Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
83Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PEMBANGUNAN PEDESAAN

PEMBANGUNAN PEDESAAN

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 4,666 |Likes:

More info:

Published by: Aan Safwandi EmoTicore on Mar 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2013

pdf

text

original

 
PEMBANGUNAN PEDESAAN
Pembangunan pedesaan telah banyak dilakukan sejak dari dahulu hinggasekarang, tetapi hasilnya belum memuaskan tehadap peningkatan kesejahteraanmasyarakat pedesaan. Pembangunan pedesaan seharusnya dilihat bukan hanyasebagai obyek tetapi juga sebagai subyek pembangunan.Pembangunan pedesaan harus dilihat sebagai:(1) upaya mempercepat pembangunan pedesaan melalui penyediaan prasarana dansaran untuk memberdayakan masyarakat, dan(2) upaya mempercepat pembangunan ekonomi daerah yang efektif dan kokoh.Pembangunan pedesaan bersifat multi aspek oleh karena itu perlu dianalisis/secara lebih terarah dan serba keterkaitan dengan bidang sektor, dan aspek di luar pedesaan (fisik dan non fisik, ekonomi dan non ekonomi, sosbud dan nonspasial). Pembahasan berikut ini meliputi bebagai aspek yang terkait dengankebijaksanaan dan strategi pembangunan pedesaan.
TUJUAN DAN SASARAN
Tujuan pembangunan pedesaan jangka panjang adalah peningkatankesejahteraan masyarakat pedesaan secara langsung melalui peningkatankesempatan kerja, kesempatan berusaha dan pendapatan berdasarkan pendekatan bina lingkungan, bina usaha dan bina manusia, dan secara tidak langsung adalahmeletakkan dasar-dasar yang kokoh bagi pembangunan nasional.Tujuan pembanguan pedesaan jangka pendek adalah untuk meningkatkanefektivitas dan efisiensi dalam kegiatan ekonomi dan pemanfaatan sumberdayamanusia dan sumberdaya alam.Tujuan pembanguan pedesaan secara spasial adalah terciptanya kawasan pedesaanyang mandiri, berwawasan lingkungan, selaras, serasi, dan bersinergi dengankawasan-kawasan lain melalui pembangunan holistik dan berkelanjutan untumewujudkan masyarakat yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing,maju dan sejahtera.
 
SasaranSasaran pembangunan pedesaan adalah terciptanya:
Peningkatan produksi dan produktivitas
Percepatan pertumbuhan desa
Peningkatan keterampilan dalam berproduksi dan pengembangan lapangankerja dan lapangan usaha produktif.
Peningkatan prakarsa dan partisipasi masyarakat.
Perkuatan kelembagaan.
Pembangunan pedesaan yang dilaksanakan harus sesuai dengan masalahyang dihadapi, potensi yang dimiliki, serta aspirasi dan prioritas masyarakat pedesaan.
Ruang Lingkup Pengembangan Pedesaan
Pengembangan pedesaan mempunyai ruang lingkup, yakni:1.Pembangunan sarana dan prasarana pedesaan (meliputi pengairan, jaringan jalan, lingkungan permukiman dan lainnya).2.Pemberdayaan masyarakat.3.Pengelolaan sumberdaya alam (SDA) dan sumberdaya manusia (SDM).4.Penciptaan lapangan kerja, kesempatan berusaha, peningkatan pendapatan(khususnya terhadap kawasan-kawasan miskin).5.Penataan keterkaitan antar kawasan pedesaan dengan kawasan perkotaan(inter rural-urban relationship).
Prinsip-Prinsip Pembangunan Pedesaan
Pembangunan pedesaan seharusnya menerapkan pninsip-prinsip yaitu: (1)transaparansi (keterbukaan), (2) partisipatif, (3) dapat dinikmati mayarakat, (4)dapat dipertanggungjawabkan (akuntabilitas), dan (5) berkelanjutan (sustainable).Kegiatan-kegiatan pembangunan yang dilakukan dapat dilanjutkan dandikembangkan ke seluruh pelosok daerah, untuk seluruh lapisan masyarakat.
 
Pembanguan itu pada dasarnya adalah dari, oleh dan untuk seluruh rakyat. Olehkarena itu pelibatan masyarakat seharusnya diajak untuk menentukan visi(wawasan) pembangunan masa depan yang akan diwujudkan. Masa depanmerupakan impian tentang keadaan masa depan yang lebih baik dan lebih mdahdalam arti tercapainya tingkat kemakmuran yang lebih tinggi.Pembangunan pedesaan dilakukan dengan pendekatan secara multisektoral(holistik), partisipatif, berlandaskan pada semangat kemandirian, berwawasanlingkungan dan berkelanjutan serta melaksanakan pemanfaatan sumberdaya pembangunan secana serasi dan selaras dan sinergis sehingga tercapai optimalitas.Ada tiga prinsip pokok pembangunan pedesaan, yaitu:
 Pertama
,Kebijaksaan dan langkah-langkah pembangunan di setiap desa mengacukepada pencapaian sasaran pembangunan berdasarkan Trilogi Pembangunan.Ketiga unsur Trilogi Pembangunan tersebut yaitu(a) pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya,(b) pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, dan(c) stabilitas yang sehat dan dinamis, diterapkan di setiap sektor, temasuk desadan kota, di setiap wlayah dan antar wilayah secara saling terkait, sertadikembangkan secara selaras dan terpadu.
 Kedua
,Pembangunan desa dilaksanakan dengan prinsip-prinsip pembangunanyang berkelanjutan. Penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan mensyaratkansetiap daerah lebih mengandalkan sumber-sumber alam yang terbaharui sebagaisumber pertumbuhan. Disamping itu setiap desa perlu memanfaatkan SDM secaraluas, memanfaatkan modal fisik, prasarana mesin-mesin, dan peralatan seefisienmungkin.
 Ketiga
,Meningkatkan efisiensi masyarakat melalui kebijaksanaan deregulasi,

Activity (83)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dedi Lagunturu liked this
Moebin Hitam liked this
Melda Palimbunga added this note
sumberx dari mana min
Azi Fachrurozi liked this
Cha Annisa liked this
ramadhaniatim liked this
adambitor1713 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->