dipelihara. Secara ekologi, semua komponen tersebutberperan dalam jaring-jaring kehidupan, di mana manusia hanyalah satu di antararatusan ribu jenis yang ada. Sebagai manusia, kita mempunyai keterbatasan untuk mengerti apa yang sebenarnya dikehendaki oleh setiap individu atau setiap jenismakhluk hidup lainnya.Pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup sangatlah penting. Dengandiberikannya pendidikan ini pada masyarakat, diharapkan munculnya kesadaranagar lingkungan tumbuh dan berkembang dengan baik, untuk selanjutnya terjadiperubahan sikap pandangan serta perilaku terhadap lingkungan. Oleh karena itu,pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup harus diberikan untuk semuatingkatan dan umur, baik melalui jalur sekolah maupun luar sekolah.Pendidikan lingkungan merupakan salah satu faktor penting untuk meminimalisasi kerusakan lingkungan hidup dan merupakan sarana yang pentingdalam menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan prinsippembangunan berkelanjutan. Pendidikan lingkungan dilakukan sebagai upayauntuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam mencaripemecahan dan pencegahan timbulnya masalah lingkungan.Pendidikan kependudukan lingkungan bertujuan meningkatkan kesadaran dansensitifitas terhadap lingkungan dan berbagai masalahnya. Tujuan pendidikanlingkungan hidup adalah menjadikan masyarakat sadar dan sensitif terhadap

Activity (83)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Atang Andiwijaya added this note
Peranan Pendidikan LH hakikatnya bagaimana pendidikan mampu memberikan kontribusi terhadap perubahan perilaku dalam memperlakukan lingkungan sebagai satu kesatuan dalam sistem kehidupan yang saling mendukung. Kerusakan lingkungan diakibatkan dari perilaku manusia yang kurang memperhatikan terhadap keberlanjutan pada khidupan berikutnya.
Edwar Cardofa liked this
Arif Sulaiman liked this
Abu Bakar Syabli liked this
Johny Tarore liked this
Getha Githa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->