Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
233Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Stratified Random Sampling

Stratified Random Sampling

Ratings: (0)|Views: 37,199|Likes:

More info:

Published by: Irdiena Izza Ell Milla on Mar 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/28/2013

pdf

text

original

 
Stratified Random SamplingKonsep/DefinisiMetode pengambilan sampel acak terstratifikasi (stratified random sampling)adalah metode pemilihan sampel denga cara membagi populasi ke dalamkelompok-kelompok yang homogen yang disebut strata, dan kemudiansampel diambil secara acak dari tiap strata tersebut. Apabila anggota-anggota populasi tidak homogen, tetapi bisa dikelompokkan dalamkelompok-kelompok yang relatif homogen, maka proses pengambilansampel dengan metode acak sederhana akan menimbulkan bias, karenakeheterogenan yang ada pada anggota populasi akan berpengaruh terhadapinformasi yang diperoleh dari variabel yang diobservasi. Pada kondisitersebut perlu dilakukan pembagian anggota-anggota populasi ke dalamkelompok-kelompok yang relatif homogen tersebut. Agar standar deviasiyang diperoleh tetap kecil, maka satuan sampel yang relatif homogen dalamkarakteristik yang diteliti dijadikan satu kelompok yang dinamakan strata.Dengan demikian variasi yang ada antar strata mengggambarkan variasidalam tiap strata. Selanjutnya dari tiap strata ini diambil sampel secaraacak.Penarikan sampel berstrata adalah suatu metode dimanapopulasi, yang berukuran
N,
dibagi-bagi menjadi subpopulasi-subpopulasi yang masing-masing terdiri atas
N
1
, N
2
, N
3
, N
4
, …N
L
 
elemen. Diantara dua subpopulasi tidak boleh ada yangsaling tumpang tindih, sehingga
N
1
+
N
2
 
+
N
3
 
+
N
4
 
+ … +
N
L
=
N.
Selanjutnya setiap anak populasi disebut sebagai strata(stratum).Dalam pembentukan strata harus diusahakan agar elemen-elemen yanghampir sama dimasukkan ke dalam satu strata sehingga varians di dalammasing-masing strata menjadi lebih homogen. Di samping itu, akan lebihbaik lagi jika perbedaaan rata-rata karakteristik antar strata dibuat sebesarmungkin perbedaannya. Secara skematis pembentukan strata sebagaiberikut.Populasi
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Bentuk gambar merupakan ciri dari elemenpopulasiPopulasi distratifikasiIIIIIIIV
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 Yang perlu diperhatikan dalam penerapan rancangan penarikan sampelberstrata adalah variabel apa yang digunakan sebagai dasar pembentukanstrata, alokasi sampel pada masing-masing strata, dan ukuran sampel yangdiperlukan untuk menduga suatu statistik dengan presisi yang dikehendaki.Pelapisan/sratifikasi adalah sebuah teknik biasa. Ada beberapa alasan prinsipuntuk penggunaannya, prinsip yang dimaksud antara lain.
1.
 Jika data diketahui ketelitian yang diinginkan untuk subkelompoktertentu dari populasi, ada baiknya memperlakukan setiapsubkelompok sebagai suatu populasi yang tertentu.
2.
Administrasi yang baik dapat memakai kegunaan pelapisan; sebagaicontoh, agen survei dapat menggunakan kantor-kantor cabang, yangmasing-masing dapat mengawasi survei sebagai bagian dari populasi.
3.
Masalah penarikan sampel dapat berbeda dalam bagian populasi yangberbeda. Dengan populasi manusia, orang-orang yang hidup dalamadat kebiasaan (misalkan hotel, rumah sakit, dan penjara), seringkaliditempatkan pada lapisan yang berbeda dengan orang-orang yangtinggal di rumah-rumah biasa, karena pendekatan yang berbeda untukpenarikan sampelnya sesuai untuk dua keadaan tersebut. Dalampenarikan sampel perusahaan, kita dapat memperoleh sebuah daftardari perusahaan-perusahaan besar yang ditempatkan pada lapisanyang terpisah dengan perusahaan-perusahaan kecil.
4.
Pelapisan dapat menghasilkan suatu manfaat dalam ketelitianperkiraan dari karakteristik seluruh populasi. Hal ini memungkinkankita untuk membagi sebuah populasi yang heterogen menjadi
 
subpopulasi-subpopulasi, dengan setiap subpopulasi menjadihomogen. Subpopulasi ini dinamakan lapisan (strata). Jika tiap-tiaplapisan homogen, maka pengukuran varians antarlapisan menjadikecil, dan perkiraan yang teliti dari setiap rata-rata lapisan dapatdiperoleh dari sampel kecil dalam lapisan tersebut. Perkiraan inikemudian dapat dikombinasikan dengan perkiraan yang teliti untukseluruh populasi. Yang perlu diperhatikan dalam pembentukan strata:1.Variabel dasar, variabel yang berkorelasi kuat dengan variabel yangakan diteliti;
2.
Alokasi sampel, agar
simple to work with and easy to observe
;3.Ukuran sampel.Syarat:1.Di dalam pembentukan strata harus diusahakan agar elemen-elemenyang hampir sama dimasukkan ke dalam satu strata sehingga variansdi masing-masing strata menjadi lebih homogen;2.Akan lebih baik jika perbedaan rata-rata karakteristik antar stratadibuat sebesar mungkin perbedaannya sehingga varians antar stratamenjadi lebih heterogen.Keuntungan/KerugianApabila kondisi yang dihadapi tepat, akan diperoleh keuntungan-keuntunganpenggunaan sampling acak terstratifikasi sebagai berikut:
1.
Penduga varians biasanya dapat direduksi karena varians observasidalam tiap strata biasanya lebih kecil dari varians populasi secarakeseluruhan.2.Biaya pengumpulan dan analisis data seringkali dapat diperkecildengan adanya pembagian populasi yang besar menjadi strata-stratayang lebih kecil.3.Estimasi yang terpisah dapat diperoleh untuk strata secara terpisahtanpa harus melakukan penarikan sampel yang lain maupunpengambilan sampel tambahan.
4.
Nilai estimasi dengan presisi lebih tinggi, baik untuk setiap stratamaupun untuk populasi secara keseluruhan atau dengan kata laintaksiran mengenai karakteristik populasi lebih tepat.
5.
 Tiap strata bisa dianggap sebagai populasi tersendiri sehingga presisiyang dikehendaki maupun penyajiannya bisa tersendiri.

Activity (233)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ariatman liked this
Siti Sarah liked this
Yeli Asti liked this
Gita Della liked this
Noor Adhi Sakti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->