Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hal 113-128 Memacu Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar

Hal 113-128 Memacu Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar

Ratings: (0)|Views: 595 |Likes:
Published by bradware

More info:

Published by: bradware on Mar 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/21/2012

pdf

text

original

 
113
Jurnal Pendidikan Penabur - No.03 / Th.III / Desember 2004Program Sekolah Lima Hari, Evaluasi Formatif 
P
Memacu Minat MembacaSiswa Sekolah Dasar
Esther Kartika
*)
*) Kepala SDK 4 BPK PENABUR Jakarta
 
Opini
 Abstraksienulis ingin mengajak rekan-rekan guru terutama di sekolah dasaruntuk memberikan pelajaran bahasa Indonesia dengan benar. Siswa-siswa jangan hanya dijejali dengan pengetahuan bahasa saja tapimelalui pelajaran bahasa Indonesia siswa dibimbing untuk 
terampil
menggunakan bahasa.Guru membimbing siswa untuk terampil/
mempunyai kompetensi
dalammendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Semuanya ini berguna untuk menunjang mata pelajaran lain. Yang akan dibahas dalam tulisan ini keterampilan membaca sebagai langkahawal untuk membangkitkan minat baca siswa.Marilah disadari bahwa dalam mengajar siswa untuk membaca bukan halsepele, yang dapat diabaikan begitu saja, yang dapat diberi tugas lalu kelasditinggalkan, lalu guru datang lagi dengan “segudang” pertanyaan. Karena itumarilah belajar bersama untuk mempelajari jenis-jenis membaca sehinggadapat memacu siswa untuk dapat gemar membaca dan menjadikan pelajaranmembaca sesuatu yang menyenangkan.Kata Kunci : Membaca, bahasa Indonesia, minat
 Abstract In this article, the writer wants to invite teachers especially in the primary school level to give their students a proper learning in Bahasa Indonesia.With a proper Bahasa Indonesia lessons, students are not just getting knowl- edge about bahasa, but they can actually be taught in using Bahasa profi- ciently.
 
114
Jurnal Pendidikan Penabur - No.03 / Th.III / Desember 2004Program Sekolah Lima Hari, Evaluasi Formatif 
Teachers are to guide the students to be competent in 4 strands, that is reading, listening, speaking and writing in Bahasa. These skills is also very useful for learning other subjects.This article will discuss the importance of reading proper Bahasa Indone- sia, which will eventually lead to nurture students interest in reading books.Therefore it is very important for teachers to realize that teaching students is very crucial and not something that can be overlook. Hence, lets us all start learning to read and encourage students to be keen in reading books and make reading something that is fun to learn.
Pendahuluan
Salah satu bidang garapan pengajaran bahasa di sekolah dasar adalahketerampilan membaca yang didasari oleh kemampuan membaca. Mampumembaca tidak berarti secara otomatis terampil membaca. Akan tetapi terampilmembaca tidak mungkin tercapai tanpa memiliki kemampuan membaca. Tanpamemiliki kemampuan membaca yang memadai sejak dini, siswa juga akanmengalami kesulitan belajar di kemudian hari. Kemampuan membaca menjadidasar utama tidak saja bagi pengajaran bahasa itu sendiri, tetapi juga bagimata pelajaran lain. Dengan membaca, siswa akan memperoleh pengetahuanyang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan daya nalar,sosial, dan emosionalnya. Membaca bagi manusia sebenarnya merupakankebutuhan mendasar seperti kebutuhan manusia akan makan, pakaian, danlain sebagainya.Sebagian besar orang Indonesia belum sampai pada tahap menjadikankegiatan membaca sebagai kebutuhan yang mendasar. Padahal membacasangat perlu. Dengan membaca seseorang dapat memperluas wawasan danpandangannya, dapat menambah dan membentuk sikap hidup yang baik,sebagai hiburan serta menambah ilmu pengetahuan, dengan membaca ibaratdapat membuka “jendela dunia”. Dengan membaca dapat dihindari sikap picik dan fanatisme yang negatif.Mengingat pentingnya peranan membaca tersebut bagi perkembangan siswamaka guru perlu memacu siswanya untuk membaca dengan benar dan selektif.Secanggih atau sebaik apapun suatu metode membaca tidak akan berhasil jika gurunya tidak mampu melaksanakannya serta hasilnya pun tidak sesuaidengan harapan. Karena itu peranan guru sangat mendukung keberhasilansiswanya.
 
