Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
221Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
modul myob 2

modul myob 2

Ratings: (0)|Views: 11,319 |Likes:
Published by dodynelsen
lanjutan dari modul myob 1
lanjutan dari modul myob 1

More info:

Published by: dodynelsen on Mar 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2013

pdf

text

original

 
Mata Kuliah : Komputer Akuntansi DasarDosen : Alpan Rubi Santoso, SE, S.Kom
ARS = 1
PERTEMUAN - 1
PENGENALAN MYOB ACCOUNTINGPENGENALAN MYOB ACCOUNTINGPENGENALAN MYOB ACCOUNTINGPENGENALAN MYOB ACCOUNTING
A. PengertianMYOB Accounting V.13 dikembangkan untuk untuk menjawab kebutuhan perusahaan berskalakecil maupun besar. Setiap perusahaan membutuhkan pencatatan transaksi yang mudah, murah dancepat MYOB Accounting dapat digunakan oleh mereka yang tidak memiliki latar belakang pendidikanakuntansi.MYOB (Mind Your Own Business) Accounting merupakan program komputer yang membantudalam mengolah dan menyampaikan informasi akuntansi secara lengkap dan akurat. MYOB merupakanprogram akuntansi berbasis komputer yang terpadu. MYOB Accounting dibuat oleh MYOB Limited,sebuah perusahaan publik di Autralia dan anak cabangnya MYOB US Inc. di USA.MYOB Accounting V.13 mempunyai beberapa keunggulan dibanding software lain, antara lain :
 
MYOB telah mengalami uji coba dan uji kelayakan sehingga melepaskan ketergantungan pemakaikepada jasa seorang pembuat program.
 
Cocok untuk situasi dan kondisi bisnis di Indonesia, dapat menangani transaksi-transaksi danlaporan keuangan dengan nilai ratusan milyar rupiah.
 
Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat meliputi : neraca saldo, neraca,laporan laba rugi, laporan pembelian dan penjualan, persediaan barang dagangan, jurnal transaksidan masih banyak yang lainnya. Software ini hampir seratus persen memenuhi prinsip GAAP(
Generally Accepted Accounting Principles 
) dan SAK (
Standar Akuntansi Keuangan 
). Perusahaan tidakperlu bersusah payah memodifikasi sistem akuntansi ini untuk menghilangkan kendala-kendala yangsering dihadapi software akuntansi lainnya.
 
Menangani masalah kebutuhan-kebutuhan akuntansi, dengan kinerja yang sangat menakjubkan, dandapat menangani berbagai jenis pajak, seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN), baik pajak keluaranmaupun pajak masukan.
 
Sistem keamanan yang memadai berupa password yang dapat ditentukan dalam beberapa level.
 
Laporan keuangan dapat ditransfer ke Microsoft Excel, ke Fax ataupun ke Email melalui prosesExport-Import.
 
Menyajikan laporan keuangan perbandingan baik neraca, laba rugi dan lainnya dengan data historisbulan lalu atau tahun sebelumnya.B. Persiapan Data Akuntansi PerusahaanBerikut ini contoh data perusahaan yang perlu dipersiapkan untuk dikonversi ke program MYOB.Data ini akan kita pakai terus sebagai latihan sampai di akhir pembahasan. Inilah langkah-langkahpersiapan yang akan kita lakukan :1.
 
Menentukan tahun fiskal, yaitu tahun buku akuntansi pada waktu konversi dan berakhirnyatahun buku akuntansi secara umum.Perusahaan ARS Publishing menentukan tahun buku akutansi untuk konversi adalah tahun2008. Maka mulai bulan Januari 2008 perusahaan akan melakukan pendataan akuntansiperusahaan dengan menggunakan program MYOB. Tahun buku akuntansi perusahaan secaraumum berlangsung selama 12 bulan, berakhir setiap 31 Desember.2.
 
Mempersiapkan data akuntansi baru :a.
 
Data Neracab.
 
Ketentuan Link Accountc.
 
Daftar Karyawan, Pelanggan dan Pemasokd.
 
Daftar Service
 
Mata Kuliah : Komputer Akuntansi DasarDosen : Alpan Rubi Santoso, SE, S.Kom
ARS = 2
C. Membuat Data Akuntansi BaruSetelah kita selesai dengan data akuntansi yang diperlukan. Langkah selanjutnya adalah prosespembuatan data akuntansi baru perusahaan, dapat dilakukan melalui perintah berikut :
 
Aktifkan Program MYOB Accounting, selanjutnya akan muncul kotak dialog Welcome To MYOBAccounting yang berisikan lima tombol, seperti gambar di bawah ini.
Gambar Jendela Star-Up MYOB Accounting V.13
Keterangan :
 
Open, pilihan ini untuk mengaktifkan salah satu data akuntansi perusahaan yang telah dibuatsebelumnya. File data akuntansi dalam MYOB berektensi DAT.
 
