Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
47Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Badminton (Pergerakan Kaki)

Badminton (Pergerakan Kaki)

Ratings: (0)|Views: 2,669 |Likes:
Published by frederick_nazi

More info:

Published by: frederick_nazi on Mar 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2013

pdf

text

original

 
1.1 Footwork
Footwork merupakan dasar untuk membolehkan pemain menghasilkan pukulanberkualiti, yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. Untuk memukul dengan posisibaik, seorang pemain harus memiliki kepantasan pergerakan. Kepantasanpergerakan kaki tidak dapat dicapai kalau footwork-nya tidak teratur.
2.0 Sikap dan Posisi
Sikap dan posisi berdiri di lapangan yang baik dan sempurna, pemain dapatbergerak ke segala penjuru lapangan permainan.Beberapa faktor yang harus diperhatikan :
1.
Harus berdiri dalam keadaan sedia, sehingga berat badan tetap berada padakedua kaki dan tetap menjaga keseimbangan tubuh.
2.
Tekuk kedua lutut, berdiri pada hujung kaki, sehingga posisi pinggang tetaptegak. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi kaki sejajar atau salahsatu kaki diletakkan di depan kaki sebelahnya.
3.
Kedua lengan dengan siku bengkok pada posisi di samping badan, sehinggalengan bahagian atas yang memegang raket tetap bebas bergerak.4.Raket harus dipegang sedemikian rupa, sehingga kepala (daunnya) raketberada lebih tinggi dari kepala.
5.
Sentiasa berwaspada dan perhatikan pergerakan kok selama permainanberlangsung.Sikap dan Tahap Kerja Langkah KakiSikap dan langkah kaki yang betul dalam permainan badminton, sangat pentinguntuk dikuasai oleh setiap pemain. Ini sebagai syarat untuk meningkatkan kualitiketrampilan memukul kok. Beberapa faktor yang harus diperhatikan :
1.
Sentiasa berdiri dengan sikap dan posisi yang tepat di atas Iapangan.2.Lakukan gerak Iangkah ke depan, ke belakang, ke samping kanan dan kiripada saat memukul kok, sambil tetap memperhatikan keseimbangan tubuh.3.Gerak Iangkah sambil meluncur cepat, sangat efektif sebagai upaya untukmemukul kok.4.Hindari berdiri dengan telapak kaki di lantai (bertapak) pada saat menunggudatangnya kok, atau pada saat bergerak untuk memukul kok.
3.0 Hitting Position
Posisi memukul bola atau kerap disebut preparation. Detik tersebut yang ada padamasa persiapan ini juga dipakai untuk menentukan pukulan apa yang akandilakukan. Kerana itu posisi persiapan ini sangat penting dilakukan dengan baikuntuk menghasilkan pukulan berkualiti.Hal yang perlu diperhatikan:
 
a)Overhead (atas) untuk right handed
Posisi badan menyimpang dengan arah net. Posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri. Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahanbeban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
Posisi badan harus selalu berada di belakang bola yang akan dipukul.
a)
Untuk pukulan underhand (bawah net)
Posisi memukul adalah kaki kanan selalu berada di depan dan kaki kiri dibelakang.
Lutut kaki kanan dibengkokan, sehingga paha bagian bawah agak turun.Kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul.a)Untuk footwork maju-undur 1.Dari tengah ke depan; sebagai langkah dasar hanya dua langkah dimulaidengan kaki kiri kemudian kanan.2.Dari tengah ke belakang.3.Dari depan ke belakang dan sebaliknya.Kesalahan yang Terjadi1.Pada position sedia, tumpuan kaki kiri tidak berada di bagian depan.Akibatnya reaksi menjadi lambat.2.Posisi lutut lurus, tidak bengkok.3.Pada posisi memukul kaki dan badan sejajar dengan net. Akibatnya pukulantidak kuat.
4.
Pada posisi underhand, kaki kiri berada di depan, keseimbangan kaki tidakada dan sukar untuk menghalakan bola dengan tepat.
5.
Lutut/paha tidak turun, jangkauan kurang, lambat kembali ke bahagian tengahgelanggang.
4.0 Service (Servis)
Dalam aturan permainan badminton, servis merupakan modal awal untuk menangdalam pertandingan. Dengan kata lain, seorang pemain tidak dapat mendapatkanangka/poin apabila tidak dapat melakukan servis dengan baik.Namun, banyak pelatih juga pemain tidak memberikan perhatian khusus untukmelatih dan menguasai teknik dasar ini. Oleh kerana itu, sikap tersebut merupakankesilapan besar. Kita ketahui bahawa angka/poin dalam permainan badminton tidakakan dapat diperoleh apabila pemain tidak mahir melakukan servis dengan betul.Dalam permainan badminton, ada tiga jenis servis, iaitu servis pendek, servis tinggi,dan flick atau servis setengah tinggi. Namun, biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk iaitu servis forehand dan backhand. Masing-masing bervariasipelaksanaanya sesuai dengan situasi permainan di lapangan.
 
4.1 Servis Forehead
a)Servis Forehand Pendek
Tujuan servis pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak dapatmelakukan serangan. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisibertahan.
Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dansistematik.
Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek.
Pada saat sentuhan dengan kepala (daun) raket dan kok, siku dalamkeadaan bengkok, untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangantangan, dan perhatikan peralihan titik berat badan anda.
Cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secaraberulang-ulang.a) Servis Forehand Tinggi
Jenis servis ini terutama digunakan dalam permainan tunggal.
Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kokmelayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapanganlawan.
Saat memukul kok, kedua kaki dibuka selebar pinggul dan kedua telapakkaki sentiasa atas lantai.
Perhatikan gerakan ayunan raket. Ke belakang, ke depan dan setelahmelakukan pukulan, harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerakperalihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan dengansempurna.
Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah,dapat mengusai teknik servis forehand tinggi dengan sebalik-baiknya.
4.2 Servis Backhand
Jenis servis ini pada umumnya, arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengangaris serang pemain lawan. Dan kok mungkin dapat melayang dekat di atas jaring(net). Oleh kerana itu, jenis servis ini kerap digunakan oleh permainan beregu.
1.
Sikap berdiri adalah kaki kanan di depan kaki kiri, dengan hujung kaki kananmengarah ke sasaran yang diinginkan. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lututdibengkokkan, dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara keduakaki. Jangan lupa, sikap badan tetap dan penuh konsentrasi.
2.
Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuanperalihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Hindari menggunakan

Activity (47)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ria Adawiyah liked this
Lyana A. Rahman liked this
Koo Boon You liked this
Nor Suhaida liked this
soffiandy liked this
Klose Kamarul liked this
Lim Heng liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->