Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
150 Rahasia Pemrograman Java

150 Rahasia Pemrograman Java

Ratings: (0)|Views: 524 |Likes:
Published by Rezha Fahlevi
ini adalah rahasia pemograman java
ini adalah rahasia pemograman java

More info:

Categories:Types, Maps
Published by: Rezha Fahlevi on Mar 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2012

pdf

text

original

 
1
M
ENGENAL
J
AVA
 
Bagian awal ini akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekatbahasa pemrograman Java. Lebih khusus lagi, kita akan meng-eksplorasi komponen-komponen fundamental yang perlu sekalidiketahui dan dipahami dengan baik. Selain itu, bagian ini juga akanmengulas secara garis besar tentang fitur-fitur baru Java versi 5.0dan 6. Diharapkan uraian ini nantinya dapat membantu memudah-kan Anda ketika ingin mengungkap rahasia-rahasia Java selan- jutnya.
1 Sekilas Java
Tentunya Anda tidak asing lagi dengan nama Java, sebuah bahasapemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh SunMicrosystems. Di bagian awal ini, kita akan mengulas tentang sekilasJava yang ditinjau dari aspek lingkungan pengembangan danproduk. Diharapkan ulasan ini nantinya dapat memperjelas termi-nologi ataupun pernyataan-pernyataan yang kerap kali membi-ngungkan, terutama bagi yang baru mengenal Java.
 
2
 
Lingkungan PengembanganDalam mendiskusikan Java, kiranya penting sekali untuk mem-bedakan antara bahasa pemrograman Java, Java Virtual Machine,dan platform Java. Bahasa pemrograman Java adalah bahasa yangdigunakan untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi Java. Pada umum-nya, bahasa pemrograman hanya mendefinisikan sintaks dan peri-laku bahasa.Pada saat program Java dikompilasi, ia akan dikonversi ke bentukbytecode, yang merupakan bahasa mesin yang portable. Selan- jutnya, bytecode tersebut dijalankan di Java Virtual Machine (ataudisebut Java VM atau JVM). Meskipun JVM dapat diimplementasikanlangsung di perangkat keras, namun biasanya diimplementasikandalam bentuk program perangkat lunak yang mengemulasi mesin(komputer) dan digunakan untuk menginterpretasi bytecode.Platform dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak pendukunguntuk aktivitas-aktivitas tertentu. Platform Java sendiri pada prin-sipnya berbeda dengan bahasa Java atau JVM. Platform Java adalahhimpunan kelas-kelas Java yang sudah didefinisikan sebelumnyadan eksis sejak instalasi Java. Platform Java juga mengacu padalingkungan runtime atau API (
Application Programming Interface 
)Java.
 
Edisi JavaGuna mencakup lingkungan-lingkungan aplikasi yang berbeda, Sunmendefinisikan 3 (tiga) edisi Java.
 
J2ME (Java 2 Micro Edition)Edisi ini ditujukan bagi lingkungan dengan sumber daya ter-batas, seperti smartcard, ponsel, dan PDA.
 
J2SE (Java 2 Standard Edition)Edisi ini ditujukan bagi lingkungan workstation, seperti pem-buatan aplikasi-aplikasi dekstop.
 
J2EE (Java 2 Enterprise Edition)Edisi ini ditujukan bagi lingkungan Internet atau aplikasi ter-distribusi dalam skala besar.
 
3Perbedaan setiap edisi meliputi fitur-fitur bahasa yang didukung danAPI yang tersedia. Berdasarkan tingkatannya, edisi yang lebih tinggimampu mengemulasikan edisi yang lebih rendah. Adapun urutanedisi dari yang tertinggi ke rendah adalah J2EE, J2SE, dan J2ME.
 
Versi JavaAda hal yang menarik dan perlu kita cermati mengenai versi-versiJava yang telah dirilis. Sun menggunakan dua jenis versi untukmengidentifikasikan rilis Java, yaitu versi produk dan versi developer.Seperti kita ketahui, versi terbaru saat ini adalah versi 6 (versiproduk) atau versi 1.6.0 (versi developer), dengan nama kode Mus-tang.Sejak tahun 2006, Sun juga menyederhanakan penamaan platformdengan tujuan untuk mencerminkan tingkat kematangan, stabilitas,skalabilitas, dan sekuriti yang lebih baik. Jika penamaan versi sebe-lumnya adalah Java 2 Platform, Standard Edition 5.0 (J2SE 5.0),maka sekarang disederhanakan menjadi Java Platform, StandardEdition 6 (Java SE 6, atau lebih sering disebut Java 6).
2 Kompilasi dan Interpretasi
Seperti diketahui, Java adalah bahasa pemrograman yang kodeprogramnya dikompilasi dan diinterpretasi. Meskipun pembuatanaplikasi Java dapat dilakukan melalui IDE (
Integrated Development Environment 
), namun di sini kita memfokuskan pada tool command-line untuk kompilasi dan interpretasi.
 
KompilasiKompilasi kode program Java dilakukan menggunakan toolcommand-line yang bernama
 javac
, atau biasa disebut kompilerJava. Tahap kompilasi ini bertujuan untuk mengonversi kode sumberke program biner yang berisi bytecode, yaitu instruksi-instruksimesin. Contoh berikut memperlihatkan cara melakukan kompilasipada file program Coba.java (asumsi sudah berada di command-lineatau shell).
javac Coba.java

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Merry Mer liked this
Maz Imm liked this
Jarot Kost-an liked this
Octia Nuraeni liked this
oki009 liked this
izharul08 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->