115
Jurnal Pendidikan Penabur - No.03 / Th.III / Desember 2004Program Sekolah Lima Hari, Evaluasi Formatif 
Manfaat Memiliki Minat Baca
Minat dan kebiasaan membaca perlu dikembangkan secara terprogram danterencana. Anak memiliki berbagai potensi yang dapat dan perlu dikembangkan,terutama potensi “ingin tahu”. Anak memang serba ingin tahu, hal ini perludisalurkan secara positif. Rasa ingin tahu anak dapat dikembangkan melaluibuku.
1)
Untuk menjadikan anak menyenangi buku perlu dimulai dan dipupuk sejak dini, sejak TK atau masuk SD.Kondisi anak didik saat ini umumnya kurang menyenangi buku, minat bacatidak menonjol, dan mereka lebih suka menonton televisi.
2)
Membaca dilakukanterbatas pada buku-buku pelajaran pokok yang digunakan di sekolah. Itu punbagaikan terpaksa, karena akan diadakan ulangan, atau karena guru memberipekerjaan rumah. Ketekunan membaca hanya dimiliki beberapa orang anak saja di sekolah. Akibatnya pengetahuan anak sangat terbatas, penguasaanbahasa menjadi lambat bahkan kemampuan menangkap isi bacaan juga rendah.Ini harus dijadikan suatu tanda dan peringatan bagi guru dan orang tua, bahwa “minat baca” anak harus dipupuk, dikembangkan.
3)
 Apabila minat baca “tinggi” guru akan lebih mudah dan ringan dalam melaksanakan tugasnya. Anak-anak akan lebih aktif, mencari dan menggali pengetahuan. Anak akan mengisi sendiriwadah rasa “ingin tahunya”. Suasana kelas akan lebih hidup, anak belajaraktif di kelas dan belajar akan lebih mempunyai makna.Menurut seorang ahli, “Katakanlah kepada saya apa bacaan anda, sayaakan segera dapat menilai sikap anda”. Ungkapan itu bermakna bahwa pribadiseseorang dapat dikenal melalui bacaannya karena bahan bacaan dapatmembentuk kepribadian. Oleh karena itu perlu mengajari anak untuk selektif dalam memilih bacaannya.
4)
Dalam memasuki era globalisasi pada saat ini, peran membaca sangatpenting dalam kehidupan manusia. Kegiatan membaca diperlukan untuk mencapai kemajuan dan kesuksesan di bidang politik, sosial, ekonomi, dankebudayaan. Derasnya arus informasi dan komunikasi dewasa ini menyebabkanapa yang kita ketahui hari ini, tentang kemarin, mungkin tadi pagi atau tadimalam telah berubah.Pengembangan minat baca ini perlu ditingkatkan secara berkesinambunganagar terbentuk masyarakat yang berbudaya membaca. Khususnya di negaraini, cara yang efektif populer untuk memperoleh informasi adalah melaluibacaan. Oleh karena itu sejak dini masyarakat perlu dimotivasi agar senangdan biasa membaca.Para guru harus mempunyai kemampuan dan kemauan untuk membacasehingga dalam melaksanakan proses pembelajaran guru tidak hanyamengandalkan ilmu yang pernah dipelajarinya sebelum menjadi guru. Apabila

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Teeca Tk liked this
sazuke73 liked this
Choo Jia Huang liked this
Kholis Aja liked this
Choo Jia Huang liked this
Julaihi Mahdi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->