Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
76Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
evolusi kuda

evolusi kuda

Ratings: (0)|Views: 19,064|Likes:

More info:

Published by: Aan Safwandi EmoTicore on Mar 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/29/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDALUANKuda
(
 Equus caballus
atau
 Equus ferus caballus
) adalah salah satu darisepuluhspesiesmodernmamaliadarigenus 
 Equus
. Hewan ini telah lamamerupakan salah satuhewan ternak yang penting secara ekonomis, dan telahmemegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuantahun. Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakansadeldandapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak . Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumbemakanan.  Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun4500 SM,  bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadisejak 2000 SM.Dalam sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Science,sebuah analisis oleh para peneliti jerman dari Institut Leibniz untuk riset kebun binatang dan kehidupan liar, Berlin, institut arkeologi jerman, universitasHumboltz Berlin, institut Max Planck untuk antropologi arkeologis, Leipzig, bekerja sama dengan pra ilmuan amerika dan spanyol, telah mengungkapkanmisteri tentang pemeliharaan kuda.Berdasarkan pada DNA purba yang merentang waktu antara pleistosenakhir dan abad pertengahan, mentarget pada gen nuklir yang bertanggung jawabuntuk pewarnaan kulit memungkinkan untuk mengungkapkan waktu dan tempat peternakan kuda. Lebih lanjut studi ini menunjukkan betapa cepat jumlah pewarnaan meningkat sebagai hasil peternakan. Ia juga menunjukkan dengan jelaskalau keragaman besar warna pada kuda ternak yang kita amati sekarang adalahhasil peternakan selektif oleh para peternak kuno.
 
BAB IIPEMBAHASAN1. Fosil
Fosil merupakan bukti adanya kehidupan pada masa lampau, demikian pendapat Leonardo Da Vinci ilmuwan italia, pada tahun 1452 1519.Fosil berasal dari kata fodere yang berarti menggali. Fosil adalah sisa – sisahewan atau tumbuhan dari zaman purba yang telah membatu (jejak – jejak yang tersimpan dalam bebatuan).Penemuan fosil hanya secara kebetulan saja dan jarang sekali ditemukan fosil yang utuh secara keseluruhan , hal ini dapat dipahami karena banyak factor yang menyebabkan hancurnya tubuh organism yang telah mati,misalnya karena berikut ini:-Proses lipatan batuan bumi.-Pengaruh ai-Ai-Bakteri pengurai-Hewan pemakan bangkai.Ilmu yang mempelajajri tentang fosil adalah palaentologi (palaes =tua) Dari berbagai lapisan batuan tersebut secara kebetulan ditemukan adanyafosil yang menunjukkan adanya perubahan struktur tubuh secara berangsur – angsur.Dengan membandingkan struktur tubuh tersebut maka dapat diambilkesimpulan keadaan lingkungan pada masa lampau berbeda dengan masasekarang.a.
Penemuan Fosil Kuda
Hasil rekonstruksi penemuan fosil kuda oleh Marsh dan Osborn padaevolusi kuda sangat baik dan jelas sekali arah umum perkembangannya
 
Perubahan utama yang terjadi pada evolusi kuda ini disebabkan oleh perubahan pada lingkungan, misalnya:1.Perubahan pada jumlah jari dan membesarnya jari disebabkankarena menyesuaikan diri pada tempat berpijaknya , yang mulanyahutan berawa menjadi padang rumput.2.Perubahan geraham menjadi tinggi dan bergerigi disebabkankarena menyesuaikan diri dengan jenis makanannya yang semula buah – buahan lunak menjadi rumput yang mengandung silica.3.Leher berubah menjadi panjang dan gerakan makin lincah karenamenyesuaikan diri untuk memperluas jangkauan pandangan terhadap predator dipadang rumput dan dan dapat menengok kesegala arah. Gambar Evolusi Kuda.

Activity (76)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Al Helmy Lisik Miko added this note|
thank
Anilia Dolphinz liked this
Rusmini Ponsan liked this
Arieeff Rahhman liked this
Evi Selviana liked this
Pewe Imudz liked this
Ayu Rahmawati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->