Create, pilihan ini untuk membuat sebuah data akuntansi perushaan yang baru.
 
Explore, pilihan ini jika Anda ingin mengeksplorasi contoh data akuntansi yang disertakan padawaktu Anda menginstalasi MYOB. Gunakan contoh data akuntansi tersebut untuk mempelajariMYOB.
 
What’s New, pilihan ini untuk menampilkan bebagai informasi tentang fitur-fitur terbaru danpeningkatan dari versi sebelumnya.
 
Exit, pilihan ini untuk keluar dari program MYOB.
 
Klik tombol Create new Accounting Data, maka akan tampil kotak dialog MYOB New Company FileAssistant.
 
Pada pilihan Company Information isikan Nama, Alamat, Telepon, Fax dan E-Mail perusahaan. Lihatgambar di bawah ini.
Gambar Jendela Company Informaton 
 
Klik Next, pada pilihan Accounting Information, ketik data tahun periode akuntansi pada CurrentFinancial Year (misal, 2008), pada Last Month of Financial Year pilih December, pada ConversionMonth pilih January, dan pada Number of Accounting Periods pilih Twelve.
 
Klik Next, pada pilihan Account List, pilih I Would like to build my own Accounts list once I beginusing MYOB.
 
Pada pilihan Company File, klik Change untuk menentukan nama file dan alamat penyimpanan dataakuntansi.
 
Selanjutnya klik Next,
 
Klik Command Centre, maka akan ditampilkan MYOB Accounting (Command Centre), Perhatikangambar di bawah ini :
 
Mata Kuliah : Komputer Akuntansi DasarDosen : Alpan Rubi Santoso, SE, S.Kom
ARS = 3
Gambar Jendela Command Centre 
Keterangan :
 
Account, adalah komponen utama dari sistem akuntansi perusahan, yang merupakan ringkasan dariseluruh aktivitas perusahaan tersebut, berfungsi untuk memodifikasi bagan akun, memasukansaldo awal akun-akun, dan proses penjurnalan transaksi umum, seperti biaya-biaya danpembelian/penjualan barang yang dikapitalisasi.
 
Banking, untuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihan-tagihan dan beban-beban sewa, listrik dan telepon, pemakaian dan pengeluaran kartu kredit,pinjaman dari bank, rekonsiliasi rekening koran bank dengan akun-akun bank, mencetak cek-cek yangAnda bayarkan, dan melakukan pembayaran elektronik.
 
Sales, untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan (tunai/kredit), penerimaan pembayaranpiutang dari pelanggan, mencatat retur penjualan sekaligus penyerahan uang kas kepadapelanggan.
 
Time Billing, dipakai untuk menghitung penjualan.pembelian yang menggunakan perhitunganpersatuan waktu. Misalnya biaya konsultasi manajemen per jam.
 
Purchases, untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian (tunai/kredit), pembayaran hutangkepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.
 
Payroll, dipakai untuk penggajian karyawan menggunakan sistem payroll, bisa dipakai untukberbagai macam cara penggajian, seperti jam, harian, mingguan atau bulanan.
 
Inventory, mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pemeliharaan persediaan barangdagangan, seperti mencatat, mengubah, menghapus, menetapkan dan menyesuaikan harga,memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan barang dagangan, dan penerbitan laporan yangterkait.
 
Card File, untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, menghapus, dan mengelompokkancatatan individu, perusahaan, dan lembaga tersebut. Anda dapat mencatat seluruh informasimengenai pelanggan dan Pemasok Anda, mencatat historis penjualan, menetapkan pajak dantermin pembayaran dari pelanggan dan pemasok, membuat catatan kontak, membuat label surat,dan membuat surat-surat untuk mereka.D. Menutup Data AkuntansiJika Anda sudah selesai menggunakan data akuntansi perusahaan maka untuk menutupnyadapat dilakukan tahapan sebagai berikut :
 
Klik menu File, pilih Exit
 
Jawab No (jika tidak ingin membuat file Backup) atau Yes (jika ingin membuat file Backup).Pembuatan file Backup dapat dilakukan melalui menu File pilih Backup.
 
Pada jendela MYOB Company File Backup, pilih Backup Company File Only dan Do not checkCompany File for errors. Kemudian klik Continue.
 
Tentukan posisi drive dan folder penyimpanan serta nama file Backup, kemudian klik Save.

Activity (221)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
AgOez Roh'Man liked this
soplow liked this
bams liked this
Lia Novika added this note
trimakasih atas dekumenya
Fathiya Miati liked this
Yuli Eko liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->