Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
29Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PEDOMAN AKUNTANSI

PEDOMAN AKUNTANSI

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 2,792 |Likes:

More info:

Published by: Ajat Sulistio Firdaus on Mar 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
A. GAMBARAN UMUM
Pedoman keuangan ini adalah salah satu pedoman pelaksanaan yang dibuat olehDPPEK KOWINA Jawa Barat untuk pelaksanaan setiap hal yang berkaitan dengandana (keuangan) dalam program BMM. Dengan pedoman ini diharapkan dapat terbangun suatu sistem pengelolaan keuangandalam BMM yang profesional dan seragam sehingga memudahkan untuk dilakukan pembinaan dan pemeriksaan (audit).Dalam pedoman ini terdapat dua bagian sistem pengelolaan keuangan, yaitu ;1.Keuangan nirlaba untuk Baitul Maal sebagai pengelola dana sosial (sepertizakat, infaq shodaqoh).2.Keuangan laba untuk Baitul Mu’awanah sebagai pengelola dana pembiayaanusaha.Masing-masing bagian terdiri dari lima pedoman, yaitu :1.Laporan2.Kebijakan akuntansi3.Pengelolaan dan.4.Prosedur operasional keuangan.5.Contoh format.Sistem akuntansi yang dipergunakan mengikuti PSAK syari’ah.
B. TUJUAN
1.Menyeragamkan sistem pengelolaan keuangan.2.Membina pengelola BMM dalam kemampuan akuntansi.3.Menjaga akuntabilitas publik program.4.Menjamin auditabilitas kebijakan yang ada.
C. SISTEMATIKA
Pedoman keuangan ini disusun dengan sitematika sebagai berikut :
 
1.Bagian Pendahuluan2.Bagian I Pedoman Akuntansi Baitul Maal.3.Bagian II Pedoman Akuntansi Baitul Mu’aawanah4.Bagian Penutup5.Lampiran.
D. MASA BERLAKU
Pedoman ini berlaku sejak ditetapkan namun dalam pelaksanaannya terbagi menjadi :1.Pemberlakuan menyeluruh untuk DPPE2.Pemberlakuan bertahap untuk BMM sesuai dengan kondisinya masing-masing menurut penilaian DPPEK yang didasarkan kepada kemampuan pengelola dalam menyusun laporan akuntansi. 
 
BAB I LAPORAN
1.1. PENDAHULUAN
Sistem laporan dari Baitul Maal disusun dengan memperhatikan motivasi dankebutuhan pemakai laporan. Dengan demikian setiap laporan disusun secara berbedauntuk setiap pemakai. Perbedaan tersebut secara garis besar terbagi menjadi laporaninternal dan laporan eksternal.Untuk kebutuhan laporan tersebut dalam pedoman ini disajikan dengan dua bentuk,yaitu :1.Laporan Akuntansi Keuangan.Laporan ini dibuat untuk kebutuhan pemakaian pihak eksternal.2.Laporan Akuntansi Manajemen.Laporan ini dibuat untuk kebutuhan pemakaian pihak internal.
1.2. LAPORAN AKUNTANSI KEUANGAN
Laporan akuntansi keuangan (selanjutnya disebut laporan keuangan) digunakan untuk  pertanggungjawaban pihak manajemen kepada pihak eksternal. Laporan disusun berdasarkan data historis yang diolah secara intracomtable. Penyusunan laporantersebut mengikuti standar untuk organisasi nirlaba.Laporan keuangan Baitul Maal terdiri dari :.1.Laporan Posisi Keuangan.2.Laporan Aktivitas.3.Laporan Arus Kas.4.Laporan Sisa Dana.
1.2.1. Laporan Posisi Keuangan.
Laporan posisi keuangan merupakan laporan yang menggambarkan posisi ataukeadaan keuangan Baitul Maal pada tanggal tertentu. Laporan ini disajikan menurut pos aktiva dan pasiva.

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sherly Deutchser liked this
Sherly Deutchser liked this
Sherly Deutchser liked this
Sherly Deutchser liked this
Sherly Deutchser liked this
Joni Zhang liked this
addinsyahw liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->