Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
2Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kompilasi Hukum Islam

Kompilasi Hukum Islam

Ratings: (0)|Views: 53 |Likes:
Published by dderi92

More info:

Published by: dderi92 on Mar 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2011

pdf

text

original

 
KOMPILASI HUKUM ISLAMBUKU IHUKUM PERKAWINANBAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
 Yang dimaksud dengan :a. Peminangan ialah kegiatan kegiatan upaya ke arah terjadinyahubungan perjodohan antara seorang pria dengan seorang wanita;b. Wali hakim ialah wali nikah yang ditunjuk oleh Menteri Agama ataupejabat yang ditunjuk olehnya, yang diberi hak dan kewenanganuntuk bertindak sebagai wali nikah;c. Akad nikah ialah rangkaian ijab yang diucapkan oleh wali dan kabulyang diucapkan oleh mempelai pria atau wakilnya disaksikan olehdua orang saksi;d. Mahar adalah pemberian dari calon mempelai pria kepada calonmempelai wanita, baik berbentuk barang, uang atau jasa yang tidakbertentangan dengan hukum Islam;e. Taklik-talak ialah perjanjian yang diucapkan calon mempelai priasetelah akad nikah yang dicantumkan dalam Akta Nikah berupa Janji talak yang digantungkan kepada suatu keadaan tertentu yangmungkin terjadi dimasa yang akan datang;f. Harta kekayaan dalam perkawinan atau Syirkah adalah harta yangdiperoleh baik sendiri-sendiri atau bersama suami-isteri selamadalam ikatan perkawinan berlangsung selanjutnya disebut hartabersama, tanpa mempersoalkan terdaftar atas nama siapapun;g. Pemeliharaan anak atau hadhonah adalah kegiatan mengasuh,memelihara dan mendidik anak hingga dewasa atau mampu berdirisendiri;h. Perwalian adalah kewenangan yang diberikan kepada seseoranguntuk melakukan sesuatu perbuatan hukum sebagai wakil untukkepentingan dan atas nama anak yang tidak mempunyai keduaorang tua, orang tua yang masih hidup, tidak cakap melakukanperbuatan hukum;i. Khuluk adalah perceraian yang terjadi atas permintaan isteridengan memberikan tebusan atau iwadl kepada dan ataspersetujuan suaminya; j. Mutah adalah pemberian bekas suami kepada isteri, yang dijatuhitalak berupa benda atau uang dan lainnya.
BAB IIDASAR-DASAR PERKAWINANPasal 2
“Raising Your Awareness”PerCa Indonesia
 
Perkawinan menurut hukum Islam adalah pernikahan, yaitu akad yangsangat kuat atau mitssaqan ghalidzan untuk mentaati perintah Allahdan melaksanakannya merupakan ibadah.
Pasal 3
Perkawinan bertujuan untuk mewujudkan kehidupan rumah tanggayang sakinah, mawaddah, dan rahmah.
Pasal 4
Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum Islam sesuaidengan pasal 2 ayat (1) Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentangPerkawinan.
Pasal 5
(1)Agar terjamin ketertiban perkawinan bagi masyarakat Islam setiapperkawinan harus dicatat.(2)Pencatatan perkawinan tersebut pada ayat (1), dilakukan olehPegawai Pencatat Nikah sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang No.22 Tahun 1946 jo Undang-undang No. 32 Tahun 1954.
Pasal 6
(1)Untuk memenuhi ketentuan dalam pasal 5, setiap perkawinan harusdilangsungkan dihadapan dan di bawah pengawasan PegawaiPencatat Nikah.(2) Perkawinan yang dilakukan di luar pengawasan Pegawai PencatatNikah tidak mempunyai kekuatan Hukum.
Pasal 7
(1) Perkawinan hanya dapat dibuktikan dengan Akta Nikah yang dibuatoleh Pegawai Pencatat Nikah.(2) Dalam hal perkawinan tidak dapat dibuktikan dengan Akat Nikah,dapat diajukan itsbat nikahnya ke Pengadilan Agama.(3) Itsbat nikah yang dapat diajukan ke Pengadilan Agama terbatasmengenai hal-hal yang berkenaan dengan :(a) Adanya perkawinan dalam rangka penyelesaian perceraian;(b) Hilangnya Akta Nikah;(c) Adanya keraguan tentang sah atau tidaknya salah satu syaratperkawinan;(d) Adanyan perkawinan yang terjadi sebelum berlakunya Undang-undang No.1 Tahun 1974 dan;(e) Perkawinan yang dilakukan oleh mereka yang tidak mempunyaihalangan perkawinan menurut Undang-Undang No.1 Tahun1974;
“Raising Your Awareness”PerCa Indonesia
 
(4) Yang berhak mengajukan permohonan itsbat nikah ialah suamiatau isteri, anak-anak mereka, wali nikah dan pihak yangberkepentingan dengan perkawinan itu.
Pasal 8
Putusnya perkawinan selain cerai mati hanya dapat dibuktikan dengansurat cerai berupa putusan Pengadilan Agama baik yang berbentukputusan perceraian,ikrar talak, khuluk atau putusan taklik talak.
Pasal 9
(1) Apabila bukti sebagaimana pada pasal 8 tidak ditemukan karenahilang dan sebagainya, dapat dimintakan salinannya kepadaPengadilan Agama.(2) Dalam hal surat bukti yang dimaksud dala ayat (1) tidak dapatdiperoleh, maka dapat diajukan permohonan ke Pengadilan Agama.
Pasal 10
Rujuk hanya dapat dibuktikan dengan kutipan Buku Pendaftaran Rujukyang dikeluarkan oleh Pegawai Pencatat Nikah.
BAB IIIPEMINANGANPasal 11
Peminangan dapat langsung dilakukan oleh orang yang berkehendakmencari pasangan jodoh, tapi dapat pula dilakukan oleh perentarayang dapat dipercaya.
Pasal 12
(1) Peminangan dapat dilakukan terhadap seorang`wanita yang masihperawan atau terhadap janda yang telah habis masa iddahya.(2) Wanita yang ditalak suami yang masih berada dalam masa iddahraj”iah, haram dan dilarang untuk dipinang.(3) Dilarang juga meminang seorang wanita yang sedang dipinang prialain, selama pinangan pria tersebut belum putus atau belum adapenolakan dan pihak wanita.(4) Putusnya pinangan untuk pria, karena adanya pernyataan tentangputusnya hubungan pinangan atau secara diam-diam. Pria yangmeminang telah menjauhi dan meninggalkan wanita yang dipinang.
Pasal 13
(1) Pinangan belum menimbulkan akibat hukum dan para pihak bebasmemutuskan hubungan peminangan.(2) Kebebasan memutuskan hubungan peminangan dilakukan dengantata cara yang baik sesuai dengan tuntunan agar dan kebiasaan
“Raising Your Awareness”PerCa Indonesia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->