Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
113Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Tbc Ariwie Bener

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Tbc Ariwie Bener

Ratings: (0)|Views: 5,875 |Likes:
Published by ariwie

More info:

Published by: ariwie on Mar 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

 
Asuhan Keperawatan pada Pasiendengan Tuberculosis ( TBC )A. Konsep Dasar Penyakit1.Pengertian
Tuberculosis (TB) adalah penyakit akibat kuman mycobakterium tuberkulosissistemis sehingga dapat mengenai semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer (Arif Mansjoer, 2000)Tuberculosis (TB) adalah penyakit infeksius yang terutama menyerang parenkim paru. Tuberculosis dapat juga ditularkan ke bagian tubuh lainnya, terutamameninges, ginjal, tulang, dan nodus limfe (Suzanne dan Brenda, 2001)
2.Epidemiologi
Survei prevalensi TBC yang dilakukan di enam propinsi di Indonesia padatahun 1983-1993 menunjukkan bahwa prevalensi TBC di Indonesia berkisar antara0,2 -0,65%. Sedangkan menurut laporan Penanggulangan TBC Global yangdikeluarkan oleh WHO pada tahun 2004, angka insidensi TBC pada tahun 2002mencapai 555.000 kasus (256 kasus/100.000 penduduk), dan 46% diantaranyadiperkirakan merupakan kasus baru.Pada dari data tahun 1997-2004 [Attachment: Tabel Identifikasi Kasus 1997-2004 dan Tingkat Pelaporan 1995- 2000] terlihat adanya peningkatan pelaporankasus sejak tahun 1996. Yang paling dramatis terjadi pada tahun 2001, yaitu tingkat pelaporan kasus TBC meningkat dari 43 menjadi 81 per 100.000 penduduk, dan pelaporan kasus BTA positif meningkat dari 25 menjadi 42 per 100.000 penduduk.Sedangkan berdasarkan umur, terlihat angka insidensi TBC secara perlahan bergerak ke arah kelompok umur tua (dengan puncak pada 55-64 tahun), meskipun saat inisebagian besar kasus masih terjadi pada kelompok umur 15-64 tahun. [Attachment :Age Specific Notification Rate 2004].
1
 
Pada negara dengan infeksi HIV endemik, tuberculosis merupakan penyebabtunggal morbiditas dan mortalitas yang terpenting pada pasien AIDS. Perkiraan yang beralasan tentang besarnya angka tuberculosis di dunia adalah sepertiga populasidunia terinfeksi dengan
M. tuberculosis
, bahwa 30 juta kasus tuberculosis aktif didunia, dengan 10 juta kasus baru terjadi setiap tahun, dan bahwa 3 juta orangmeninggal akibat tuberculosis setiap tahun . Tuberculosis mungkin menyebabkan 6% dari seluruh kematian di seluruh dunia.
3.Etiologi
Agens infeksius utama, mycobakterium tuberkulosis adalah batang aerobik tahan asam yang tumbuh dengan lambat dan sensitif terhadap panas dan sinar ultraviolet, dengan ukuran panjang 1-4 /um dan tebal 0,3 – 0,6/um. Yang tergolongkuman mycobakterium tuberkulosis kompleks adalah:
Mycobakterium tuberculosis
Varian asian
Varian african I
Varian asfrican II
Mycobakterium bovisKelompok kuman mycobakterium tuberkulosis dan mycobakterial othetan Tb(mott, atipyeal) adalah :
Mycobacterium cansasli
Mycobacterium avium
Mycobacterium intra celulase
2
 
Mycobacterium scrofulaceum
Mycobacterium malma cerse
Mycobacterium xenopi
4.Faktor Presdiposisi
Tubercolosis ditularkan dari orang ke orang oleh transmisi melalui udara.Individu terinsfeksi melalui berbicara, batuk, bersin, tertawa atau bernyanyi,melepaskan droplet besar ( lebih besar dari 100u ) dan kecil ( 1 sampai 5 u ). Dropletyang besar menetap, sementara droplet yang kecil tertahan diudara dan tertiup olehindividu yang rentan. Individu yang beresiko tinggi untuk tertular tuberculosis adalahsebagai berikut:
Mereka yang kontak dekat dengan seseorang yang mempunyai TB aktif.
Individu imunosupresif ( Termasuk lansia, pasien dengan kanker, mereka yangdalam terapi kortikosteroid atau mereka yang terinfeksi dengan HIV ).
Pengguna obat-obatan IV dan alkoholik.
Setiap individu tanpa perawatan kesehatan yang adekuat ( tunawisma,tahanan,etnik dan ras minoritas terutama anak-anak dibawah usia 15 tahun atau dewasamuda antara yang berusia 15-44 tahun ).
3

Activity (113)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Januar Mardani liked this
Shusyanti Mapalulo added this note
saya suka tpi tdk ad pola gordonnya
Atha ULy Sinaga liked this
Ita Roshita liked this
Utam Warhangan liked this
Nela Fayza liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->