Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Filsafat Dan Teori Pendidikan

Filsafat Dan Teori Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 394 |Likes:
Published by DONY DONKERS

More info:

Published by: DONY DONKERS on Mar 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2012

pdf

text

original

 
MATA KULIAH : FILSAFAT DAN TEORI PENDIDIKANDOSEN : Prof. Dr. H. Waini Rasyidin, M.Ed.KODE MATA KULIAH : FSP 657BOBOT SKS : (2 Sks)JENJANG STUDI : MAGISTER TUJUAN MATA KULIAH
Setelah menempuh mata kulih ini mahasiswa diharapkan memiliki dasa pemikiran filosofis dan teoritis mengenai pendidikan dalam lingkup pengajaran makro berlandaskan epistemologis dan lingkup belajar-mengajar mikro berlandaskan interaksiinsani, memiliki wawasan yang luas dan dalam mengenai berbagai pandangan fislafat danteori pendidikan. Mahasiswa mampu pula mengidentifikasi permasalahan pendidikanyang ditemuinya dalam keseharian pendidikan dan mencarikan jalan keluarnya.Diharapkan juga ia akan mampu membina dan mengembangkan program pendidikanserta memecahkan persoalan pendidikan pada umumnya, dan khususnya yang timbul dandihadapi di Indonesia baik dalam rangka otonomi daerah maupun dekonsentrasi pendidikan guru dan pendidikan tinggi.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan ”Filsafat dan Teori Pendidikan” membahas persoalan filsafati danteoritis mengenai pendidikan, baik dasar pemikiran maupun penerapannya dalam praktek serta pemecahan masalah-masalah mikro dan makro pendidikan, dengan menempatkan permasalahan pendidikan tersebut pada pemikiran filsafat maupun teoritis. Maka perkuliahan ini juga menyoroti pelbagai landasan pendidikan, serta pendidikan dalam praktek dengan ilmu pengetahuan termasuk pedagogik, dengan filsafat pendidikan sertadengan berbagai disiplin keilmuan lain. Dalam studi ini digunakan pendekatan filsafat,teoritis-sistematis, historis, maupun komparatif.
URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUANPertemuan 1
 
Membahas :
Introduksi dan orientasi tujuan mata kuliah (seperti tersebut diatas)
Orientasi ruang lingkup mata kuliah (seperti tercantum dibawah ini)
Kebijaksanaan pelaksanaan perkuliahan sebagai ”educational discourse”
Kebijaksanaan penilaianhasil belajar (berdasarkan presensi aktif, UTS, UAS,tugas kelompok kecil, dan tugas bebas individual)
Intodukdi tugas yang harus diselesaikan
Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya (tercantum dibagian bawah)
Edaran daftar isian kebutuhan belajar mahasiswa (utamanya Prodi PU)
Hal-hal lain yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
Pertemuan 2
1. Membahas terminologi: Pendidikan, mendidik, pengajaran, filsafat, filsafat sistematisdan sistem filsafat, filsafat historis, ahli pikir, permasalahan pendidikan mikro dan pendidikan nilai, pendidikan makro dan pranata sosial, filsafat pendidikan dan teori pendidikan. Berbagai sumber, utamanya UU-RI no.20/2003 dan JD Butler (1968)
 Four Philosophies and Their practice in Education and Religion,
rev. ed.2. Tugas :Pada pertemuan ke-2 setiap mahasiswa secara individual mengerjakan tugas (1halaman kuarto ketikan atau 1 halaman folio tulisan arti 5 istilah filsafat menurutkatagori (i) metafisika, (ii) epistemologi, (iii) logika, (iv) aksiologi, (v) filsafat agamadan (vi) satu (1) orang tokoh historis ahli filsafat dan identifikasi kebidangannya, agar dimaksukkan paling lambat pada pertemuan ke-5.3. Bacaan lebih lanjut : Bab I dari buku sumber karangan HH Titus, Smith dan Nolan(
 Living Issues in Philosophy
, setara terjemahan 1984, tersebut dibawah ) sertalampiran daftar Glossari.
Pertemuan 3
Membahas berbagai pendekatan dalam melakukan studi pendidikan.
 
Pendekatan filsafi (fissafati) melahirkan filsafat pendidikan, teori pendidikan tipe-A (b) pendekatan ilmiah menghasilkan ilmu pendidikan, pedagogik, teori pendidikan tipe-B,serta (c) pendekatan komparatif menghasilkan perbandingan pendidikan, pendidikaninternsional dan sejarah pendidikan, dan (d) pendekatan historis menghasilkan sejarah(riwayat) pendidikan dalam berbagai prakteknya di masa lalu dan di negara/tempat lain.
Pertemuan 4
Membahas berbagai pendekatan filosofis dalam melakukan studi pendidikan (idealismedan naturalisme)
Pertemuan 5
1. Membahas berbagai pendekatan filosofis lanjutan dalam melakukan studi pragmatismedan eksistensialisme theistik. Tagihan ke-1 yang belum masuk.2. Tugas : Beberapa kelompok kecil mahasiswa bertugas melaporkan secara tertulistentang: (a) pendidikan pengetahauan dan informasi dalam arti pengajaran, dan (b) pendidikan nilai etetis dan etis dalam skala mikro sebagai proses mendidik; untuk dimasukkan sebelum UTS (paling lambat pertemuan ke-8)
Pertemuan 6
Membahas teori pendidikan tipe-A (ilmiah, berdasarkan ilmu-ilmu sosial) dan teori pendidikan tipe-B (ilmiah, berdasarkan ilmu-ilmu hukum dan humaniora)
Pertemuan 7
Membahas tokoh pendidik/aktivis pakar pendidikan dalam dan luar negeri, bersumber Joy A. Palmer (Ed. 2001) Fifty
Modern Thinkers on Education
, atau setaraterjemahannya.
Pertemuan 8
Membahas Review Materials dan masukan satu (1) masalah pendidikan yang diajukanmehasiswa tentang pendidikan nasional. Tagiahan ke-2 yang belum masuk 

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ririn Febrianti liked this
Herman liked this
Rezza Ezza liked this
Adauchi Endi liked this
Aro Mensen liked this
muhammadalfan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->